sambal balado

Sambal balado menjadi salah satu pelengkap makanan favorit di rumah makan Padang. Rasanya yang pedas dan lezat membuat kita terus ketagihan untuk mencobanya. Apalagi kalau sudah dicampur nasi hangat, ikan, telur, dan terong, kenikmatannya makin bertambah.

Bagi pecinta pedas, wajib banget tahu resep sambal balado Padang dan mempraktikkan sendiri di rumah. Bahan-bahan dan langkah memasaknya relatif simpel. Sedulur bisa menyimak resep sambal balado di artikel ini. Baca dan pahami resepnya baik-baik agar tidak gagal saat mencobanya, ya.

BACA JUGA: 10 Resep Sambal Terong Enak, Pedas, Bikin Ketagihan

Sambal balado

sambal balado
Kompas

Sebelum menuju resepnya, Sedulur perlu tahu terlebih dahulu apa itu sambal balado. Sederhananya, sambal balado adalah jenis sambal yang dimasak dengan cara menumis cabai giling dengan berbagai rempah seperti bawang merah, bawang putih, dan jeruk nipis. Sambal ini identik dengan warna merah membara dan rasa pedas nendang yang sangat khas.

Di Indonesia, ada beberapa versi sambal balado, yang paling terkenal yaitu resep sambal balado Padang dan Jawa. Biasanya, sambal balado khas Jawa dimasak dengan telur sehingga kerap disebut resep telur balado Jawa. Perbedaan balado khas Padang dan Jawa sebenarnya tidak terlalu signifikan.

Keduanya sama-sama enak dan super pedas. Hanya saja, resep sambal balado telur khas Jawa ada sedikit rasa manisnya karena tambahan gula jawa. Sementara resep telur balado Padang, cita rasanya lebih gurih. Sambal ini kerap dikreasikan menjadi beberapa hidangan, misalnya sambal balado terong, sambal balado telur, dan sambal balado ikan.

Bahan yang dibutuhkan

Mari Kita Masak

Bahan-bahan di bawah ini diperlukan untuk membuat sambal balado khas Padang.

  • 10 buah cabai merah, iris tipis
  • 5 buah cabai rawit
  • 1 buah tomat merah ukuran sedang, potong kecil-kecil
  • 5 siung bawang merah, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk, buang bagian tulangnya
  • 6 sendok makan air kaldu ayam atau sapi
  • Penyedap rasa, garam, dan gula pasir secukupnya
  • Minyak sayur untuk menggoreng

Alat

sambal balado
Resep MasakanKu

Tidak hanya bahan-bahan saja, Sedulur juga perlu menyiapkan alat-alat yang digunakan untuk membuat sambal ini. Berikut daftar alat-alatnya.

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Ulekan
  • Wajan

BACA JUGA: Sambal Gami Pedas untuk Pelengkap Makan Keluarga

Cara membuatnya

Mari Kita Masak

Setelah bahan dan alat siap, langsung ikuti tahapan memasaknya berikut ini.

  1. Mulailah menghaluskan cabai merah, cabai rawit, dan tomat dengan ulekan. Tambahkan penyedap rasa, garam, dan gula pasir secukupnya. Ulek kasar, jangan terlalu halus.
  2. Siapkan wajan dan panaskan minyak menggunakan api sedang. Setelah siap, masukkan semua bumbu yang sudah diulek kasar. Tumis hingga bumbu harum.
  3. Tuang kaldu ayam atau sapi ke dalam bumbu yang sedang ditumis. Aduk hingga bahan-bahan tersebut tercampur merata dan kaldu meresap sempurna.
  4. Masukkan daun jeruk yang sudah dibuang bagian tulangnya. Masak hingga daun jeruk layu.
  5. Angkat dan sajikan sambal dengan lauk kesukaan.

Tips memasaknya

sambal balado
Kalori Nutrisi

Ada beberapa tips yang perlu diketahui agar sambal yang Sedulur masak tidak gagal. Tips yang pertama yaitu memilih cabai yang sesuai. Sedulur harus paham bahwa kunci dari balado yang enak adalah campuran pas antara cabai merah besar dan cabai rawit. Cabai rawit akan memberikan rasa pedas pada sambal. Sementara cabai merah dipakai untuk mendapatkan warna merah membara.

Jadi, bila Sedulur merasa ingin sambal yang sangat pedas, maka bisa menambahkan cabai rawit di dalamnya, bukan cabai merah. Komposisi cabai yang tepat akan membuat cita rasa sambal makin nendang. Lalu, tips yang kedua adalah tidak menggunakan bawang putih. Sebagai elemen rasa tambahan, cukup tambahkan bawang merah saja. Itu pun tidak perlu terlalu banyak agar rasa cabainya tetap terasa enak.

Bagaimana, Sedulur? Sudah siap menerapkan resep sambal di atas? Tidak hanya cara membuatnya saja, penting untuk memperhatikan tips-tipsnya juga agar cita rasa sambal sesuai yang diharapkan. Sambal ini cocok sebagai pelengkap makanan untuk menu berbuka maupun sahur. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!