resep perkedel kentang kornet

Ada banyak sekali resep masakan sahur yang bisa dijadikan inspirasi. Salah satunya adalah resep perkedel kentang kornet. Lauk sahur ini bisa menjadi pilihan menu yang mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menyajikannya di atas meja makan. Lebih dari itu, rasanya yang gurih juga akan membuat siapapun merasa ketagihan.

Resep perkedel kentang kornet pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Sedulur. Hal ini karena kornet merupakan makanan favorit anak-anak dan orang dewasa yang tidak hanya cocok untuk lauk makan, namun juga bisa dijadikan camilan. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Ikuti resepnya di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Resep Kulit Ayam Crispy, Menu Mudah Untuk Sahur!

Resep Perkedel Kentang Kornet

resep perkedel kentang kornet
Resep Masakan Rumahan

Menu sahur perkedel kentang kornet akan membuat Sedulur dan keluarga di rumah makan dengan lahap. Rasanya yang lezat pasti akan memanjakan lidah dan membuat ibadah puasa semakin bersemangat.

-->

Bahan-bahan

Sebelum membuatnya, siapkan bahan-bahan berikut ini untuk 4 porsi perkedel kentang kornet yang lezat.

  • 400 g kentang, kupas, potong-potong
  • 6 butir bawang merah, haluskan
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica bubuk
  • 100 g kornet sapi
  • Minyak goreng
  • 2 putih telur

BACA JUGA: Menu Praktis Ramadan: Resep Tumis Kangkung Saus Tiram

Cara Membuat

resep perkedel kentang kornet
Lifestyle Okezone

Jika semua bahan sudah disiapkan, kini saatnya Sedulur membuat perkedel kentang kornet dengan mudah. Cukup dengan waktu kurang lebih 30 menit, Sedulur dan keluarga sudah bisa menyantapnya di waktu sahur.

  1. Goreng kentang menggunakan minyak yang banyak dan panas hingga matang. Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  2. Selagi dalam keadaan panas, segera haluskan kentang dengan cara ditumbuk. Jika sudah halus, sisihkan terlebih dulu.  
  3. Siapkan wajan dan panaskan 2 sdm minyak sisa menggoreng kentang.
  4. Tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga harum, lalu angkat dan tuang ke dalam wadah berisi kentang yang sudah ditumbuk.
  5. Tambahkan kornet dan 1 putih telur, aduk merata. 
  6. Masukkan juga daun bawang, garam, dan merica bubuk ke dalam adonan sebelumnya, lalu aduk kembali hingga rata.
  7. Ambil 1 sdm adonan, lalu bulatkan dan pipihkan adonan dengan tangan. Sedulur bisa melakukan proses ini hingga semua bahan habis.
  8. Celupkan adonan yang sudah dibentuk satu per satu ke dalam sisa putih telur, lalu segera goreng ke dalam minyak yang banyak panas.
  9. Masak perkedel kentang kornet hingga matang dan kecokelatan, lalu angkat dan tiriskan. 
  10. Sajikan di atas piring dan siap dinikmati.

BACA JUGA: Resep Ayam Fillet Saus Tiram Ala Restoran untuk Buka Puasa

Tips Pembuatan

kompas

Dalam pembuatan resep ini, ada beberapa tips yang bisa Sedulur perhatikan agar hasilnya memuaskan.

  • Cobalah untuk menggunakan jenis kentang tes, karena jenis tersebut memiliki kandungan pati yang lebih tinggi dari jenis lainnya, sehingga kentang tidak akan mudah hancur ketika digoreng.
  • Haluskan kentang dengan alat yang sudah dilapisi dengan plastik agar kentang yang sudah hancur tidak menempel.
  • Bulatkan adonan dengan tangan dan pipihkan sesuai bentuk yang diinginkan. Agar lebih menarik perhatian si kecil, Sedulur bisa membuat bentuk huruf, angka, ataupun lainnya.
  • Goreng dengan minyak yang banyak dengan api sedang agar perkedel kentang kornet bisa matang secara merata.

Wah, mudah sekali bukan resep perkedel kentang kornet di atas? Apakah Sedulur tertarik untuk membuatnya sebagai menu sahur nantinya? Jangan ragu-ragu, karena resep ini bisa Sedulur ikuti dengan mudah menggunakan bahan-bahan dan alat yang gampang didapatkan.

Bila ingin lebih mudah lagi, Sedulur bisa mulai belanja berbagai kebutuhan memasak dan bumbu dapur untuk bulan Ramadan nanti melalui Aplikasi Super. Jangan takut untuk belanja banyak, karena semakin banyak belanja Sedulur akan semakin untung. Sedulur bisa belanja banyak, mulai dari minyak goreng, tepung, gula, beras, hingga aneka bumbu dapur lainnya.

Ada berbagai diskon dan cashback menarik setiap transaksi, hingga harga grosir dan gratis ongkir untuk jumlah pembelian tertentu. Menarik sekali, bukan? Jangan sampai ketinggalan promonya, ya! Sedulur bisa download Aplikasi Super di PlayStore sekarang juga!