resep ayam kentucky

Di Indonesia, ayam menjadi bahan yang paling sering digunakan dalam masakan sehari-hari. Salah satu yang populer adalah resep ayam kentucky. Kentucky sebenarnya merupakan bagian merek ayam goreng krispi dari waralaba asal Amerika, yakni Kentucky Fried Chicken (KFC). Hanya saja, istilah ini sudah cukup umum digunakan masyarakat Indonesia untuk menyebut ayam goreng tepung.

Ayam goreng tepung atau ayam kentucky adalah olahan yang sudah mendunia. Tekstur kulit yang kriuk dan dagingnya lembut terasa sangat nikmat sehingga hampir semua orang menyukainya. Ingin membuat ayam kentucky sendiri di rumah? Sedulur bisa mencoba resep ayam kentucky kriuk ala rumahan di bawah ini. Tenang saja, rasanya tidak kalah gurih dan enak seperti resep ayam kentucky untuk dijual di KFC. Yuk, langsung simak!

BACA JUGA: 14 Resep Bumbu Sop Ayam Nikmat, Segar, Menggugah Selera

Resep ayam kentucky rumahan

resep ayam kentucky
Freepik

Pembuatan resep ayam kentucky sangatlah mudah. Sedulur bisa bikin di rumah dengan bahan-bahan sederhana seperti ayam, tepung terigu, susu, garam, gula pasir, dan sebagainya. Ada banyak resep untuk membuat ayam kentucky, namun yang akan dibahas kali ini adalah resep ayam kentucky susu. Penggunaan susu membuat rasa ayam lebih empuk, gurih, dan renyah. Menu ini cocok dimakan sebagai lauk maupun camilan untuk di waktu santai.

-->

Bahan yang dibutuhkan

Freepik

Untuk membuatnya, Sedulur perlu menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Berikut rinciannya.

  • 1 ekor ayam negeri, potong menjadi 8 bagian
  • 1 liter susu cair
  • 25 gram gula pasir
  • 25 gram garam halus
  • 3 sendok makan cuka makan

Bumbu adonan kering

resep ayam kentucky
Freepik
  • 500 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/3 sendok makan ketumbar bubuk
  • 1/3 sendok makan cabai bubuk
  • 1 sendok makan bawang putih bubuk
  • 1/3 sendok makan oregano kering
  • 1/2 sendok makan jahe bubuk
  • 1/2 sendok makan lada hitam bubuk
  • 1/2 sendok makan lada putih bubuk
  • 1/2 sendok teh cengkeh bubuk
  • 1/2 sendok teh jintan bubuk
  • 2 sendok teh garam halus
  • 1/3 sendok makan baking powder

BACA JUGA: Resep Ayam Mentega ala Restoran untuk Makanan Keluarga

Bersihkan ayam terlebih dahulu

Freepik

Sebelum mengikuti cara membuat ayam kentucky dengan tepung terigu, Sedulur perlu memastikan bahwa ayam sudah dalam kondisi bersih. Potong 1 ekor ayam menjadi 8 bagian. Bersihkan ayam dengan air mengalir. Setelah itu, baluri seluruh daging ayam dengan perasan jeruk nipis supaya tidak bau amis. Sisihkan.

Berikutnya, buatlah campuran susu cair, gula, garam, dan cuka. Aduk rata hingga gula larut. Masukkan ayam yang sudah bersih, lalu terapkan teknik brine (semacam marinasi, namun menggunakan banyak cairan supaya ayam empuk dan bumbu meresap). Brine selama minimal 8 jam atau biarkan 24 jam di dalam kulkas. Pastikan tiap potongan ayam terendam cairan dan tutup bagian atas wadah menggunakan plastik wrap.

Cara membuat ayam kentucky renyah dan gurih

Freepik

Setelah ayam dibiarkan semalaman di kulkas, selanjutnya Sedulur bisa mengikuti tahapan berikut ini.

  1. Siapkan bumbu adonan kering, campur semuanya dalam satu wadah. Aduk rata.
  2. Ambil sekitar 3 sendok makan adonan kering, beri air secukupnya. Aduk hingga larut dan encer.
  3. Ambil ayam dari dalam rendaman susu, lalu masukkan dalam adonan kering. Setelah itu, celup ke dalam adonan encer.
  4. Gulingkan kembali ke dalam adonan kering. Pastikan adonan kering menutupi seluruh permukaan ayam. Lakukan cara yang sama untuk sisa ayam.
  5. Panaskan minyak agak banyak, goreng ayam hingga kuning kecokelatan atau sampai matang. Angkat dan tiriskan.
  6. Ayam kentucky pakai susu siap disajikan.

Tips memasak resep ayam goreng kriuk

resep ayam kentucky
Freepik

Ada beberapa tips agar ayam kentucky yang Sedulur buat makin lezat dan teksturnya renyah. Tips pertama, memukul-mukul daging dengan alat khusus yang mampu membuatnya lebih empuk. Selain makin empuk, bumbu yang dibalurkan juga lebih meresap. Tips ini bisa dilakukan sebelum ayam dicuci bersih.

Bila tidak ada alat pemukul daging, Sedulur bisa menggunakan garpu untuk melubangi beberapa bagian daging ayam. Cara ini sama efektifnya dengan memukul daging.

Tips selanjutnya, goreng ayam kentucky dengan api sedang. Jangan terburu-buru dibalik karena masih ada kemungkinan daging bagian dalam belum matang. Untuk mendapatkan hasil yang baik, disarankan menggoreng ayam sebanyak 2 kali. Goreng ayam sekitar 12 menit (ayam memiliki tulang) dan 5 menit (ayam tanpa tulang). Diamkan sekitar 20 menit, lalu goreng kembali sekitar 5 menit (ayam memiliki tulang) dan 2 menit (ayam tanpa tulang).

Demikian pembahasan mengenai resep kentucky yang bisa Sedulur coba. Semoga bisa menjadi referensi menu makanan di rumah. Jangan lupa menggunakan bahan-bahan berkualitas agar cita rasa ayam kentucky tetap terjaga. Selain itu, pastikan menggunakan ayam segar. Makin segar ayam, maka makin enak rasanya. Ini berpengaruh pada rasa & tekstur ayam nantinya ketika sudah digoreng. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!