Resep cheese stick

Resep cheese stick perlu Sedulur ketahui agar Sedulur bisa membuat camilan sehat dan nikmat sendiri di rumah, tanpa harus repot membelinya. Bahkan, membuat camilan sendiri bisa lebih hemat ketimbang membelinya.

Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama seperti apa resep cheese stick yang bisa Sedulur buat sendiri di rumah, dijamin anti gagal, dengan rasa gurih dan mudah dibuat. Yuk, mari langsung kita simak resepnya di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Resep Kue Natal Paling Favorit dan Populer Yang Praktis

Cara membuat dan resep cheese stick

Cheese stick merupakan camilan menarik yang bisa Sedulur buat, tidak perlu menunggu momen tertentu untuk membuat cheese stick. Hari-hari biasa juga tidak ada salahnya membuat cheese stick, karena bisa menjadi teman camilan Sedulur di rumah.

-->

Bahan yang dibutuhkan

resep cheese stick
iStock

Dalam resep cheese stick, bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya yaitu:

  • 200 gr tepung terigu
  • 30 gr tepung kanji
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 150 gr keju cheddar, parut
  • 75 gr margarin, lelehkan
  • 2 butir telur, kocok sebentar
  • 1 sdm air (bila perlu)
  • ml minyak goreng

Cara membuatnya

resep cheese stick
iStock

Setelah bahan terkumpul langkah membuatnya yaitu:

  1. Campur tepung terigu, tepung kanji, merica, garam dan keju parut dalam mangkuk, aduk hingga rata. Masukkan margarin dan telur. Uleni hingga adonan licin/kalis. Bila perlu, tambahkan 1 sdm air.
  2. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Gilas masing-masing adonan hingga pipih.
  3. Masukkan adonan yang sudah dipipihkan ke dalam alat pembuat mi dan putar, gunakan tombol ketebalan 3 atau 4 hingga adonan tipis sesuai yang dikehendaki.
  4. Lalu, pasang alat pemotong mi, putar dan gunakan tombol sesuai lebar yang dikehendaki, potong adonan yang keluar menjadi sepanjang ± 8 cm.
  5. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan di atas api sedang. Masukkan adonan yang sudah dipotong-potong ke dalam minyak panas, sedikit demi sedikit, goreng hingga kuning kecokelatan, angkat, tiriskan.

Langkah membuatnya sangat mudah dan Sedulur bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun, jika Sedulur membuat dalam jumlah banyak, Sedulur bisa meminta bantuan anggota keluarga dalam proses pembuatannya. Karena tentu bahan yang digunakan akan semakin banyak.

Tips yang perlu diperhatikan

iStock

Ada beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan sebagai tips saaat membuat cheese stick, tips yang dimaksud yaitu:

  • Penggunaan keju cheddar bisa diganti dengan keju parmesan, edam, atau campuran dari ketiganya, sesuai selera.
  • Jika suka, bisa mengganti margarin biasa dengan margarin bawang putih siap pakai, untuk kreasi cheese stick bawang.

BACA JUGA: 5 Resep Kue Kering Cocok Untuk Suguhan Lebaran!

Cara menyimpan cheese stick

iStock

Agar cheese stick bisa bertahan lama, terutama jika Sedulur membuatnya dalam jumlah banyak untuk waktu yang lama, tentu Sedulur harus mengetahui cara menyimpan cheese stick yang benar. Pada dasarnya, menyimpan cheese stick agar tahan lama yang paling penting kedap udara.

Ketika disimpan dengan rapi yang kedap udara, cheese stick dijamin akan tahan lama. Bahkan kerenyahannya bisa bertahan lama. Namun jika Sedulur menyimpan cheese stick secara sembarangan dan tidak kedap udara, kerenyahan cheese stick tidak akan bertahan lama.

Sedulur bisa menggunakan topless yang dapat menjamin agar udara dari luar tidak masuk. Sehingga sebagai camilan nikmat, cheese stick bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Itulah resep cheese stick beserta tips yang perlu diperhatikan dan bagaimana cara menyimpannya yang baik. Semoga resep camilan di atas bisa bermanfaat bagi Sedulur dan bisa memberikan rekomendasi camilan sehat yang dibuat sendiri di rumah.

Sedulur dapat beli kebutuhan memasak di Aplikasi Super. Produknya lengkap mulai dari minyak, mentega, tepung, hingga bumbu dapur. Harganya terjangkau dengan banyak promo menarik dan gratis ongkir setiap hari. Jadi buruan gunakan sekarang juga! Cukup download Aplikasi Super di Google PlayStore, Sedulur sudah bisa belanja kebutuhan rumah tangga sepuasnya.