resep galantin ayam

Sedulur mungkin penasaran bagaimana cara membuat resep galantin ayam. Perlu diakui, tidak banyak masyarakat yang mengetahui kuliner galantin ayam. Makanan ini sendiri bisa dikatakan kuliner mahal karena hanya dapat ditemui di restoran saja. Itu pun tidak semua restoran menyajikan menu kuliner ini.

Resep galantin ayam dikenal di Indonesia akibat adanya penjajahan dari Belanda. Para penjajah ketika berada di Indonesia membawa beberapa kebudayaannya, termasuk budaya makan mereka. Salah satu yang dibawa dan diperkenalkan adalah makanan galantin ini.

BACA JUGA: Resep Sambal Bajak Pedas, Pelengkap Makanan Keluarga

Mengenal galantin ayam

resep galatin ayam
Tribun Jateng

Pada dasarnya, galantin merupakan daging yang diolah halus kemudian dimasak dan dibentuk menyerupai sosis berukuran besar. Selanjutnya, disajikan dengan cara dipotong dan disiram saus menyerupai bistik. Sedulur tidak bisa sembarang menemukan makanan ini, hanya di beberapa restoran saja.

-->

Biasanya, galantin menggunakan bahan baku daging sapi. Namun, seiring dengan berbagai percobaan, akhirnya tercipta cara masak galantin ayam simpel yang menggunakan daging ayam. Penggunaan daging ayam lebih praktis. Harga daging ayam pun lebih terjangkau dibanding daging sapi.

Nah, dalam pembahasan resep kali ini, mari membahas resep galantin sederhana, dengan bahan yang mudah Sedulur dapatkan. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Bahan utama yang dibutuhkan

Resep Masakan Indonesia

Dalam resep galantin ayam roti tawar atau diolah dengan cara lainnya, Sedulur membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut.

  • 500 gram daging ayam cincang
  • 1 lembar roti tawar, potong-potong
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan irisan halus daun bawang

Saus galantin ayam

resep galatin ayam
IDN Times

Resep galantin ayam sapi tidak akan nikmat tanpa disajikan dengan saus. Berikut bahan-bahan yang wajib Sedulur siapkan untuk membuat sausnya.

  • 2 sendok makan margarin
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 20 gram bawang bombay, cincang
  • 6 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok teh garam
  • 500 ml kaldu
  • 1 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Selain bahan saus di atas, Sedulur juga dapat menyiapkan beberapa sayuran seperti buncis, selada, wortel sebagai bahan pelengkap dalam resep galantin ayam kecap. Sajian galantin akan lebih spesial lagi.

BACA JUGA: 5 Kreasi Resep Tempe Penyet Enak, Pedas untuk Keluarga

Langkah membuatnya

Resep Dapur Mama

Setelah bahan-bahan Sedulur siapkan, selanjutnya dalam resep galantin ayam saus asam manis adalah langkah membuatnya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Sedulur lakukan.

  1. Masukkan semua bahan ke dalam food processor, proses hingga lembut.
  2. Ratakan adonan daging di atas selembar plastik.
  3. Gulung hingga rapi. Bungkus rapat.
  4. Kukus dalam kukusan panas selama 30 menit hingga matang. Angkat dan dinginkan. Goreng dalam minyak panas hingga warnanya kecokelatan.
  5. Potong-potong melintang 1 cm, lalu sajikan dengan saus dan pelengkapnya.

Setelah cara membuat galantin selesai, Sedulur bisa lanjut membuat sausnya. Berikut langkah membuatnya.

  1. Tumis bawang bombay hingga layu.
  2. Masukkan bahan lainnya, kemudian tuang larutan maizena.
  3. Didihkan hingga kental, lalu angkat dan siram di atas galantin yang telah disiapkan.

Tips membuat galantin ayam

resep galatin ayam
Cookpad

Saat membuat resep galantin ayam kentang di atas, sebaiknya simak beberapa tips agar Sedulur tidak kesulitan dalam memasaknya. Berikut ini beberapa tipsnya.

  • Jika tidak ada food processor, campurkan daging ayam giling dengan bahan-bahan lain menggunakan tangan. Uleni hingga tercampur rata.
  • Setelah dibungkus bentuk silinder dan dikukus matang, dinginkan galantin. Saat menggoreng pastikan seluruh sisinya matang dan kering.
  • Sebagai pelengkap, bisa tambah daun selada dan kentang goreng.

Itulah pembahasan terkait cara membuat dan resep galantin ayam. Semoga resep di atas bisa menjadi alternatif bagi Sedulur yang ingin memasak makanan khas Eropa. Jika melihat bahan-bahan dan cara membuatnya, Sedulur pasti mampu menerapkannya, dengan catatan menyiapkan setiap bahan, mengikuti langkah membuatnya, serta memperhatikan tips di atas. Selamat mencoba!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.