sego roomo

Berbicara tentang sego roomo, maka kita akan membicarakan kuliner legendaris dari Gresik. Hidangan satu ini diketahui sebagai makanan paling tua di Indonesia karena sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Sayangnya, makanan ini mulai tergerus zaman dan sudah sulit ditemukan.

Kalau Sedulur tertarik dan ingin mencoba kelezatan rasa sego romoo, maka bisa mencoba datang langsung ke Desa Roomo di Gresik. Tapi jika ingin mencoba membuat hidangan ini hidup kembali dan memasaknya di rumah. Maka bisa simak ulasan lengkapnya di bawah.

BACA JUGA: 9 Kuliner Khas Gresik yang Terkenal Enak, Dijamin Bikin Nagih

Mengenal Sego Roomo

sego roomo
Unsplash/Streets of Food

Nama Sego Roomo diambil dari desa asal kuliner tersebut yaitu dari Desa Romo Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Sebagian orang Gresik menyebutnya Bubur Romo. Disebut demikian karena memang bentuk atau teksturnya yang memang mirip dengan bubur.

Makanan ini memiliki cerita sejarah tersendiri. Konon, dahulu ada seorang wanita warga Desa Romo yang serba kekurangan. Dia kemudian berkeluh kesah kepada seorang dari Sembilan Wali.

Wanita itu bercerita jika sudah bertahun-tahun hidupnya tidak pernah sejahtera dan selalu kekurangan. Hingga puncaknya, saat ini wanita tersebut sudah terlanjur bingung harus berbuat apa lagi, tidak ada sumber penghasilan sedikit pun yang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya beserta keluarga.

Sang Wali kemudian menyarankan agar si wanita menjual desanya. Si wanita itu kebingungan menerjemahkan petunjuk tersebut. Akhirnya, si wanita menemukan jawaban teka-teki tersebut. Dia diminta untuk menjual Sego Roomo yang memang menjadi makanan khas desa setempat.

Dan, jadilah kebiasaan warga Romo berjualan sego roomo jika berada di luar desa tersebut hingga makanan ini begitu terkenal. Lambat laun, penjual sego roomo mulai bervariasi, banyak di antara mereka menjajakan dengan tambahan sate cecek, telur puyuh, hingga hati ampela.

Meskipun pada dasarnya, kuliner ini hanya disajikan dengan lontong atau ketupat yang diletakkan pada takir (daun pisang) dan diratakan. Kemudian ditaburi oleh sayuran, poyah putih, kerupuk (udang atau rambak), dan sambal. Terakhir, siram dengan bubur orange tersebut.

Keunikan Sego Roomo

Kuliner khas Gresik ini punya karakter yang berbeda dengan makanan khas lainnya. Makanan ini disajikan di atas wadah dari daun pisang yang disebut takir yang dituangi sayur dan krupuk dan diberi bubur berwarna kuning yang disebut dengan Roomo.

Di bagian atas ditaburi koya yang terbuat dari parutan kelapa goreng yang juga dicampuri sambal. Rasanya ada gurih, ada pedasnya dan bercampur rasa bubur yang dominan rempahnya.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Rumah Makan Gresik, Cocok untuk Keluarga!

Resep Sego Roomo

sayur pepaya muda sego roomo
Unsplash/Streets of Food

Kalau Sedulur ingin mencoba membuat hidangan legendaris satu ini di rumah. Berikut ada resep yang bisa dicoba.

Bahan:

Bahan bumbu roomo:

  • 1.000 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 100 gram tepung beras
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1 bungkus kerupuk rambak untuk penyajian

Bumbu halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah besar
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 1 sendok teh terasi

Sayuran rebus:

  • 150 gram wortel, diiris korek api, direbus
  • 1 ikat bayam, direbus
  • 100 gram taoge, diseduh

Cara buat: 

  • Mulai dengan memasak nasi terlebih dahulu dengan menggunakan Beras Cap Opung. Masak sampai tanak.
  • Lalu siapkan bahan roomo. Ambil wadah dan larutkan tepung beras di dalam 100 ml santan (dari 1.000 ml). Sisihkan.
  • Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum. Tuang sisa santan sambil diaduk perlahan sampai mendidih.
  • Tambahkan larutan tepung  beras. Aduk sampai meletup-letup.
  • Tata nasi, letakkan wortel, bayam, dan taoge. Tuang bubur tepung beras di atasnya. Sajikan bersama remasan kerupuk rambak.

Trik yang tidak boleh Sedulur lewatkan ketika membuat sego roomo ini adalah memilih beras yang tepat. Dimana Beras Cap Opung bisa menjadi pilihan terbaik untuk Sedulur karena nasi yang dipadukan dengan bubur roomo akan terasa lebih lezat.

beras cap opung

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan resep seperti bumbu, santan dan lainnya bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp

Demikian tadi ulasan lengkap tentang hidangan legendaris dari Gresik bernama sego roomo. Semoga dengan informasi ini, Sedulur bisa tertarik mencicipi dan membuatnya sendiri di rumah agar hidangan ini tidak punah ya.