SuperApp Startup Fest 2.0

SuperApp sebagai model perusahaan rintisan asal Surabaya berpartisipasi dalam Startup Fest 2.0 yang diadakan oleh Pemerintah Kota Surabaya bekerja sama dengan perusahaan venture capital, Ozora Yatrapaktaja. Acara yang berlangsung di Balai Pemuda pada tanggal 22-23 November 2023 ini sebagai upaya untuk memperkenalkan pemahaman mengenai bisnis SuperApp.

Acara yang dihadiri oleh Wali Kota Surabaya, Bapak Eri Cahyadi diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi anak muda dalam membangun perusahaan startup. Ingin tahu serba-serbi tentang Startup Fest 2.0? Simak cerita selengkapnya di sini!

Startup Fest 2.0 Diharapkan Bangkitkan Semangat Anak Muda Ciptakan Lapangan Kerja

SuperApp sebagai model perusahaan rintisan asal Surabaya berpartisipasi dalam Startup Fest 2.0

Dalam sambutannya, Bapak Eri Cahyadi sangat berharap agar anak muda Surabaya dapat menggagas startup baru yang berkontribusi signifikan terhadap perkembangan ekonomi Kota Surabaya. Hal ini termasuk menciptakan lapangan kerja dan memberikan kontribusi dalam perekonomian.

Kegiatan ini menghadirkan berbagai bisnis rintisan, venture capital sebagai calon investor, UMKM, serta warga dan pemuda Surabaya yang memiliki antusiasme dalam kewirausahaan. Acara ini dibalut dalam berbagai kegiatan, antara lain pameran UMKM dan bisnis startup; inkubasi dan mentoring; serta talk show. Diharapkan rangkaian acara tersebut bisa memberikan inspirasi dan berbagi pengalaman untuk pemuda Surabaya menumbuhkan antusiasmenya dalam mengembangkan kewirausahaan, salah satunya bisnis startup.

Tips Membangun Startup Ala SuperApp

SuperApp sebagai model perusahaan rintisan asal Surabaya berpartisipasi dalam Startup Fest 2.0

Dalam kesempatan ini, SuperApp yang diwakili oleh Vice President of Strategic Partnership, Debeasinta Budiman membagikan pandangan berdasarkan pengalamannya dalam dunia startup. Salah satunya mengenai tantangan dan peluang yang dihadapi perusahaan rintisan.

Menurutnya, ada tiga pondasi yang perlu dibangun saat membuat sebuah bisnis yaitu 3P: Purpose, People, Product. Latar belakang dan tujuan atau Purpose (Why) dalam memulai sebuah bisnis adalah faktor yang sangat krusial untuk dapat memberikan solusi dari masalah yang ada di masyarakat. 

Selama 5 tahun SuperApp dirintis, Debby, sapaan akrabnya, melihat banyak sekali kesenjangan harga yang terjadi di kota kecil dibandingkan dengan harga kebutuhan di kota besar. Hal ini menunjukkan kondisi ketidakadilan akibat adanya disparitas harga bahan pokok antar daerah. 

“Kami, para founders kemudian memiliki komitmen, tujuan, dan visi yang sama untuk memberikan kesamaan akses distribusi dan menghilangkan ketimpangan harga. Agar masyarakat di daerah dan di kota kecil, khususnya di Indonesia Timur dapat memperoleh harga yang lebih terjangkau,” jelas Debby.

SuperApp sebagai model perusahaan rintisan asal Surabaya berpartisipasi dalam Startup Fest 2.0

Aspek terpenting kedua adalah People (Who). Diperlukan sosok yang tepat, baik secara kompetensi, komitmen, maupun karakter. Menurut Debby, banyak cerita kegagalan startup yang muncul karena konflik antar founders-nya. Baik dari perbedaan sudut pandang, tujuan, serta prinsip yang tidak sama. Debby pun membagikan rahasia para founders dalam mengelola SuperApp. Mereka sering berdiskusi dan berusaha mengenal cukup lama sebelum memutuskan bersama membangun SuperApp.

“Perlu dipastikan bahwa setiap co-founder di SuperApp bisa berkolaborasi dan berkomitmen untuk tujuan yang sama,” tegasnya.

Aspek terakhir Product (What and How), yaitu perlu mendalami masalah apa yang harus diselesaikan dan solusi atau produk apa yang harus dibuat untuk mencapai tujuan tersebut. Memahami pain point dan akar masalah menjadi aspek yang sangat penting untuk dapat mendefinisikan solusi yang tepat dan akurat.

“Ketiga aspek tersebut sangatlah penting bagi perusahaan startup untuk dapat menciptakan scalability dalam tahapan bisnisnya,” tandas Debby.

Tentang Aplikasi Super
Aplikasi Super adalah perusahaan berbasis aplikasi yang mendistribusikan barang kebutuhan pokok kepada warung kelontong di kota kecil dan daerah dengan harga yang lebih terjangkau. Berdiri sejak tahun 2018, Aplikasi Super membangun rantai pasokan hiperlokal melalui jaringan mitra penjualan untuk mewujudkan visinya dalam pemerataan distribusi barang pokok & paritas daya beli di kota kecil dan daerah, khususnya di Indonesia Timur. Saat ini, Aplikasi Super sudah melayani lebih dari 100.000 pelanggan di Jawa Timur dan wilayah timur Indonesia. Kunjungi www.superapp.id untuk informasi lebih lanjut.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:

Zikry Auliya Ghifary
Associate Public Policy & Government Relations Manager
+62 878 8946 0593
zikry.ghifary@nusantara.technology