sate kere

Sate kere merupakan salah satu jenis sate unik yang sangat legendaris. Kuliner satu ini menjadi sangat terkenal dan semakin legendaris ketika Presiden Jokowi menyampaikan bahwa salah satu kuliner kesukaannya adalah sate jenis ini. Sejak saat itu, banyak masyarakat Indonesia yang ingin mencicipi rasanya.

Sate kere adalah kuliner khas Solo yang terbuat dari daging sapi. Tidak seperti sate jenis lainya, sate satu ini terbuat dari bahan yang seadanya dan sangat sederhana. Oleh karena itu, Sedulur bisa membuat sendiri kuliner satu ini tanpa harus jauh-jauh pergi ke Solo untuk mencicipinya.

Agar Sedulur dapat membuatnya Sedulur, mending langsung saja simak dengan seksama bagaiamana langkah dan pembahasan sate kere resep kali ini. Langsung simak tutorialnya di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Orem Orem Tahu Tempe Khas Malang Praktis & Enak

-->

Bahan utama

bahan utama
Grid

Banyak yang bertanya sate kere terbuat dari apa. Jawabannya adalah tempe. Bukan daging sapi, kambing atau ayam. Hal itu yang membuat sate ini unik. Namun ada juga beberapa resep seperti resep sate kere gajih sapi dan resep sate kere sapi yang menggunakan daging sebagai bahan utamanya. Resep legendaris ini sendiri membutuhkan bahan yaitu:

  • 1 papan besar tempe gembus atau kurang lebih 500 gram
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 sdm gula merah
  • 1 sdm kecap manis
  • Garam
  • Air
  • Kaldu bubuk

Bahan bumbu kacang

bumbu kacang
infobudaya.net

Sate kere berasal dari Solo ini, akan semakin nikmat ketika disajikan dengan bumbu kacang. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bumbu kacang adalah:

  • 100 gram kacang tanah
  • 1 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 2 buah cabai rawit
  • 3 sdm gula merah
  • 1 sdm kecap manis

Olah tempe gembus terlebih dahulu

tempe gembus
Cookpad

Setelah bahan-bahan di atas disiapkan, langkah pertama yang bisa Sedulur lakukan adalah menyiapkan tempe gembus terlebih dahulu. Potong-potong dahulu tempe gembus, kemudian siapkan bumbu yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, garam dan gula merah. Uleg semua bumbu hingga halus. Lalu masak tempe gembus dengan bumbu halusnya, biarkan beberapa saat agar bumbu meresap. Sekilas bumbunya mirip seperti memasak tempe bacem.

BACA JUGA: 5 Kreasi Resep Tempe Penyet Enak, Pedas untuk Keluarga

Buat bumbu kacang

resep sate kere sapi
Galadiva

Sambil menunggu tempe selesai, Sedulur bisa menyiapkan bumbu kacangnya. Langkahnya sangat mudah. Kamu bisa menghaluskan cabai merah, bawang putih, bawang merah, kacang tanah, garam, gula merah dan gula pasir. Sedulur bisa diulek atau menggunakan blender. Kemudian tumis bumbu menggunakan minyak atau bisa dengan menggunakan air hangat saja.

Tusuk dan bakar sate

resep sate kere gajih sapi
Taste Atlas

Langkah terakhir dalam resep sate kere tepung yaitu menusuk-nusuk tempe yang telah matang dan kemudian membakarnya. Sedulur bisa menusuk tempe ke dalam tusukan bambu. Lalu bakar sate kere dengan waktu yang relatif singkat.

Tidak membutuhkan waktu lama karena pada dasarnya tempe sudah matang. Ini yang menjadi perbedaan utama dengan sate daging. Setelah matang, Sedulur bisa menikmati sate dengan bumbu kacang yang telah disediakan.

Sekian pembahasan tentang sate kere Solo. Semoga resep kali ini bisa menambah rekomendasi menu makan Sedulur bersama keluarga. Terutama bagi yang rindu akan rasa dari sate kare dan sudah lama tidak menyantapnya. Resep di atas sangat bisa membantu Sedulur agar dapat memasak sendiri di rumah.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.