resep tuna balado

Ikan tuna merupakan salah satu ikan yang memiliki daging yang nikmat. Berbeda dengan jenis ikan lain, yang memiliki daging berwarna putih. Daging ikan tuna memiliki warna merah muda atau merah tua. Hal tersebut mempengaruhi kenikmatan dari daging ikan tuna itu sendiri.

Salah satu olahan yang menarik dan nikmat yaitu dengan membuat ikan tuna balado. Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas resep tuna balado lengkap disertai dengan cara membuatnya. Tanpa berlama-lama, seperti apa resep tuna balado? Yuk mari langsung kita simak pembahasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Nasi Goreng Sarden Kaleng yang Lezat & Praktis

Bahan yang Dibutuhkan

resep tuna balado
ResepKoki

Dalam resep tuna balado, terdapat beberapa bahan yang dibutuhkan. Berikut ini beberapa daftar bahan yang dibutuhkan, yaitu:

  • 2 ekor ikan tuna ukuran sedang
  • 10 buah cabai merah besar
  • 20 buah cabai rawit merah
  • 3 buah tomat
  • 12 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 1 sendok makan asam jawa
  • 3 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh kaldu jamur
  • 1/2 sendok teh penyedap rasa ayam
  • Air secukupnya

BACA JUGA: Resep Bola-Bola Telur Kubis, Super Simpel Tapi Enak

Langkah Membuat Ikan Tuna Balado

Cooking in The Keys

Setelah bahan-bahan dalam resep tuna balado yang tertera di atas Sedulur siapkan. Sedulur bisa langsung ke langkah membuat ikan tuna bumbu balado. Adapun langkah yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

1. Kukus ikan tuna terlebih dahulu

Masaklah air di panci kukusan hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan ikan tuna dan kukuslah selama 15 menit. Setelah itu, matikan kompor dan biarkan ikan tuna hingga dingin. Jika sudah dingin, buang bagian kepalanya beserta tulang. Hasilnya, irislah daging ikan tuna menjadi beberapa bagian sesuai selera.

Sebagai tambahan, Sedulur harus tahu seperti apa cara membersihkan ikan tuna. Terutama agar dagingnya tidak hancur. Kuncinya yaitu dengan menggunakan pisau tajam. Pastikan pisau yang Sedulur gunakan memang benar-benar tajam.

Jika tak memiliki pisau baru, setidaknya amplaslah pisau sebelum digunakan. Menggunakan pisau yang tak tajam akan membuat Sedulur kesulitan untuk membersihkan ikan tuna dengan rapih. Alhasil daging tuna jadi berantakan dan mudah hancur saat diolah nantinya.

2. Goreng ikan tuna hingga sedikit kecokelatan

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Jika sudah panas, masukkan irisan ikan tuna. Gorenglah sebentar sambil sesekali diaduk hingga berwarna sedikit kecokelatan. Jika warnanya sudah berubah, segera angkat dan tiriskan. Pindahkan ke dalam wadah yang sudah tersedia. Sekarang, ikan tuna tinggal dicampur dengan bumbu balado.

3. Masukkan bumbu balado

Haluskan cabai merah besar, cabai rawit merah, tomat, bawang merah, bawang putih, dan asam jawa dengan tekstur akhir sedikit kasar. Tambahkan sedikit air dan aduk-aduk hingga tercampur rata.

Lalu, tumislah bumbu balado ini dengan sedikit minyak panas hingga kadar airnya berkurang dan mengeluarkan minyak. Jika sudah airnya menyusut, masukkan gula pasir, garam, kaldu jamur, penyedap rasa ayam, dan ikan tuna. Masaklah sambil terus diaduk-aduk hingga tercampur rata dan bumbu baladonya sedikit mengering.

4. Ikan tuna balado siap disajikan

Langkah terakhir yaitu dengan mengoreksi rasa ikan tuna balado. Setelah rasa pas dan sesuai selera Sedulur, maka ikan tuna bumbu balado siap disajikan. Cara membuat resep masakan yang sangat mudah dengan rasa yang nikmat.

Nah itulah resep tuna balado yang bisa Sedulur ikuti dengan mudah. Sedulur tinggal menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan sebagaimana yang tertera di atas, lalu mengikuti setiap langkah membuatnya.

Sedulur bisa menemukan semua kebutuhan memasak resep ini di toko kelontong sekitar rumah dan Aplikasi SuperAplikasi Super adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Semoga penjelasan resep di atas bermanfaat bagi Sedulur, ya!