Resep Lentho Kacang Tolo, Menu Pelengkap Sajian Jawa Timur

Unsplash/Allen Gong

Bicara soal kuliner khas Jawa Timur, mungkin sebagian orang lebih familier dengan makanan berat seperti rawon dan lontong balap. Namun sebenarnya Jawa Timur juga memiliki beraneka ragam kuliner berupa camilan yang cocok disantap sebagai teman bersantai ataupun pelengkap menu utama. Satu di antaranya adalah lentho, gorengan dengan cita rasa khas yang terbuat dari kacang-kacangan.

Tak hanya lezat, lentho juga cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah, lo. Oleh karenanya, Sedulur juga bisa memilih kuliner satu ini sebagai pelengkap di meja makan ataupun untuk camilan saat bersantai bersama keluarga.

Penasaran dengan kelezatan lentho khas Jawa Timur? Berikut ini sudah dirangkum resep lento kacang tolo yang lezat dan praktis untuk dicoba.

BACA JUGA: Keunikan dan Resep Pecel Punten Blitar yang Lezat dan Gurih

Lentho Khas Jawa Timur

resep lentho
Unsplash/Ed

Lentho adalah makanan khas Jawa Timur yang terbuat dari kacang-kacangan. Utamanya, makanan ini biasa dibuat dari bahan kacang tolo. Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lentho atau ditulis sebagai lento dalam bahasa Indonesia adalah camilan yang terbuat dari kacang tolo yang ditumbuh, dibumbui, dikepal dengan tangan, kemudian digoreng.

Proses pembuatan tersebut membuat lento memiliki tekstur garing di luar dan padat di dalam. Adapun di Jawa Timur sendiri, lento juga terkadang dibuat dengan bahan kacang hijau.

Bisa Jadi Camilan Dan Lauk Pendamping

Sebagai camilan, lento biasa disajikan sebagai teman minum teh atau bersantai, baik pada pagi hari maupun sore hari. Ukuran camilan lento sendiri agak besar seperti halnya kebanyakan gorengan.

Kendati demikian, lento ternyata juga kerap disajikan sebagai pelengkap beragam kuliner khas Jawa Timur. Salah satu makanan yang biasa dilengkapi dengan lento adalah lontong balap. Nah, biasanya lento yang disajikan dalam hidangan lontong balap memiliki ukuran cenderung lebih kecil dibandingkan lento camilan.

BACA JUGA: Kue Apen, Jajanan Manis dan Legit Khas Sumenep

Resep Lentho Kacang Tholo

resep lentho
Unsplash/Raghav Modi

Jika dilihat sekilas, lento memiliki tampilan mirip dengan perkedel yang biasa dibuat dengan kentang. Apalagi keduanya sama-sama terbuat dari adonan yang dibentuk dan digoreng. Akan tetapi, lento memiliki tekstur yang cenderung lebih padat.

Lento sendiri banyak dijual di warung-warung di berbagai daerah di Jawa Timur. Biasanya lento dijual per satuan seperti halnya gorengan lainnya. Sementara itu, Sedulur yang berada di luar Jawa Timur juga bisa mencicipi lento dengan cara membuatnya sendiri di rumah. Terlebih cara pembuatan lento ternyata cukup mudah untuk diikuti.

Secara umum, cara pembuatan lento dimulai dengan menumbuk kacang, lalu mencampurkannya dengan bumbu dan adonan tepung atau parutan singkong. Selanjutnya, lento dibentuk memanjang sehingga menyerupai perkedel, lalu digoreng.

Agar lebih jelas, berikut sudah dirangkum resep lentho khas Jawa Timur yang bisa Sedulur coba di rumah. Catat bahan-bahan dan cara membuatnya, ya.

Bahan

Langkah pertama yang harus Sedulur lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan untuk membuat lentho. Seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya, lentho merupakan makanan yang terbuat dari bahan utama berupa kacang tolo. Selain itu, ada juga parutan singkong sebagai campurannya. Nah, berikut bahan-bahan pembuatan letho selengkapnya.

  • 100 gram kacang tolo, rendam selama 3 jam lalu tiriskan
  • 300 gram parutan singkong
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Minyak Goreng Perirasa

Bahan untuk bumbu halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 cm kencur
  • 1/2 sdt ketumbar

Cara Membuat

Setelah semua bahan siap, Sedulur bisa mulai membuat lento atau lentho dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, haluskan semua bahan untuk bumbu halus. Sisihkan.
  • Siapkan wadah, lalu campurkan singkong parut, kacang tolo, dan bumbu halus. Aduk sampai tercampur rata.
  • Tambahkan gula, garam, dan kaldu bubuk sesuai selera. Aduk kembali.
  • Bentuk adonan menjadi oval atau sesuai selera Sedulur.
  • Sembari membentuk adonan, Sedulur bisa mulai memanaskan minyak di wajan.
  • Goreng semua adonan lentho yang sudah dibentuk sampai cokelat keemasan. Angkat, lalu tiriskan.
  • Lentho siap disajikan.

Oia, selain memasak menggunakan Minyak Goreng Perirasa yang sudah Jelas Hematnya dan Jelas Rasanya, Sedulur jangan lupa untuk memilih beras yang Jelas Kualitasnya juga dari Perirasa.

Perirasa

Sedulur bisa memilih variasi beras mulai dari Beras Perirasa Hijau yang jelas berkualitas premium dan Beras Perirasa Biru yang jelas ramah di kantong. Sedulur tidak perlu khawatir karena Perirasa mudah ditemukan dimana saja.

Kamu bisa mendapatkan produk-produk Perirasa di SuperApp, Blibli, Shopee GSA, TikTok Shop GSA, Tokopedia GSA, Supermarket di kota-kota di Jawa Timur (Sakinah, Besmart Ai, dan masih banyak lagi), serta warung kelontong terdekat. Untuk informasi lengkap tentang Perirasa, bisa langsung buka Website Perirasa atau akun Instagram Perirasa.

Tips membuat lentho

Agar lentho buatan Sedulur makin nikmat, berikut ada beberapa tip yang bisa Sedulur ikuti. Tambahkan tepung maizena ke dalam adonan. Penambahan tepung maizena akan membantu adonan menjadi lebih merekat.

Goreng menggunakan api sedang agar lentho tidak gosong dan mencapai kematangan yang pas.

Itu dia resep beserta rangkuman informasi seputar lentho, kuliner khas Jawa Timur yang nikmat dan bikin ketagihan. Sedulur bisa menyajikan lentho di rumah sebagai camilan maupun menu pendamping saat makan bersama keluarga.