resep es sari kacang hijau

Ada banyak olahan makanan maupun minuman yang bisa dibuat dengan bahan kacang hijau. Salah satunya adalah resep es sari kacang hijau yang segar dan nikmat. Tak hanya itu, minuman satu ini juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh, lho. Tertarik mencoba? Berikut resep es sari kacang hijau selengkapnya!

BACA JUGA: Resep Es Sirsak Susu, Full Vitamin yang Nyegerin Badan!

Resep Es Sari Kacang Hijau

resep es sari kacang hijau
Fimela

Es sari kacang hijau merupakan minuman khas Pontianak yang juga populer di berbagai daerah. Sesuai namanya, minuman ini dibuat dengan bahan utama kacang hijau yang diblender dan kemudian disaring. Proses tersebut membuat es sari kacang hijau memiliki tekstur lembut sekaligus ringan sehingga menyegarkan saat diminum.

Tak hanya segar dan nikmat, es sari kacang hijau juga kaya akan manfaat untuk tubuh. Salah satunya baik untuk pencernaan karena memiliki kandungan serat. Selain itu ada juga asam folat atau vitamin B9 yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh.

Bahan yang Dibutuhkan

Asian Inspiration

Berikut bahan-bahan yang Sedulur butuhkan untuk membuat resep es sari kacang hijau.

  • 250 gram kacang hijau, rendam selama 2 jam
  • 150 ml santan kental
  • 500 ml air
  • 4 sachet susu kental manis full cream
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • Garam secukupnya
  • Pasta pandan secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat

Pexels

Setelah semua bahan yang dibutuhkan siap, Sedulur bisa mulai membuat es sari kacang hijau dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Rebus kacang hijau yang sudah direndam hingga merekah. Kemudian, tiriskan dan sisihkan.
  2. Tuang santan ke dalam panci. Tambahkan air, gula pasir, garam, dan daun pandan. Masak sambil terus diaduk hingga mendidih.
  3. Selanjutnya, tuang kacang hijau dan santan ke dalam blender. Sedulur juga bisa menggunakan food processor jika tidak ada blender.
  4. Tambahkan pasta pandan. Kemudian, haluskan sampai semua bahan tercampur rata dan kacang hijau menjadi halus.
  5. Saring campuran tadi dan buang ampasnya.
  6. Tuang ke gelas saji, lalu tambahkan susu kental manis dan es batu sesuai selera.
  7. Es sari kacang hijau siap dinikmati.

Itu dia resep es sari kacang hijau yang segar dan pastinya nikmat. Resep di atas bisa menjadi alternatif pilihan minuman yang menyegarkan saat cuaca panas maupun agar badan tetap bersemangat di tengah teriknya matahari.

Jangan khawatir, bahan-bahan untuk membuat minuman segar ini sangat mudah ditemukan dan tersedia di toko kelontong sekitar rumahmu dan Aplikasi SuperAplikasi Super adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah.

Bagaimana, menarik banget ‘kan? Jadi selamat mencoba hidangan resep kali ini ya!