resep telur orak arik kuah

Telur menjadi bahan masakan yang sangat mudah dikreasikan untuk berbagai jenis masakan. Salah satu menu yang bisa dicoba adalah resep telur orak arik kuah. Hidangan ini bisa menjadi pilihan Sedulur ketika ingin menciptakan masakan yang simple, cepat, tapi tetap lezat.

Bahan untuk membuat masakan ini juga tergolong mudah dan tidak repot. Sedulur bisa menemukan semua bahan-bahannya di toko kelontong atau Aplikasi Super.  Aplikasi Super adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Bila Sedulur sudah tidak sabar ingin mencoba membuat telur orak arik kuah, yuk langsung simak resepnya berikut ini!

BACA JUGA: Resep Ayam Bumbu Adun Khas Madura, Enak dan Mudah Dibuat

Bahan Resep Telur Orak Arik Kuah

resep telur orak arik kuah
Momma

Dalam resep telur orak arik kuah, terdapat beberapa bahan yang perlu dipersiapkan. Walaupun masakan satu ini sederhana dan tidak terlalu sulit dibuat, Sedulur sebaiknya tetap mempersiapkannya agar hidangan jadi lezat. Adapun bahan yang dibutuhkan dalam resep telur kuah satu ini yaitu:

-->
  • 1 butir telur
  • 1 buah sosis sapi
  • 5 lembar jamur tiram
  • 1 buah wortel
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt kaldu jamur
  • Merica bubuk secukupnya
  • 2 buah cabai rawit
  • 1/2 bawang Bombay
  • Air secukupnya

Cara Masak Telur Orak-arik

cara buat scramble egg
BBC

Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, ada beberapa cara dan tahapan yang perlu Sedulur lakukan untuk membuatnya. Berikut ini adalah beberapa tahap dan cara memasaknya:

1. Cuci bersih dan siapkan bahan

Langkah pertama yang perlu Sedulur lakukan adalah dengan menyiapkan bahan dan membersihkan bahan-bahan yang akan dimasak. Sedulur perlu mencuci bahan-bahan di ata dan kemudian memotong beberapa bahan yang dibutuhkan.

2. Tumis semua bahan

Langkah selanjutnya yaitu dengan memanaskan minyak tumis bawang bombay dan cabai sampai harum. Lalu setelah itu, memasukkan telur, orak arik. kemudian masukkan wortel tambah sedikit air masak sampai air menyusut. Masukkan telur, orak arik. kemudian masukkan wortel tambah sedikit air masak sampai air menyusut. Untuk membuat air menyusut, dibutuhkan waktu yang cukup lama.

3. Masukkan sosis dan jamur

Langkah terakhir dalam resep telur orak arik kuah yaitu dengan memasukkan potongan sosis dan jamur. Lalu kemudian aduk hingga rata. Biarkan sosis dan jamur menyerap bumbu kuah yang sebelumnya telah dimasak pada tahap sebelumnya. Langkah penting selanjutnya yaitu dengan koreksi rasa. Sedulur bisa cek rasa, jika sudah pas Sedulur bisa mematikan api dan mulai menyajikan telor orak arik kuah. Namun, jika terlalu asin, Sedulur bisa menambahkan air untuk kuah dan kembali koreksi rasa.

4. Penyajian

Pastikan rasa dari telur telah benar-benar sesuai dengan selera Sedulur dan anggota keluarga di rumah. Jika Sedulur ingin sedikit pedas, Sedulur bisa menambahkan cabai merah atau cabai rawit untuk rasa yang lebih nikmat dan menyegarkan. Hidangkan di atas piring dan sajikan bersama nasi panas!

BACA JUGA: Resep Es Sirsak Susu, Minuman yang Menyegarkan!

Tips Singkat

resep telur orak arik kuah
Fimela

Telur merupakan salah satu bahan dasar masak yang mudah diolah. Bisa diolah dengan sederhana hanya dengan didadar dan diceplok biasa. Atau juga bisa dimasak dengan menambahkan beberapa bahan makanan, seperti daging atau sayuran.

Rekomendasi lain, Sedulur bisa memasak telur dengan sedikit kuah sebagai mana resep telur orak arik kuah di atas. Hal paling penting dalam memasak resep apapun yaitu dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Pastikan setiap bahan yang dibutuhkan telah tersedia agar Sedulur bisa tinggal memasaknya tanpa satu pun bahan yang terlewat.

Demikian tadi resep telur orak arik kuah yang merupakan salah satu resep masakan mudah yang nikmat yang bisa Sedulur suguhkan di rumah. Semoga penjelasan resep di atas menambah salah satu rekomendasi masakan super mudah dan nikmat untuk keluarga.