sosis goreng

Sebagai makanan beku yang disukai banyak orang, sosis juga merupakan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam menu. Aneka jajanan sosis goreng banyak dibuat oleh para pedagang untuk dapat dinikmati oleh masyarakat.

Berbagai macam olahan sosis dapat kita buat dengan mudah, misalnya adalah resep sosis goreng telur dan resep sosis bakar. Tak hanya itu sja, ada banyak resep lain dari olahan sosis seperti sosis tepung, resep sosis goreng kremes dan resep sosis goreng pedas yang tak kalah lezat. Bila Sedulur penasaran dengan resep olahan sosis ada apa saja? Yuk langsung simak rekomendasinya dalam artikel ini, tidak lupa resep di bawah juga cocok untuk dijadikan ide jualan sosis goreng lho.

BACA JUGA: 12 Resep dan Cara Mudah Membuat Sosis Paling Enak

Daftar 12 Sosis Goreng yang Bisa Kita Buat Sendiri Di Rumah

Ada sekitar 12 resep sosis  yang bisa Sedulur coba di rumah. Resep ini sangat beragam sehingga tidak akan membuat Sedulur bosan untuk membuat olahan sosis baik untuk dimakan sendiri maupun disajikan kepada keluarga di rumah.

-->

1. Sosis goreng crispy

Fimela

Cara membuat sosis goreng crispy sangat mudah, kita hanya membutuhkan 3 jenis bahan saja untuk membuatnya. Pertama sosis siap makan, tepung bumbu, dan 1 butir telur yang telah dikocok. Cara membuatnya sangat mudah.

Langkah pertama untuk membuat sosis goreng crispy adalah tusuk sosis dengan lidi atau tusuk sate, celupkan sosis ke dalam tepung, selimuti sosis dengan tepung lalu celup sosis ke dalam telur. Lalu selimuti kembali sosis dengan tepung bumbu.

Siapkan minyak panas agak banyak, goreng sosis hingga berubah warna dan matang. Resep sosis goreng pertama pun telah selesai kita lakukan.

2. Sosis pedas manis

IDN Times

Membuat sosis goreng satu ini sangat mudah, pertama siapkan bahan yaitu 6 buah sosis, bawang bombay, saus sambal, saus tomat, dan minyak wijen. Setelah bahan tersedia, cara membuatnya adalah pertama potong sosis sesuai selera, lalu goreng setengah matang.

Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan saus sambal, saus tomat dan sosis. Tambahkan garam dan bumbu penyedap rasa. Koreksi rasa sosis, jika rasa sudah pas. Sosis goreng pedas manis pun siap disajikan.

3. Pizza sosis roti tawar

sosis goreng
Cookpad

Resep selanjutnya adalah pizza roti, cara membuat pizza sosis roti tawar yang pertama adalah panaskan minyak goreng, kemudian tumis bawang bombay, tomat, sosis, dan daging sapi giling hingga berubah warna. Bumbui dengan garam, lalu sisihkan terlebih dahulu.

Sediakan roti dan lalu olesi permukaan roti tawar dengan bahan yang telah ditumis tadi. Taburi dengan keju mozarella parut secukupnya, lalu taburi merica bubuk. Siapkan teflon dan lalu olesi permukaan wajan teflon dengan minyak, kemudian panggang roti dengan api kecil.

Gunakan penutup wajan agar keju bisa meleleh sempurna. Pizza Sosis Goreng Roti Tawar pun telah selesai kita buat dan siap dinikmati.

BACA JUGA: 11 Resep Sosis Bakar ala Restoran, Bisa Untuk di Jual Lagi

4. Cah sosis kemangi

Fimela

Jika membutuhkan sosis yang digoreng dan sekaligus bisa sebagai menu makan. Cah sosis kemangi satu ini juga sangat bisa kita buat, karena bahan dan cara pembuatannya yang sangat mudah. Kita tidak memerlukan banyak bahan untuk membuat resep satu ini.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memanaskan minyak goreng, lalu goreng sebentar sosis dan sisihkan. Selanjutnya tumis bawang putih hingga matang, masukkan sosis, saus tiram dan lada bubuk. Tuang sedikit air dan aduk rata.

Ketika air telah mendidih, selanjutnya adalah memasukkan kemangi dan aduk rata hingga layu. Jangan lupa tambahkan garam, gula dan penyedap rasa sesuai selera dan cah sosis goreng kemangi siap dihidangkan dan dinikmati dengan nasi hangat.

5. Sosis bumbu mentega

Sweetrip

Resep selanjutnya adalah sosis goreng bumbu mentega, cara membuatnya pertama goreng sebentar sosis hingga setelah matang, lalu angkat dan tiriskan. Siapkan wajan dengan mentega, untuk menumis bawang bombay hingga layu dan mengeluarkan aroma wangi.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan bawang putih dan tumis hingga harum. Lalu masukkan saus tiram dan saus sambal, tambah sedikit air dan aduk rata hingga saus mengental dan airnya susut. Terakhir masukkan sosis dan koreksi rasa. Jika sudah sesuai selera, sosis goreng bumbu mentega pun siap dihidangkan.

6. Risol sosis goreng

sosis goreng
Pidjar.com

Resep olahan sosis  yang digoreng selanjutnya adalah risol sosis. Resep ini membutuhkan kulit risol untuk membuatnya, kita bisa membelinya atau membuatnya sendiri. Jika ingin praktis, kita tinggal membeli kulit risol.

Pertama-tama, goreng terlebih dahulu sosis hingga matang, jika tidak ingin isian sosis saja, bisa tambahkan telur. Setelah sosis dan telur tersedia. Masukan sosis dan telur ke dalam kulit risol dan lipat atau gulung.

Siapkan tepung roti dan telur yang telah dikocok, celupkan kulit risol yang telah diberi sosis dan telur. Balur dengan tepung roti, siapkan risol sosis dengan jumlah yang dibutuhkan. Lalu Goreng risol sosis hingga matang, dan risol sosis pun siap dinikmati sebagai camilan sore.

7. Tumis sosis goreng asam manis

Kompas

Bahan tambahan untuk membuat resep sosis satu ini adalah bawang putih, bawang bombay, saus sambal, saus tiram dan gula. Cara membuatnya sangat mudah, pertama goreng sosis hingga setengah matang lalu tiriskan. Selanjutnya siapkan wajan untuk menumis bumbu-bumbu.

Masukkan dan tumis bawang bombay hingga layu, selanjutnya masukkan bawang putih, tumis kembali hingga bahan keluar aroma harum. Jangan lupa untuk menambahkan saus cabai dan saus tiram, aduk hingga rata. Dan tuang sedikit air agar tumisan tidak meletup-letup.

Lalu selanjutnya masukkan sosis dan aduk rata jangan lupa tambahkan sedikit gula pasir. Aduk kembali hingga rata, sampai susut dan saus mengental. Resep sosis satu ini pun siap disajikan.

8. Pizza mie sosis goreng

Grid.id

Aneka olahan sosis satu ini bisa dijadikan sebagai ide bisnis. Karena selain menjadi kuliner yang unik, campuran sosis dan mie yang dijadikan berbentuk pizza memiliki keunikan tersendiri. Siapkan mie dan sosis sebagai bahan utamanya.

Langkah membuatnya, pertama rebus dulu mie goreng dan goreng sosis hingga setengah matang. Setelah mie goreng selesai dan sosis matang. Diamkan terlebih dahulu. Selanjutnya siapkan minyak panas untuk menumis bawang bombay dan bawang putih hingga mengeluarkan aroma wangi.

Masukkan saus sambal, saus tomat dan saus tiram lalu aduk rata. Lalu siapkan telur yang telah dikocok lalu masukan mie goreng yang sudah dimasak sebelumnya. Tata mie goreng di atas telur yang sedang digoreng. Tuangkan bumbu yang sebelumnya di tumis, dan masukkan sosis di atasnya. Pizza mie sosis goreng pun telah siap dinikmati.

9. Seblak sosis pedas

IDN Times

Seblak belakangan ini memang tengah menjadi makanan yang sangat hits. Bahan utamanya menggunakan kerupuk yang telah direndam terlebih dahulu, agar kerupuk menjadi kenyal dan enak. Selanjutnya tumis bumbu halus yang terdiri dari kencur, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, dan bumbu perasa.

Setelah bumbu halus mengeluarkan aroma wangi ketika ditumis, masukkan sosis, daun bawang dan kerupuk yang telah direndam. Aduk rata hingga bumbu halus menyerap dan tambahkan sedikit air untuk mematangkan semua bahan. Selanjutnya masukan bumbu perasa, dan ketika telah pas, seblak sosis  pedas pun siap dihidangkan.

10. Sosis bakar bumbu barbeque

sosis goreng
Kompas

Resep selanjutnya adalah sosis bakar, namun agar memiliki rasa yang berbeda dan nikmat. Sosis digoreng terlebih dahulu hingga setengah matang. Lalu, lumuri sosis dengan bumbu bakar barbeque. Setelah sosis dibumbui sempurna siapkan pembakaran.

Bakar sosis hingga matang dan bumbu meresap sempurna. Hidangan satu ini pun siap dinikmati.

11. Sosis keju

Fimela

Cara membuat sosis keju sangat mudah. Pertama buat dulu campuran saus yang terdiri dari kecap manis, lada, saori, dan kaldu ayam. Aduk rama campuran untuk saus di atas. Lalu siapkan sosis untuk dibakar, dan lumuri dengan saus yang telah dibuat di atas.

Panggang sosis hingga matang, sambil terus diolesi dengan saus yang telah dibuat. Jika terlihat saus sudah mengering, terus olesi dengan bumbu hingga sosis matang. Setelah matang, sosis siap disajikan beserta parutan keju di atas sosis bakar yang akan segera meleleh.

12. Sosis bakar pedas

Tribun

Pecinta kuliner pedas pasti sangat menyukai salah satu olahan dari camilan sosis satu ini. Cara membuatnya pun mudah, tidak jauh berbeda dengan resep sosis yang telah dijelaskan di atas. Pertama yang harus disiapkan dan dibuat adalah bumbu pedas untuk pembakaran sosis.

Bumbu yang dibutuhkan adalah saus sambal, saus tiram, gochujang, kecap asin, kecap manis, bawang putih dan margarin. Tumis bawang putih hingga mengeluarkan wangi, lalu masukan saus tiram, kecap manis, saus sambal, gochujang, kecap asin dan air secukupnya.

Didihkan bumbu di atas hingga mengental. Sambil menunggu bumbu saus mengental, kita bakar sosis di atas pemanggang dan sambil diolesi dengan margarin. Namun alangkah lebih baiknya sosis digoreng terlebih dahulu sebelum dibakar.

Setelah sosis masak, masukan sosis ke dalam bumbu saus yang telah mengental dan biarkan bumbu menyerap pada sosis. Setelah itu, bakar kembali sosis, hingga matang sempurna dan bumbu meresap total. Sosis pedas pun, siap dinikmati.

Memasak sosis goreng tentunya membutuhkan bumbu pelengkap seperti kecap dan saus agar cita rasa semakin lezat. Nah, bagi Sedulur yang ingin berbelanja kebutuhan bumbu sosis goreng dapat membelinya di Aplikasi Super

Selain harganya yang lebih terjangkau, belanja di Aplikasi Super juga ada banyak promo, voucher cashback dan gratis ongkir setiap hari. Yuk download dan belanja di Aplikasi Super sekarang! Belanja jadi mudah hanya pakai satu aplikasi saja. 

Demikianlah daftar sosis di atas bisa menambah referensi menu olahan sosis bagi Sedulur. Jangan lupa untuk membeli sosis dan bahan pendukung resep olahan sosis di Aplikasi Super. Tersedia berbagai bahan dan kebutuhan sembako di Aplikasi Super secara lengkap.