Resep sambal cibiuk

Sambal cibiuk merupakan salah satu sambal khas Garut, Jawa Barat, yang memliki rasa unik. Sambal ini juga memiliki rasa lezat yang menggugah selera, sehingga akan memberikan pengalaman makan yang nikmat karena rasa pedasn bisa menyegarkan. Jadi tidak heran jika cocolan cabe ini bisa bikin ketagihan saat pertama kali memakannya. Resep sambal cibiuk juga termasuk mudah dibuat, jadi banyak orang yang sering menggunakan sambal ini sebagai menu wajib setiap hari.

Apabila Sedulur tertarik untuk membuat resep sambal cibiuk, Aplikasi Super sudah menyiapkan ulasan lengkap tentang sambal ini. Lalu apa saja sih bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya? Mari langsung Sedulur simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 5 Resep Nasi Bakar Ayam Kemangi. Wanginya Bikin Lapar!

Dua jenis sambal cibiuk

resep sambal cibiuk
Endeus TV

Sebelum membahas resep membuat sambal cibiuk, Sedulur juga harus mengetahui ada dua jenis sambal cibiuk, yaitu sambal cibiuk warna merah dan sambal cibiuk warna hijau. Keduanya memiliki rasa yang sama-sama nikmat, hanya dibedakan oleh bahan-bahan utama pembuatannya.

-->

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas resep sambal cibiuk warna hijau karena dibuat dari tomat hijau yang segar dan menyehatkan. Untuk membuat sambal cibiuk hijau, bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya bisa Sedulur simak dalam penjelasan di bawah ini.

Bahan yang dibutuhkan

PepperScale

Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya yaitu:

  • 4 buah tomat hijau, potong jadi empat bagian
  • 5 buah cabai rawit hijau
  • 1 buah cabai rawit besar
  • 3 siung bawang merah
  • 1 ikat kemangi
  • 1 sendok teh terasi yang sudah dibakar sebentar
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 ruas jari kencur
  • Garam secukupnya

Langkah membuatnya

Kompas

Setelah bahan utama Sedulur siapkan, langkah yang bisa Sedulur lakukan untuk membuatnya yaitu:

  1. Haluskan bawang merah, cabai rawit, terasi, kencur, gula pasir, dan garam hingga halus.
  2. Masukkan tomat dan ulek kasar hingga tomat agak hancur.
  3. Masukkan daun kemangi dan aduk lagi sampai tercampur merata. Sambal pun siap disajikan.

BACA JUGA: 10 Resep dan Cara Membuat Kwetiau Goreng Spesial, Praktis!

Tips agar semakin nikmat

Yummy

Hal yang perlu Sedulur perhatikan dalam membuat sambal yaitu saat menghaluskan bahan-bahannya agar saat disantap bisa sangat nikmat. Ada beberapa sambal dengan tekstur yang sangat halus, biasanya cara menghaluskan bahan-bahannya menggunakan blender atau food procecor.

Namun sambal cibiuk merupakan sambal dengan tekstur yang sambal yang kasar, maka agar semakin nikmat dan mirip dengan sambal cibiuk asli khas Garut, Sedulur hanya perlu menguleknya saja secara kasar tanpa harus halus dengan menggunakan blender.

Ide sambal lainnya

Dapur KOBE

Bagi Sedulur ingin membuat sambal lainnya, terdapat beberapa ide sambal lainnya. Salah satu yang mudah dibuat dan awet  tahan lama yaitu sambel goreng kentang. Selain mudah dibuat sambal goreng kentang cocok dengan berbagai menu makan.

Ada juga sambal lain seperti sambal goang yang hanya bisa dibuat dengan empat bahan saja, hanya cabai rawit, bawang putih, kencur, bawang merah dan sedikit cabai merah. Ada sambal hijau hingga sambal khas daerah lainnya. Sedulur bisa memilih sambal dengan menyesuaikan dengan lauk.

Nah itulah pembahasan resep sambal cibiuk yang bisa membuat makan Sedulur semakin nikmat dan menyegarkan. Agar semakin mudah membuat sambal di atas, Sedulur bisa membeli bahan-bahannya di Aplikasi Super.

Tersedia lengkap bahan untuk berbagai resep hingga bumbu dapur untuk kebutuhan memasak Sedulur. Ditambah, setiap pesanan Sedulur akan diantar ke depan rumah dengan tepat waktu dan akurat. Oleh karena itu, bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super, bisa segera download di PlayStore ya!