Sedulur harus tahu resep ikan bakar padang, agar bisa membuat sendiri di rumah!

Salah satu resep ikan bakar yang disukai adalah ikan bakar padang. Bumbu ikan bakar padang terkenal nikmat dan lezat. Sedulur wajib mencobanya sendiri di rumah. Superapp.id dalam kesempatan ini akan membahas resep ikan bakar padang yang mudah dibuat.

Penjelasan juga akan disertai dengan cara membuat ikan bakar padang, cara membuat ikan bakar bumbu padang beserta resep ikan bakar padang tanpa santan. Namun, tidak akan nikmat ikan bakar padang jika menggunakan bumbu yang tidak menggunakan santan. Yuk, mendingan langsung simak saja ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: 8 Resep Kornet Enak & Mudah Dibuat. Kamu Sudah Coba?

Resep Ikan Bakar Padang dan Cara Membuatnya

1. Bahan yang Dibutuhkan

1.   Bahan yang Dibutuhkan
id.openrice.com

Dalam resep ikan bakar padang, Sedulur membutuhkan bahan yaitu:

  • 3 ekor ikan nila sekitar 700 gram, belah di bagian punggung lebarkan, cuci bersih beri perasaan air jeruk nipis, sisihkan di kulkas
  • 150 ml santan kental dari perasan pertama
  • 1 batang serai memarkan
  • 1 lembar daun kunyit, sobek-sobek simpulkan
  • 4 lembar daun jeruk sobek-sobek
  • garam, kaldu jamur dan sedikit gula pasir
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 6 buah cabai merah keriting/ sesuai selera
  • sedikit kunyit, jahe, dan lengkuas

2. Mengolah Ikan Terlebih Dahulu

2.   Mengolah Ikan Terlebih Dahulu
liputan6.com

Setelah bahan terkumpul, langkah pertama dalam resep ikan bakar padang yang harus Sedulur lakukan adalah membersihkan ikan dan membelah bagian punggung ikan lalu lebarkan. Cuci kembali hingga bersih, lalu beri perasan air jeruk nipis dan taburi garam agar hilang bau amisnya. Diamkan ikan dalam kulkas, dan marinasi selama 10 menit hingga 20 menit.

3. Membuat Bumbu Halus dan Menumisnya

3.   Membuat Bumbu Halus dan Menumisnya
sajiansedap.grid.id

Langkah selanjutnya dalam resep ikan bakar padang adalah membuat bumbu halus dan menumisnya. Setelah bahan terkumpul, cara pertama adalah menghaluskan terlebih dahulu bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan kunyit, jahe lalu lengkuas. Lalu tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan batang serai, daun kunyit, dan daun jeruk. Tumis hingga bumbu halus matang dan mengeluarkan minyak. Selanjutnya masukkan santan dan aduk rata. Beri garam, kaldu jamur, dan sedikit gula. Masak terus hingga menyusut dan mengental. Lalu campurkan bumbu dengan ikan.

4. Bakar Ikan Hingga Matang

4.   Bakar Ikan Hingga Matang
langsungenak.com

Langkah terakhir dalam  resep ikan bakar padang adalah membakarnya. Selah ikan dicampurkan dengan bumbu halus dan didiamkan dalam kulkas, Sedulur siapkan pemanggang untuk dibakar hingga matang dan jangan lupa untuk dibalikkan. Jangan lupa juga untuk sambil mengoleskan bumbu yang tersisa pada ikan saat dibakar. Setelah ikan matang, angkat ikan dan tiriskan. Resep ikan bakar padang pun siap disajikan.

Melihat penjelasan di atas, cukup mudah membuat ikan bakar padang. Sedulur tidak perlu repot mengeluarkan uang untuk membeli ikan bakar padang di rumah makan padang. Sedulur tinggal menyiapkan bahan dan membuatnya sendiri. Jika ingin lebih murah, Sedulur tinggal membeli bahan-bahannya di Aplikasi Super.

Baca Juga: Resep Lobster Saus Tiram Super Lezat & Mudah Dibuat

Beli Bahan Membuat Ikan Bakar Padang di Aplikasi Super

Beli Bahan Membuat Ikan Bakar Padang di Aplikasi Super
superapp.id

Semoga daftar resep ikan bakar di atas bisa menambah referensi masakan Sedulur di rumah. Jangan lupa untuk membeli bahan membuat ikan bakar padang di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan bahan yang lengkap dan berkualitas dengan harga yang sangat murah. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super di smartphone Sedulur.

Jangan lupa pantengin terus Aplikasi Super, karena akan ada flash sale bernama Super Bohay yang pelaksanaannya diperpanjang hingga tanggal 20 Desember 2020 nanti. Jangan sampai Sedulur menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Sedulur bisa klik di sini untuk mempelajari Super Bohay lebih lanjut. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi, terdapat banyak program menarik yang bisa Sedulur ikuti untuk mendapatkan keuntungan.