sambal korek

Sudah menjadi hal yang umum bagi masyarakat Indonesia untuk menyantap makanan dengan sambal. Apalagi bagi para pecinta pedas, rasanya tidak pas jika hidangan tidak dilengkapi sambal. Bisa dibilang, sambal sudah menjadi unsur khas kuliner Indonesia. Salah satu jenis yang cukup populer adalah sambal korek.

Selain cara membuatnya yang mudah, sambal korek adalah jenis yang paling cocok untuk segala masakan. Buat Sedulur yang belum tahu resep sambal korek tahan lama dan bagaimana cara memasaknya, selengkapnya akan dibahas di bawah. Yuk, langsung simak ulasannya!

BACA JUGA: Resep Sambal Teri Pedas, Enak, & Mudah Menggugah Selera

Apa itu sambal korek?

Dapur KOBE

Sambal korek berasal dari Indonesia. Artinya, hampir di semua wilayah Indonesia mengenal jenis sambal ini. Awalnya, sambal ini terkenal melalui gerai atau restoran bebek di kota-kota besar Indonesia. Di Jawa Tengah, sambal ini terkenal sebagai pendamping masakan bebek goreng.

-->

Tidak hanya bebek goreng saja, sambal korek terasi maupun mentah juga cocok sebagai cocolan ayam, tahu, lele, dan tempe penyet. Cita rasanya pedas, berminyak, dan menggigit di lidah. Sangat cocok untuk para pecinta pedas. Banyak orang menyebut sambal ini levelnya ada di atas rata-rata, selevel dengan sambal rica-rica khas Manado yang terkenal sangat pedas.

Tidak heran, sambal ini biasanya hanya dapat diterima oleh mereka yang menyukai rasa pedas. Pedasnya dijamin membuat ketagihan.

Perbedaan sambal korek dan sambal bawang

sambal korek
Cookpad

Masih banyak orang yang bingung membedakan sambal ini dan sambal bawang. Keduanya memang hampir mirip, baik secara rasa maupun tekstur. Perbedaannya, sambal korek lebih sedikit bahan-bahannya, cukup cabai, bawang merah, bawang putih, dan garam. Sementara sambal bawang bahannya lebih kompleks. Ada cabai, bawang merah, bawang putih, gula, garam, terasi, jeruk limau, dan sebagainya.

Selain itu, cara memasaknya juga berbeda. Sambal bawang masih harus dimasak di wajan dengan minyak panas. Sambal korek hanya diulek dan diberi minyak panas. Jadi, bisa diartikan sambal korek mentah, sedangkan sambal bawang adalah jenis sambal setengah matang.

Bahan yang dibutuhkan

Mari Kita Masak

Sudah mengetahui pengertian dan perbedaannya dengan sambal bawang, kini saatnya Sedulur mencoba membuat sambal korek sendiri di rumah. Berikut bahan-bahan yang perlu dipersiapkan.

  • 10 buah cabai rawit merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

BACA JUGA: Resep Sambal Tumpang Tempe khas Jawa yang Pedas Nagih

Cara membuat sambal korek

sambal korek
Mari Kita Masak

Setelah bahan-bahan siap, Sedulur dapat mengikuti langkah-langkah memasaknya berikut ini.

  1. Haluskan cabai, bawang merah, bawang putih, dan garam dengan ulekan hingga cukup halus.
  2. Panaskan minyak goreng, lalu tuang ke dalam sambal yang sudah dihaluskan.
  3. Hidangkan sebagai cocolan atau dicampur dalam makanan.

Tips membuatnya

Serba Sambal Sedap

Langkah-langkah di atas memang sangat simpel, namun tidak boleh dianggap remeh, ya. Ikuti tahapannya dengan benar. Selain itu, terapkan juga beberapa tips di bawah ini agar sambal makin lezat dan tahan lama.

  • Bila sebelumnya Sedulur menggoreng ayam atau ikan, maka bisa menggunakan minyak bekas menggoreng tersebut untuk membuat sambal. Rasa sambal pasti lebih gurih.
  • Pastikan minyak untuk menyiram sambal benar-benar panas agar bau sambal tidak langu.
  • Supaya tahan lama, sambal bisa dimasukkan ke dalam kulkas. Dinginkan sambal terlebih dahulu. Lalu, masukkan ke dalam wadah tertutup rapat. Simpan di dalam kulkas. Setiap akan dimakan, jangan lupa panaskan terlebih dahulu. Sambal yang disimpan di kulkas bisa tahan hingga seminggu.

Itulah resep sambal korek yang bisa Sedulur coba untuk melengkapi sajian masakan di rumah. Ternyata, cara membuat sambal ini sangat mudah dan praktis, ya. Asal mengikuti langkah-langkah dan tips di atas, rasa sambal dijamin enak dan bakal tahan lama. Oh iya, pastikan menggunakan bahan-bahan berkualitas agar cita rasa sambal serta nutrisinya tetap terjaga. Selamat mencoba!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.