resep mendol tempe

Resep mendol tempe adalah kuliner khas Malang yang memiliki rasa gurih dengan aroma daun jeruk yang dominan. Resep tempe ini sangat nikmat untuk dijadikan lauk makan atau camilan di sore hari. Selain itu, hal yang lebih penting adalah membuat kuliner ini sangat mudah.

Bagi Sedulur yang penasaran dan ingin membuat mendol tempe Malang sendiri di rumah, artikel kali ini akan sangat cocok untuk Sedulur jadikan panduan dalam membuat makanan khas Malang satu ini. Seperti apa bahan yang dibutuhkan dan langkah membuatnya? Yuk, mari simak langkahnya di sini!

BACA JUGA: 5 Kreasi Resep Tempe Penyet Enak, Pedas untuk Keluarga

Bahan yang dibutuhkan

resep mendol tempe
Kompas

Bahan utama yang wajib Sedulur siapkan dalam resep mendol tempe adalah sebagai berikut.

-->
  • 300 gram tempe yang bagus kualitasnya
  • 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, iris halus
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
  • 1 sdm kaldu jamur
  • 1/2 sdt gula pasir

Bumbu yang harus disiapkan

Jabar Ekspres

Agar resep mendol tempe sederhana makin nikmat, Sedulur perlu menyiapkan bumbu-bumbu di bawah ini.

  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 2 cm kencur
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 2 sdt garam

Potong dan haluskan tempe

resep mendol tempe
Wikimedia

Setelah bahan dan bumbu disiapkan, Sedulur bisa menyiapkan terlebih dahulu tempe sebagai langkah pertama dalam resep mendol tempe tanpa kencur. Sedulur bisa membersihkan tempe dan memotong-motong tempe berukuran kecil. Lalu, remas-remas dengan menggunakan tangan.

Kemudian lanjut dengan menghaluskan tempe menggunakan ulekan. Pastikan tempe benar-benar halus agar ketika diberikan bumbu, bumbu akan menyerap sempurna pada tempe.

BACA JUGA: 12 Resep Sosis Solo Enak & Gurih untuk Camilan di Rumah

Langkah selanjutnya

Portal Madura

Setelah tempe benar-benar halus, Sedulur bisa melakukan langkah selanjutnya dalam resep mendol tempe pedas sebagai berikut.

  1. Haluskan semua bahan bumbu yang telah disiapkan dengan menggunakan ulekan atau blender.
  2. Tambahkan ke dalam tempe halus.
  3. Masukkan kaldu jamur, daun jeruk, dan gula pasir.
  4. Remas-remas dengan tangan hingga semuanya tercampur rata.
  5. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan panjang.
  6. Goreng dalam minyak banyak dan panas hingga kering kecokelatan.
  7. Angkat dan tiriskan, resep tempe mendol busuk khas Malang selesai dan siap dinikimati.

Tips yang perlu Sedulur perhatikan

Remas

Agar resep mendol tempe busuk tidak gagal, Sedulur perlu memperhatikan beberapa hal sebagai tips. Tips-tips yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Mendol tempe lebih enak dibuat dari tempe semangit. Biarkan tempe di suhu ruangan selama 2 hari hingga agak basah. Aroma sangit jadi ciri khas tempe ini.
  • Jika memakai tempe segar pastikan tempe sudah halus sebelum dicampurkan dengan bumbunya.

Itulah resep mendol tempe khas Malang beserta dengan tips yang harus Sedulur perhatikan. Beberapa hari lagi kita akan melaksanakan ibadah puasa. Mendol tempe khas Malang bisa menjadi salah satu santapan untuk buka puasa. Selain langkah membuatnya yang super mudah, bahan-bahan yang Sedulur siapkan pun tidak sulit didapatkan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!