wedang cor jember

Saat musim dingin atau hujan datang, maka minuman hangat memang jadi teman paling sempurna. Sedulur bisa mencoba salah satu minuman legendaris yang berasal dari Jember bernama wedang cor. Tak hanya memiliki rasa yang enak, minuman ini juga bisa menghangatkan badan dengan maksimal.

Wedang cor sendiri juga dikenal sebagai ikon minuman tradisional di Jember. Walaupun namanya seperti adonan material campuran semen dan pasir, tapi Sedulur tidak akan minum itu kok. Karena wedang cor merupakan hasil perpaduan tape ketan, susu, dan jahe.

Kalau Sedulur penasaran tentang wedang cor dan bagaimana cara membuatnya? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: Taman Galaxy Jember: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket

Mengenal Sejarah Wedang Cor

wedang cor
Unsplash/Muhammad Fawdy

Wedang Cor adalah minuman asli Jember dan telah menjadi simbol budaya kota kecil itu. Minuman ini hanya bisa ditemui di daerah Jember, Jawa Timur saja. Minuman ini awalnya ditemukan oleh Mbah As beberapa tahun lalu dan menjadi populer hingga saat ini. Bahkan saking populernya, Warung Mbah As ini pernah didatangi artis hingga tokoh politik.

Namun, wedang ini sebenarnya juga sudah ada sejak zaman kolonial Belanda atau ratusan tahun lalu. Namun, ada perbedaan pada komposisi bahannya. Dimana wedang cor zaman dulu memakai susu sapi murni sehingga ditambah perasan jeruk nipis untuk mengurangi aroma dan rasa amis dari susu sapi.

Tape ketan yang dicampur dalam wedang jahe ini yang menjadi asal nama wedang cor, karena butiran beras ketan mirip dengan koral yang ada dalam adonan cor-coran. Perpaduan hangatnya air rebusan, pedasnya jahe, manis dari gula, kentalnya susu dan sedikit kecut serta tekstur yang berbeda dari tape ketan, membuat wedang cor menjadi minuman yang menghangatkan sekaligus juga mengenyangkan.

Citarasa Wedang Cor

Minuman ini cukup sederhana namun sangat enak dan efektif. Rasa manis tape ketan dan susu berpadu dengan hangatnya jahe. Wedang Cor biasanya dibuat dari campuran tape ketan, air jahe, dan susu kental manis, kemudian ditambahkan air panas hingga penuh, lalu tambahkan susu kental manis.

Campuran cor wedang biasanya berwarna putih dan cenderung abu-abu. Dari proses pembuatan dan warna yang membuat minuman ini melegenda. Begitu isian wedang masuk ke mulut, perpaduan rasa manis tape dan susunya benar-benar terasa pas. Kehangatan jahe juga membuat tubuh dan lidah terasa hangat.

BACA JUGA: 9 Restoran di Jember Terbaik dan Wajib Dikunjungi

Resep Wedang Cor

wedang cor jember
Unsplash/Eiliv Aceron

Bahan-bahan

  • 100 gram jahe (bakar dan memarkan)
  • 150 gram tape ketan hijau
  • 800 ml air
  • Susu kental manis secukupnya

Cara membuat:

  • Rebus air dan jahe sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi 700 ml dan angkat.
  • Ambil Tape ketan hijau dan taruhlah di gelas beri susu kental manis.
  • Tuangkan rebusan air jahe tadi dan aduk hingga rata.
  • Sajikan wedang cor selagi hangat.

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan resep minuman ini seperti susu kental manis bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp

Nah, itu tadi ulasan lengkap tentang wedang cor asal Jember. Minuman hangat legendaris ini memang cocok menjadi teman disaat musim hujan dan dingin datang. Jadi kalau Sedulur ingin minuman yang juga mengenyangkan, maka wedang cor bisa jadi pilihan.