18 Rekomendasi Bakso di Sidoarjo yang Enak dan Murah

Bakso merupakan salah satu jenis bola daging yang banyak ditemukan pada masakan Indonesia. Walaupun tak seterkenal dengan Bakso Malang atau Bakso Wonogiri, bakso Sidoarjo mempunyai kelezatan yang bisa diadu.

Bakso biasanya terbuat dari campuran daging giling dan tepung tapioka, namun ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, babi, ikan, udang, kambing, bahkan kerbau. Agar Sedulur mengenal hidangan satu ini, simak ulasan sejarah hingga rekomendasi bakso Sidoarjo di bawah ya!

BACA JUGA: 9 Rekomendasi Tempat Makan Mie Ayam dan Pangsit di Malang

Sejarah Singkat Bakso

bakso sidoarjo
Pexels/Sartenporelmango

Bakso sendiri berasal dari seni kuliner Tionghoa-Indonesia. Hal ini disebut dengan istilah “Bakso”, yang berasal dari kata Hokkien yakni “Bak-So”, yang secara harfiah berarti daging giling.

Bakso biasanya disajikan panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mie, bihun, tauge, tahu, kadang telur, dan di atasnya diberi bawang goreng dan seledri. Bakso bisa dengan mudah ditemukan, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Karena mayoritas penduduk Indonesia beragama muslim, maka bakso lebih sering dibuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, dan ayam. Saat ini penjual bakso kebanyakan adalah orang Jawa, dan salah satu kota yang memiliki bakso enak adalah Sidoarjo.

Jadi kalau Sedulur penasaran dimana saja warung bakso Sidoarjo yang enak. Simak beberapa rekomendasi bakso di bawah ini.

1. Bakso Urat Merdeka Cak Rul

merek bakso halus terbaik
Unsplash/Muhammad Arifin Nursalim

Sesuai dengan namanya, Bakso Urat Merdeka Cak Rul menawarkan berbagai menu bakso urat dengan varian yang berbeda-beda. Ada bakso campur urat jumbo, bakso campur urat sedang, dan bakso campur urat. Ada juga bakso urat goreng jumbo, bakso tetelan, bakso jamur, bakso sambal, bakso iga, bakso sumsum, dan bakso telur puyuh.

Selain bakso urat, kikil original juga menjadi menu bakso yang harus Sedulur pesan. Bagi yang kurang suka dengan bakso kasar yang berbahan urat atau kerikil, bisa pesan bakso halus yang juga tersedia di sini. Semangkuk bakso urat harganya juga terjangkau. Bakso di sini terkenal dengan komposisi uratnya serta kuah kaldu yang gurih dan nikmat. 

Bakso Cak Rul membuka dua toko yang terletak di persimpangan Sidodadi Candi dan Jalan Raya Sungon No. 17, Suko, Sidoarjo. Selain itu, Bakso Urat Merdeka juga menyediakan pilihan yang bisa Sedulur pesan melalui aplikasi online mengantar makanan.

  • Lokasi: Jalan Raya Sungon no 17, Suko, Sidoarjo
  • Kisaran harga: Rp10.000-Rp20.000
  • Jam operasional: 10.00-21.00 WIB

2. Mie Ayam dan Bakso Solo Rindu Malam 

Nama Bakso Solo sangat mewarnai kota Sidoarjo. Kali ini ada Mie Ayam dan Bakso Solo Rindu Malam yang bisa Sedulur coba. Selain bakso ukuran sedang, tempat makan milik Pak Yahmin ini juga punya pilihan bakso ukuran besar.

Menu mie ayamnya juga menjadi menu yang menarik Sedulur coba karena bumbu ayamnya begitu nikmat. Toko Bakso Rindu Malam Solo di kawasan Banjarbendo, Sidoarjo yang mudah Sedulur cari. 

  • Lokasi: Jalan Raya Taman Pinang Indah Nomor 1A, Banjarbendo, Sidoarjo
  • Kisaran harga: Rp15.000
  • Jam operasional: 10.00-22.00 WIB

3. RBJ – Rumah Bakso Judes

Rumah Bakso Judes berlokasi di Ruko Boulevard Nomor 7, Jalan Kahuripan Raya. Bakso di Sidoarjo ini menawarkan bakso empuk, bakso urat, bakso isi keju, bakso pedas, telur puyuh, dan bakso jamur dengan harga yang sangat terjangkau.

Selain itu ada bakso urat besar dan bakso mozzarella jumbo, ada menu yang paling spesial di sini yaitu bakso JUDES mozzarella. Jadi, Sedulur wajib coba menu yang komplit ini.

  • Lokasi: Ruko Boulevard Nomor 7, Jalan Kahuripan Raya, Kabupaten Sidoarjo
  • Kisaran harga: Rp12.000-Rp25.000
  • Jam operasional: 10.00-21.00 WIB

4. Bakso Solo Pojok Kantor Pos 

Kedai bakso di Sidoarjo ini menawarkan pilihan bakso khas, seperti bakso campur, bakso tahu, dan bakso goreng dengan harga yang murah. Di kedai bakso ini, pecinta bakso juga bisa menikmati es krim, es durian, dan es soda gembira dengan kisaran harga Rp10.000 sampai 15.000.

Aneka minuman segar ini akan melepas dahaga, terutama jika Sedulur makan bakso dengan sambal yang banyak. Tempat makan bakso ini juga salah satu yang laris karena tidak pernah sepi.

  • Lokasi: Jalan Teuku Umar II Nomor 3, Magersari, Sidoarjo
  • Kisaran harga: Rp 15.000
  • Jam operasional: 10.30-20.45 WIB

5. Bakso Solo Beranak Tepi Sawah 

Di Bakso Solo Beranak Tepi Sawah, Sedulur bisa menikmati mie ayam dan bakso dengan harga yang murah per porsi. Isian baksonya ada bakso besar, bakso halus, bakso goreng, dan sawi iris dalam satu mangkuk.

Lalu ditambah dengan kuah kaldunya yang terasa sangat gurih dan enak. Selain itu, untuk mie ayam Sedulur nggak hanya bisa memesan mie saja. Tapi juga bisa ditambahkan bakso. Mantap, bukan? 

  • Lokasi: Jalan Tawang Sari Bar Nomor 48, Tawangsari Timur, Tawangsari, Taman, Sidoarjo
  • Kisaran harga: Rp11.000
  • Jam operasional: 09.30-21.30 WIB

6. Bakso Biru 

Warung Bakso Biru menyajikan berbagai bakso dengan macam-macam ukuran, ada bakso kecil, sedang, dan besar. Sedulur juga bisa menikmati bakso pentol dengan isian berbeda, seperti keju, puyuh, dan sosis. Selain kuah kaldunya yang istimewa, Bakso Biru mempunyai keunggulan lainnya yaitu siomay yang disajikan sebagai menu tambahan. 

Isian siomay di gerai ini dibalut dengan sayuran sehingga Sedulur bisa menikmati kelezatan isian dengan tekstur tambahan yang renyah. Warung bakso ini berlokasi di Perumahan Bumi Citra Fajar yang buka dari siang hingga malam.

Selain itu, warung bakso ini juga punya menu bakso mercon, di dalamnya ada bakso cabai, kuah, mie, dan tauge. Lalu ada pula bakso jamur hingga bakso beranak yang bisa dipesan. 

  • Lokasi: Jalan Sekawan Anggun 10 Nomor 22, Sidoarjo
  • Kisaran harga: Rp15.000
  • Jam operasional: 10.00-21.00 WIB

7. Bakso Solo H Kasan 

Di kedai bakso di Solo ini, pelanggan bisa menikmati semangkuk bakso kuah yang nikmat. Ditambah taugenya yang banyak, jadi rasa baksonya semakin segar. Keistimewaan lain dari kedai bakso ini adalah tersedianya siomay kubis dan tahu putih yang diisi dengan adonan bakso yang lezat. Harga seporsi baksonya murah dan buka dari pagi hingga malam. 

  • Lokasi: Jalan Pecantingan, Sekardangan Indah, Sekardangan, Sidoarjo
  • Kisaran harga: Rp15.000
  • Jam operasional: 08.30-21.30 WIB

8. Bakso Solo Kasar & Kikil Daging Sapi

Bakso Solo Kasar dan Kikil Daging Sapi di Jalan Raya Saimbang Nomor 116, Kebonagung, Sukodon juga wajib Sedulur coba. Di sini pecinta bakso bisa menikmati seporsi isian bakso halus dan bakso urat yang disajikan dengan bihun rebus serta sawi hijau.

Dengan menambahkan segelas es teh, Sedulur bisa membuat santapan bakso menjadi semakin lezat dan menyegarkan.

  • Lokasi: Jalan Raya Saimbang Nomor 116, Kebonagung, Sukodono, Sidoarjo
  • Kisaran harga: Rp15.000
  • Jam operasional: 10.00-21.30 WIB

9. Bakso H Satuman 

Di sini dengan harga yang terjangkau, Sedulur bisa menikmati semangkuk paket bakso hemat urat yang berisi bakso urat, gorengan, dan tahu. Selain itu, ada paket bakso hemat jamur yang meliputi bakso isi jamur, gorengan, dan tahu dengan harga yang sama. 

Kalau mau yang spesial, tersedia menu mangkok bakso dengan dua bakso besar, dua bakso kecil, tahu, sayur goreng, dan siomay. Rasanya tentu nggak kalah nikmat dengan yang menu sebelumnya. Kuah kaldunya sangat pekat. Ditambah sambal jadi semakin nikmat.

  • Lokasi: Jalan Raya Tulangan Nomor 6, Tulangan Timur, Tulangan
  • Kisaran harga: Rp 15.000
  • Jam operasional: 10.00-22.00 WIB

10. Bakso Cak Pitung 

Beberapa menu favorit di Bakso Cak Pitung adalah bakso nano-nano atau bakso jumbo. Lalu ada juga pilihan menu lain seperti pentol telur, udang, jamur, jagung, keju, mercon, kasar, halus dan goreng pedas yang per biji dihargai Rp2.000 sampai Rp8.000.

Warga Sidoarjo sering menjadikan bakso sebagai tempat makan siang terbaik. Warung ini tidak mempunyai tempat duduk dan hanya bisa berdiri, para penggemar bakso Cak Pitung tetap rela menyantap di tempat tersebut. Di hari libur atau akhir pekan, bakso ini lebih cepat habis terjual. 

Cara memesan bakso sangat mudah, setelah mengantri 10 menit pengunjung langsung menuju ke tempat gerobak baksonya. Bkso Cak Pitung kuah kaldunya kental dan direkomendasikan disantap dalam keadaan panas dan pastinya pedas. Selain itu, Bakso Cak Pitung Sidoarjo punya menu khas bakso.

Menu tersebut adalah bakso mercon, berbahan dasar daging giling yang dicampur cabai. Lalu pada menu bakso keju potongan kejunya juga cukup besar dan nggak pelit. Bakso Cak Pitung memang terkenal dengan isi baksonya yang komplit. Baksonya juga benar-benar terasa dagingnya. Rasanya sesuai dengan ekspektasi masyarakat yang ingin mencobanya.

  • Lokasi: Jalan Gajah Magersari Nomor 36, Gajah Timur, Magersari, Sidoarjo
  • Kisaran harga: Rp10.000
  • Jam operasional: 11.00-17.00 WIB.

BACA JUGA: 10 Tempat Makan Nasi Uceng Blitar yang Menggugah Selera

11. Bakso Beranak Bu Mul Kedayon

bakso sidoarjo
Pexels/Baarast Project

Apakah Sedulur penggemar bakso beranak? Kalau iya, jangan lupa mampir ke Bakso Beranak Bu Mul Kedayon. Pasalnya di sini Sedulur bisa menikmati beragam menu bakso dengan harga yang sangat terjangkau dan pastinya bikin kenyang. 

Pilihan menunya antara lain bakso dengan telur puyuh, bakso beranak pinak, dan bakso beranak Merapi yang paling spesial. Selain itu ada menu bakso keju yang juga bisa dipesan dengan harga yang murah. Sebagai pelengkapnya Sedulur bisa memesan es degan, es oyen atau es cao dengan harga mulai dari Rp3.000-Rp7.000.

  • Lokasi: Jl. Arumdalu Sidoarjo RT.12/RW.4, Kedayon, Sumput, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo
  • Kisaran harga: Rp10.000
  • Jam operasional: 10.30-21.00 WIB

12. Bakso Bakar Golf

Bakso Bakar Golf terletak di Jalan Untung Surapati Nomor 21, Sidoklumpuk, Sidoarjo. Buka dari siang, di sini Sedulur bisa menikmati semangkuk bakso bakar dengan rasa yang nikmat sekaligus pedas.

Selain itu ada tahu, siomay, gorengan, dan lontong yang bisa Sedulur pesan sebagai lauk tambahan. Jadi, menunya cukup komplit tinggal Sedulur sesuaikan dengan seleramu saja.

  • Lokasi: Jalan Untung Surapati Nomor 21, Sidoklumpuk, Sidoarjo
  • Kisaran harga: Rp13.000
  • Jam operasional: 12.00-21.00 WIB.

13. Warung Bakso Malang Cak Kariadi “Gangsar Manunggale Alam”

Warung Bakso Malang Cak Kariadi “Gangsar Manunggale Alam” juga menawarkan aneka varian bakso yang pasti akan membuat Sedulur lapar mata. Di sini tersedia menu bakso campur, bakso campur kasar, dan bakso halus.

Sedulur tinggal pilih saja mana yang paling Sedulur suka. Warung ini buka dari siang hingga malam. Jadi Sedulur bisa datang kapan saja.

  • Lokasi: Jalan Dusun Kapasan RT.22/RW.5, Cangkring, Sepande, Sidoarjo
  • Kisaran harga: Rp10.000-Rp14.000
  • Jam operasional: 10.00-21.00 WIB.

14. Bakso Cak To

Bakso Cak To terletak di Kopi Jungkir Balik di Jalan Pasar Jetis. Bakso ini menawarkan berbagai menu seperti bakso mercon, bakso puyuh, bakso keju, dan bakso granat. Konsep makannya seperti prasmanan. Jadi Sedulur ambil baksonya sendiri lalu dibayar langsung.

Sebagai pelengkapnya, ada tambahan sate siomay, pangsit goreng, dan tahu bakso untuk menambahkan kenikmatan Sedulur bersantap. Kalau Sedulur masih kurang kenyang, di sini juga tersedia lontong kok.

  • Lokasi: Jalan Pasar Jetis Nomor 1A, Jetis, Lemahputro, Sidoarjo
  • Kisaran harga: Rp15.000
  • Jam operasional: 10.00-23.00 WIB

15. Bakso lobster Hidayah

Apakah Sedulur suka dengan lobster? Di Sidoarjo ada tempat makan bakso yang dikombinasikan dengan lobster. Di sini Sedulur bisa menikmati berbagai menu bakso lobster dengan harga murah.

Selain bakso, ada menu mie ayam lobster yang juga wajib Sedulur coba. Tersedia menu minuman segar di sini, seperti es oyen seharga Rp 6000 yang bisa Sedulur pesan untuk pelepas dahaga.

  • Lokasi: Jalan KH. Ahmad Dahlan, Lebo, Sidoarjo
  • Kisaran harga: Rp10.000-Rp30.000
  • Jam operasional: 09.00-20.00 WIB

16. Bakso Lonjong Pak Di

Bakso biasanya berbentuk bulat, namun tidak demikian di sini. Bakso Lonjong Pak Di terkenal dengan bolanya yang lonjong. Menu bakso iganya, dagingnya enak dan tidak alot. Bahkan ada pula bakso raksasa yang ukurannya sungguh besar.

Satu porsi berisi bakso, tahu, dan mie kuning. Bisa juga ditambahkan gorengan dan lontong. Tempat ini selalu ramai dan pelanggan mengatakan bakso paling enak di Krian Sidoarjo.

  • Lokasi: Jalan Setiabudi No.7, Krian, Sidoarjo
  • Kisaran harga: Rp13.000
  • Jam operasional: 09.00-20.00 WIB

17. Bakso Brow

Bakso ini merupakan salah satu bakso khas Sidoarjo yang tak pernah sepi pengunjung. Keistimewaan di sini adalah bakso tetelan yang menjadi favorit. Pilihan baksonya lengkap mulai dari bakso urat, tetelan, iga jumbo, beranak, telur, hingga bakso mercon. 

Selain itu juga tersedia gorengan, tahu bakso, dan tahu walik. Tempatnya luas dan terletak di sepanjang jalan raya menuju pertigaan Gedangan. Jika Sedulur bosan dengan kemacetan di Gedangan, mampirlah sejenak untuk makan bakso di sini.

  • Lokasi: Jalan Jenggala No.21, Gedangan, Sidoarjo
  • Kisaran harga: Rp10.000
  • Jam operasional: 11.00 WIB-habis

18. Kings Oskab

Kings Oskab mengusung konsep prasmanan dan selalu penuh dengan pelanggan. Pilihan baksonya banyak, seperti bakso beranak, bakso urat, iga jumbo, mercon, telur, keju, jamur, jagung, dan daging.

Ada juga tambahan tahu dan siomay. Sedulur juga bisa mengambil bihun sendiri. Yang membuatnya unik adalah koya yang biasanya identik dengan Soto. Jadi penasaran ingin mencoba bakso ditambah koya di sini.

  • Lokasi: Jalan KH Ali Masud (belakang balai Desa Pagerwojo), Pagerwojo, Sidoarjo
  • Kisaran harga: Mulai Rp1.000 per biji
  • Jam operasional: 15.00-23.00 WIB

Itulah tadi rekomendasi bakso Sidoarjo yang wajib Sedulur coba. Saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba!