Resep Sate Mentok Khas Tuban yang Bikin Ketagihan

Sate merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang digemari banyak orang. Umumnya, sate terbuat dari daging ayam, sapi, maupun kambing. Meski begitu tak sedikit pula yang mengkreasikan sate dengan jenis daging lainnya. Seperti misalnya sate mentok yang merupakan kuliner khas Tuban, Jawa Timur. Sesuai namanya, hidangan sate ini terbuat dari daging mentok atau entok.

Penasaran dengan kelezatan sate mentok? Yuk, langsung simak rangkuman informasinya berikut ini, mulai dari sejarah hingga resep yang bisa Sedulur coba sendiri di rumah.

BACA JUGA: Sejarah Nama dan Resep Sate Kopok, Kuliner Khas Ponorogo Terlezat!

Mengenal Sate Mentok Khas Tuban

sate klopo
Unsplash/Ali Burhan

Sate atau satai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dijelaskan sebagai makanan berupa irisan daging kecil-kecil yang ditusuk dan dipanggang serta diberi bumbu kacang atau kecap. Sate sendiri merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang terkenal dan memiliki banyak penggemar.

Kebanyakan, sate terbuat dari daging ayam, kambing, ataupun sapi. Meski begitu ada pula yang membuat variasi sate dari bahan atau jenis daging lainnya, seperti babi, kelinci, hingga tempe gembus.

Tak berhenti sampai di situ, ternyata masih ada variasi kuliner sate lainnya. Adalah sate mentok yang disebut sebagai salah satu makanan khas Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Makanan ini pun terbilang unik karena jarang atau bahkan hampir tidak ada di daerah lainnya.

Dari segi penampilan, sate mentok sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis sate lainnya. Sate mentok dibuat dari daging mentok alias unggas sejenis angsa atau bebek yang dipotong kecil-kecil. Potongan daging tersebut ditusuk dan direndam dalam bumbu yang terbuat dari aneka rempah-rempah.

Kemudian, sate dibakar sampai dagingnya matang dan disajikan bersama bumbu. Adapun bumbu yang biasa digunakan sebagai pelengkap sate entok adalah bumbu kecap dengan irisan tomat dan bawang merah. Hal tersebut membuat sate entok memiliki cita rasa gurih sekaligus manis yang begitu khas.

Sejarah Kuliner Sate Mentok

Dihimpun dari berbagai sumber, sate mentok mulai populer setelah dijual oleh seorang pedagang kuliner mentok bernama Supri. Ia diketahui telah berjualan makanan berbahan mentok, yakni becek dan empal mentok sejak tahun 1994 silam. Sekadar diketahui, becek adalah makanan serupa dengan kare yang juga merupakan kuliner khas Tuban.

Setelah sekitar 2 tahun berjualan becek dan empal mentol, Supri kemudian memiliki ide untuk menambah menu dagangannya, yakni sate mentok. Tanpa disangka sate mentok ternyata banyak diminati. Ia pun memutuskan untuk menjual sate mentok sebagai menu andalan di warung usahanya tersebut. Sementara itu, hidangan lain seperti becek mentok kini beralih sebagai pelengkap sate tersebut.

BACA JUGA: Resep Dawet Jabung Khas Ponorogo dan Cerita Unik di Baliknya

Resep Sate Mentok

sate ponorogo
Unsplash/Eka P Amdela

Sedulur yang belum sempat datang ke Tuban untuk mengunjungi warung sate mentok Pak Supri tak perlu khawatir. Sebab, Sedulur juga bisa membuat hidangan sate mentok ini sendiri di rumah. Nah, sebagai panduannya, berikut resep sate mentok selengkapnya. Catat bahan-bahan yang diperlukan dan langkah-langkah atau cara membuatnya, ya!

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat sate mentok, Sedulur tentu perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan sate mentok khas Tuban. Sekadar informasi, pada resep kali ini sate mentok akan dilengkapi dengan bumbu kacang.

  • 1 kg daging mentok muda, potong kecil-kecil
  • 25 gram cabai mewah
  • 50 gram kemiri
  • 100 gram bawang merah
  • 100 gram bawang putih
  • 300 gram kacang tanah
  • 100 gram tomat
  • 250 ml kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Tusuk sate

Cara Membuatnya

Setelah semua bahan siap, Sedulur dapat mulai membuat sate mentok dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, cuci bersih daging mentok. Sekadar tip, Sedulur bisa melumuri daging mentok dengan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya, lalu bilas dengan air sebelum dimasak.
  • Selanjutnya, haluskan bawang putih lalu tumis sampai wangi.
  • Kemudian, haluskan kacang tanah, cabai, kemiri, dan bawang putih yang sudah ditumis tadi.
  • Tambahkan sedikit air ke dalam campuran bumbu.
  • Tusuk daging mentok ke tusuk sate. Sedulur bisa menyesuaikan jumlah potongan daging per tusuk sesuai selera.
  • Celupkan sate mentok ke dalam kecap, lalu bakar sampai matang.
  • Tata sate mentok yang sudah matang di atas piring saji. Tambahkan irisan bawang merah dan tomat. Tuangkan juga bumbu kacang atau bisa ditaruh di mangkuk kecil terpisah.
  • Sate mentok khas Tuban siap disajikan.

Supaya menu sate mentok makin mantap, jangan lupa menyantapnya pakai nasi panas ya. Tapi Sedulur jangan salah pilih beras untuk masakan nasi di rumah, percayakan saja kepada Beras Cap Opung  yang sudah terbukti kualitasnya. Beras pulen putih ini juga hadir dengan harga yang terjangkau.

beras cap opung

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan resep lain seperti bumbu dapur hingga kecap bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp

Itu dia rangkuman informasi seputar kuliner sate mentok khas Tuban, Jawa Timur. Hidangan ini bisa jadi ide wisata kuliner saat Sedulur berkunjung ke Tuban. Tak hanya itu, Sedulur juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah sebagai alternatif menu makan bersama keluarga.

Nah, Sedulur yang tertarik mencoba membuat sate mentok sendiri bisa mengikuti resep yang sudah dipaparkan di atas, ya. Selamat mencoba!