Sego Gobyos, Kuliner Super Pedas dan Sedap Khas Pacitan

Pexels/Fariz Albar

Sedulur penggemar kuliner pedas wajib mencoba sego gobyos khas Pacitan, Jawa Timur. Hidangan yang terdiri atas nasi dengan sayur dan lauk ini menawarkan sensasi cita rasa pedas yang begitu menggoda. Makanan ini pun menjadi salah satu menu favorit bagi warga Pacitan maupun wisatawan yang datang. Apalagi selain lezat, sego gobyos Pacitan juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Penasaran dengan kelezatan sego gobyos khas Pacitan? Yuk, langsung simak rangkuman informasinya berikut ini.

BACA JUGA: Sejarah Rujak Cingur: Jejak Kuliner Legendaris dari Surabaya

Sego Gobyos Khas Pacitan

nasi punel
Pexels/Suhairy Triyadhi

Sego gobyos merupakan salah satu kuliner khas Pacitan, Jawa Timur. Hidangan ini terkenal dengan sensasi rasa pedas yang sangat kuat. Kendati begitu, makanan ini sukses menjadi salah satu menu favorit yang selalu direkomendasikan bagi wisatawan ataupun pengunjung yang datang ke Pacitan. Apalagi bagi mereka yang mencari rekomendasi kuliner pedas di Pacitan.

Sego gobyos sendiri hadir sebagai hidangan yang terdiri atas nasi dengan sayur berupa daun kenikir serta aneka lauk, seperti tempe dan tahu bacem, telur balado, aneka olahan ikan laut, serta opor ayam. Selain itu ada juga kuah pedas yang berisikan banyak cabai yang menjadi bintang utama dalam seporsi sego gobyos. Bukan tanpa alasan, kuah pedas inilah yang disebut membuat hidangan ini memiliki rasa yang sangat pedas.

Sejarah dan Arti Namanya

Meski tidak ada catatan mengenai sejarah sego gobyos hingga menjadi salah satu kuliner legendaris dan populer di Pacitan, hidangan ini diketahui sudah ada sejak lama. Bahkan hidangan ini juga menjadi salah satu menu wajib yang sayang dilewatkan bagi wisatawan dari luar kota, terlebih bagi penggemar kuliner pedas.

Sementara itu jika menilik arti namanya, sego gobyos rupanya sangat mewakili hidangan itu sendiri. Dalam bahasa Jawa, sego memiliki arti nasi, sedangkan gobyos berarti kondisi tubuh yang penuh keringat. Hal ini seolah menggambarkan bagaimana kondisi seseorang akan penuh keringat setelah menyantap makanan ini karena memiliki rasa yang sangat pedas.

BACA JUGA: Resep Nasi Goreng Arang Khas Kediri yang Bikin Nagih

Bahan dan Cara Buat Sego Gobyos

sego gobyos pacitan
Pexels/Suhairy Triyadhi

Kuliner sego gobyos sendiri sebenarnya terbilang sangat sederhana. Satu porsi sego gobyos terdiri atas nasi, sayur daun kenikir, serta aneka lauk yang bisa dipilih seperti tahu dan tempe bacem, opor ayam, telur balado, ataupun olahan ikan laut. 

Berbagai kondimen tersebut kemudian diguyur dengan kuah pedas yang terbuat dari cabai dengan jumlah banyak. Rasa kuah pedas yang beradu dengan daun kenikir yang pahit serta aneka lauk gurih pun menciptakan kelezatan yang begitu nikmat.

Oia, biar sego gobyos yang kamu buat makin mantap lagi, jangan lupa Sedulur memasaknya menggunakan beras yang tepat ya. Percayakan saja kepada Beras Cap Opung  yang sudah terbukti kualitasnya untuk membuat hidangan nasi di rumah.

Berasnya terkenal pulen putih ini juga hadir dengan harga yang terjangkau. Jadi dijamin akan sangat bersahabat dengan kantong Sedulur.

beras cap opung

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan resep lain seperti bumbu dapur untuk memasak sego gobyos juga bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Rekomendasi Warung Sego Gobyos

Kuliner sego gobyos biasanya banyak dijual pada malam hari. Salah satu rekomendasi warung sego gobyos adalah Warung Sego Gobyos yang berada di Jalan A Yani, Pacitan. Warung makan ini buka setiap hari mulai pukul 16.00 WIB sampai 04.00 WIB dini hari. Adapun satu porsi sego gobyos di sini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 7 ribu tergantung dengan lauk yang dipilih.

Ide Kuliner Pacitan Lainnya

Selain sego gobyos, Pacitan masih memiliki beraneka kuliner khas lainnya. Berbagai kuliner ini bisa menjadi pilihan Sedulur sekaligus menyiapkan perut sebelum mencicipi sego gobyos pada malam hari.

  • Soto Pacitan

Hidangan soto mungkin tidak hanya bisa ditemukan di Pacitan. Akan tetapi, soto khas Pacitan memiliki keunikan yang membedakannya dengan soto di daerah lain. Salah satunya adalah dengan penambahan kacang goreng yang memberikan sensasi gurih pada soto.

  • Kupat tahu

Namanya mungkin hampir sama dengan kuliner khas daerah lain. Namun, kupat tahu khas Pacitan memiliki ciri khas pada penambahan kuah air bawang yang gurih.

  • Jenang

Selain makanan berat, Pacitan juga memiliki camilan khas yang menarik untuk dicoba. Satu di antaranya adalah jenang. Camilan berbentuk kecil dengan tekstur kenyal ini menawarkan sensasi rasa manis yang lezat. Makanan ini juga cocok dipilih sebagai teman perjalanan saat berwisata ke Pacitan.

Itu dia ulasan singkat mengenai kuliner sego gobyos khas Pacitan, Jawa Timur. Apakah Sedulur tertarik untuk mencobanya?