soto borang

Selama ini, Ponorogo lebih dikenal dengan sate ayam sebagai kuliner khasnya. Padahal, kabupaten berjuluk Bumi Reog ini juga memiliki beragam kuliner khas lain yang tak kalah lezatnya. Satu di antaranya adalah soto borang yang sudah ada sejak puluhan tahun silam.

Tak sekadar memanjakan lidah, soto borang juga disebut memiliki ciri khas yang tidak ditemukan pada hidangan soto lainnya. Apa keunikan soto borong serta bagaimana rasanya? Yuk, simak rangkuman berbagai informasi seputar soto borang berikut ini.

BACA JUGA: 6 Makanan Oleh-Oleh Khas Ponorogo yang Wajib Dibawa Pulang

Mengenal Soto Borang Khas Ponorogo

soto borang
Pixabay/Vu Phan

Sebagian orang Indonesia termasuk Sedulur mungkin sudah tidak asing dengan soto. Apalagi hidangan ini hampir bisa ditemukan di berbagai daerah. Akan tetapi soto di setiap daerah biasanya juga memiliki ciri khas masing-masing. Seperti misalnya soto borang khas Ponorogo yang disebut memiliki ciri khas pada kuahnya.

Mengutip laman Badan Otorita Borobudur Kemenparekraf, soto borang memiliki ciri khas pada kuahnya yang bening. Hal ini membuat soto borang memiliki rasa gurih sekaligus segar karena kuahnya terasa ringan saat disantap.

Meskipun bening, kuah soto borang tetap kaya dan dijamin akan menggoyang lidah Sedulur. Pasalnya, kuah soto borang dibuat dengan beraneka rempah yang banyak tersedia di Ponorogo.

Keunikan soto borang juga terletak pada ayamnya yang diolah dengan bumbu sehingga kaya rasa. Selain itu, soto borang juga biasa disajikan bersama tauge, kol, tomat, irisan daun bawang, dan telur rebus. Sebagai pelengkap, Sedulur juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan kerupuk udang saat menyantap hidangan soto ini.

Sejarah Soto Borang

Soto borang termasuk salah satu kuliner legendaris di Ponorogo. Bagaimana tidak? Soto borang disebut sudah ada sejak puluhan tahun silam. Selain itu, ada satu warung soto borang yang sudah berjualan sejak tahun 1983 silam dan hingga kini masih ramai didatangi pengunjung.

Warung yang telah lama menjadi destinasi wisata kuliner ini terletak di Jalan Niken Gandini, Borang, Ponorogo. Sedulur juga bisa datang ke cabangnya yang berada di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di depan Ponorogo Permai dan Jalan Gajah Mada No 36, Pesantren, Surikraman, Ponorogo. 

Di warung tersebut, Sedulur akan mendapatkan seporsi soto yang terdiri atas nasi, potongan ayam, keripik kentang, kubis, bihun, seledri, taburan bawang goreng, dan tentunya kuah bening yang segar nan gurih. Adapun harga soto di sana dijual dengan harga mulai dari Rp 10 ribuan dan Sedulur bisa menambah aneka lauk sesuai selera.

Varian Soto Borang Ponorogo

Soto borang juga memiliki varian yang bisa Sedulur coba saat berwisata kuliner di Ponorogo. Variasi yang pertama adalah soto borang santan. Sesuai namanya kreasi soto borang ini dibuat dengan menambahkan santan pada kuahnya sehingga menjadi lebih kental sekaligus creamy. Penambahan santan ini juga membuat sajian soto memiliki cita rasa yang khas.

Berikutnya ada varian soto borang empal. Kehadiran potongan daging empal yang gurih dan empuk membuat rasa hidangan soto ini menjadi makin gurih.

Di sisi lain, saat ini juga sudah banyak penjual yang membuat variasi soto borang versi vegetarian. Pada hidangan tersebut, daging sapi atau ayam biasa diganti dengan jamur tiram atau tahu.

BACA JUGA: 9 Rekomendasi Tempat Makan Sate Ponorogo Terbaik, Legendaris!

Resep Soto Borang

resep soto daging aceh
Freepik/Freepik

Sedulur yang belum berkesempatan untuk berkunjung ke Ponorogo dalam waktu dekat tidak perlu khawatir apalagi bersedih. Sebab, Sedulur bisa membuatnya sendiri di rumah. Apalagi bahan-bahan untuk membuat soto borang ternyata cukup mudah ditemukan di pasaran.

Berikut resep soto borang selengkapnya. Catat bahan-bahan dan langkah membuatnya, ya!

Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat resep soto borang, Sedulur perlu menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut.

  • 500 gram daging ayam
  • 2 liter air
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 5 siung bawang merah, memarkan
  • 3 siung bawang putih, memarkan
  • 1 ruas jari jahe, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • Minyak Goreng Perirasa

Cara Membuatnya

Setelah semua bahan siap, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat hidangan soto borang.

  • Cuci bersih daging ayam, lalu rebus dalam air mendidih sampai matang. Angkat dan sisihkan.
  • Panaskan sedikit minyak, lalu masukkan bawang merah, bawang putih, jahe, serai, daun jeruk, dan daun salam. Tumis sampai harum.
  • Masukkan daging ayam yang sudah direbus dan kuah kaldunya ke dalam tumisan bumbu.
  • Tambahkan garam dan lada bubuk. Aduk sampai tercampur rata.
  • Koreksi rasa, lalu masak sampai kuah mendidih.
  • Soto borang siap disajikan. Sedulur bisa menambahkan kondimen lain, seperti toge, bihun, bawang goreng, dan irisan seledri sesuai selera.

Itu dia ulasan mengenai soto borang, kuliner khas Ponorogo yang sayang untuk dilewatkan. Sedulur juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep yang sudah dijelaskan tadi.

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan resep kali ini bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!