UMKM

Aplikasi Super membuktikan komitmennya dalam mewujudkan UMKM naik kelas yang berdaya serta melek dengan digitalisasi lewat pelatihan peningkatan kapasitas warung kelontong dalam kegiatan Pacitan UMKM Fest yang diadakan pada 12-13 Agustus 2023. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama Aplikasi Super dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Pacitan. 

Sejumlah tokoh penting hadir di acara ini, antara lain Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, S.S; Asisten Deputi Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro Deputi Bidang Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UKM Sutarno ST. MM; serta Organisasi Perangkat Daerah yang hadir untuk dapat memajukan UMKM melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk swasta.

Dalam acara kali ini, Aplikasi Super fokus memberikan pelatihan mengenai pencatatan keuangan warung yang efektif, strategi pengembangan bisnis warung, serta pengenalan digitalisasi. Zikry Ghifary selaku Associate Public Policy and Government Relations Manager menyatakan bahwa Aplikasi Super berkomitmen untuk selalu mendukung UMKM terutama warung kelontong. Oleh karena itu, perhatian lebih kepada warung kelontong perlu diberikan dalam program pengembangan kapasitas dengan pemerintah. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan misi UMKM naik kelas dan bisa meningkatkan efisiensi perdagangan di tingkat eceran.

Pada kesempatan yang sama Handiani Dandrajati selaku Growth Specialist Aplikasi Super menyampaikan bahwa warung kelontong memiliki peranan besar dalam perekonomian keluarga, mengingat mayoritas pelaku warung kelontong adalah perempuan yang memegang peranan ganda sebagai ibu maupun sebagai pengusaha warung yang harus mengelola usaha.

“Upaya yang bisa kami lakukan untuk memberdayakan para perempuan adalah dengan meningkatkan kapasitas agar efisiensi waktu dan usaha semakin baik. Ada pula pengenalan teknologi dalam kulakan warung yang dapat memberikan manfaat yang besar bagi usaha warung kelontong,” jelas Handiani.

UMKM

Warung kelontong memegang peranan penting dalam perekonomian masyarakat lokal, terutama dalam perannya menyediakan kebutuhan bahan pokok yang terjangkau. Keuntungan lain adalah warung kelontong banyak tersedia di tengah masyarakat di perkotaan kecil maupun pedesaan.

Pelatihan peningkatan kapasitas yang diselenggarakan Aplikasi Super diharapkan dapat memberdayakan warung kelontong dalam mengembangkan usahanya sehingga meningkatkan pendapatan pemilik warung. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Aplikasi Super untuk mewujudkan pemerataan distribusi barang pokok dan paritas daya beli, serta melek digital di kota kecil dan pedesaan melalui pengarusutamaan digitalisasi.

Tentang Aplikasi Super
Aplikasi Super adalah perusahaan berbasis aplikasi yang mendistribusikan barang kebutuhan pokok kepada warung kelontong di kota kecil dan daerah dengan harga yang lebih terjangkau. Berdiri sejak tahun 2018, Aplikasi Super membangun rantai pasokan hiperlokal melalui jaringan mitra penjualan untuk mewujudkan visinya dalam pemerataan distribusi barang pokok & paritas daya beli di kota kecil dan daerah, khususnya di Indonesia Timur. Saat ini, Aplikasi Super sudah melayani lebih dari 30.000 pelanggan di 39 kota di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan, dengan target ekspansi bisnis di area Indonesia Timur lainnya di masa depan. Kunjungi www.superapp.id untuk informasi lebih lanjut.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:

Zikry Auliya Ghifary
Associate Public Policy & Government Relations Manager
+62 878 8946 0593
zikry.ghifary@nusantara.technology