Membantu Sesama sudah menjadi tugas dan kewajiban manusia sebagai mahluk sosial.

Kita semua mengakui bahwa pandemi virus corona ini membuat kita menderita. Setiap aspek kehidupan kita terganggu, termasuk pemasukan finansial. Bagi sebagian Sedulur mungkin ada yang tetap melakukan pekerjaan dari rumah. Namun, sebagian lain harus ikhlas kehilangan pekerjaan.

Ujian berat dirasakan betul oleh para pengusaha dan pedagang di tengah pandemi Covid-19 ini. Kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang dikeluarkan pemerintah untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona, membuat para pengusaha dan pedagang tidak dapat mempertahankan usahanya.

Jika beberapa pengusaha yang mempunyai tabungan masih bisa bertahan dan menjalankan usaha lain, beda nasib dengan para pedagang kecil dan pedagang kaki lima yang sama sekali tidak dapat berbuat banyak. Berangkat dari keprihatinan tersebut, banyak gerakan peduli muncul untuk meringankan beban para pedagang kaki lima.

Baca Juga: Hadapi Covid-19, Aplikasi Super Melakukan Gerakan Bantuan

Peduli Terhadap Sesama Dengan Memberikan Bantuan

Jika kita semua memang terkena dampak buruk akibat adanya virus corona saat ini, mungkin sebagian Sedulur bertanya, bahwa semua dari kita berhak mendapatkan bantuan dan perhatian. Tidak ada yang salah dengan asumsi tersebut. Namun, ada yang benar-benar tidak dapat melakukan apapun lagi dan hanya berharap adanya bantuan dari kita semua.

Terdapat kalimat bijak yang mengatakan bahwa membantu sesama itu sudah menjadi hakikat manusia sebagai makhluk sosial, dan membantu dalam keadaan sulit adalah hal yang sangat mulia. Walaupun sama-sama sulit, bukan menjadi alasan untuk tidak membantu.

Para pedagang kaki lima mengandalkan hidup dari pendapatan harian. Banyak para pedagang kaki lima yang mempertaruhkan nyawa dengan tetap berjualan selama masa pandemi. Tergerak akan itu, Aplikasi Super melakukan gerakan peduli yang bernama Sembako Untuk Sedulur. Aplikasi Super menjaring bantuan dari dana untuk disalurkan dalam bentuk sembako, seperti beras, minyak, mie instan dan lainnya. Gerakan ini dilakukan di kota Surabaya dan sekitarnya, kota di mana Aplikasi Super beroperasi.

Melihat keprihatinan yang dialami oleh para pedagang kaki lima, Aplikasi Super sebagai sebuah platform digital yang bergerak di bisnis sembako menggagas sebuah gerakan bantuan. Gerakan Sembako Untuk Sedulur mengajak setiap Sedulur Super untuk berpartisipasi urunan.

Pedagang kaki lima merupakan korban yang merasakan langsung dampak adanya pandemi virus corona ini. Hal tersebut disebabkan karena para pedagang kaki lima mengandalkan pemasukan atau pendapatan dari hasil dagangan mereka sehari-hari.

Dengan pemberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB), membuat banyak aktivitas masyarakat di luar rumah dibatasi. Hal ini membuat para pedagang kaki lima tidak bisa menawarkan dagangannya karena tidak ada masyarakat yang membeli.

Donasi yang terkumpul oleh dalam gerakan bantuan Sembako untuk Sedulur ini akan dibelanjakan menjadi sembako dan sembako tersebut dibagikan kepada para PKL yang membutuhkan. Seperti kita ketahui, dalam masa pandemi virus corona ini, sembako merupakan kebutuhan pokok yang harus selalu tersedia.

Selain itu juga, gerakan ini merupakan sebuah bentuk dedikasi dan konsistensi dari Aplikasi Super yang memiliki misi untuk memajukan perekonomian masyarakat dan turut membantu masyarakat agar dapat lebih sejahtera lagi.

Baca Juga: Aplikasi Super Bantu PKL yang Terdampak Pandemi Covid-19

Cara Aplikasi Super Membantu Mereka yang Membutuhkan Lewat Donasi Sembako Untuk Sedulur

Pemilihan sembako sebagai barang yang dibagikan dalam gerakan peduli karena sembako merupakan bahan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, hal tersebut juga merupakan bentuk komitmen dari Aplikasi Super yang merupakan platform digital yang memiliki komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan pelanggan dan para mitra dengan menjual sembako. Selain itu, Aplikasi Super juga  hadir untuk mengefisienkan rantai pasokan sembako, memberi kesetaraan distribusi dan meningkatkan ekonomi masyarakat di kota kedua, ketiga, dan pedesaan yang ada di Indonesia.

Aplikasi Super mengajak masyarakat untuk bersama memberikan bantuan terhadap masyarakat yang terdampak langsung dengan adanya Covid-19. Para Super Agen, mitra Super Center dan setiap pihak yang terlibat dengan Aplikasi Super turun tangan memberikan bantuan.

Saat ini sudah banyak yang terlibat memberikan donasi, masih kurang beberapa persen untuk sampai pada target donasi yang harus terkumpul. Bagi Sedulur yang ingin terlibat dengan gerakan mulia ini, bisa klik di sini untuk memberikan donasi.

Para donatur bisa memilih untuk berdonasi dalam bentuk paket sembako senilai Rp. 100.000 ataupun uang tunai dengan nilai beberapun sesuai dengan kemampuan. Paket sembako yang akan dibagikan dalam gerakan Sembako untuk Sedulur berupa 5kg beras, 1 liter minyak goreng, 5 bungkus mie instan dan 10 sachet kopi instan.

Dalam rangka merealisasikan komitmen dari Aplikasi Super gerakan Sembako untuk Sedulur hadir dan terbentuk. Di sisi lain juga Aplikasi Super saat ini sedang terus melakukan peningkatan kinerja. Saat ini sudah ada 5000 Super Agen dan toko kelontong yang sudah terdaftar dan 250 toko yang tergabung menjadi Super Center.

Pada akhir tahun ini ditargetkan terdapat 10.000 toko kelontong dan Super Agen yang menggunakan Aplikasi Super disertai dengan 2.000 toko yang tergabung menjadi Super Center. Super Center merupakan program dari aplikasi Super untuk memajukan toko kelontong dengan digitalisasi toko kelontong dan 3P (Pelatihan, Pendapatan tambahan, dan Promosi) serta menjadi titik point feeder untuk agen Super. Bergabung menjadi bagian Aplikasi Super juga berarti bergabung untuk kemanusiaan. Bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super bisa klik di sini. Rasakan langsung kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan. Selain mendapatkan untung, Sedulur juga bisa terlibat dalam sebuah gerakan peduli.