perkedel jagung

Perkedel jagung merupakan salah satu varian menu dari perkedel kentang. Lauk makan ini sering kali jadi pilihan setiap ibu untuk memberikan nutrisi yang cukup bagi anggota keluarganya di rumah. Selain nutrisi yang lengkap, resep perkedel ini juga super mudah dan sangat praktis.

Kali ini mari bahas bersama cara membuat perkedel jagung simple yang bisa Sedulur praktikkan langsung di rumah. Seperti apa resep dan langkah membuatnya? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Baso Aci Kuah Enak untuk Jualan & Cemilan di Rumah

1. Bahan yang dibutuhkan

perkedel jagung
Kabar Dunia

Bahan yang Sedulur butuhkan untuk membuat perkedel jagung Padang adalah sebagai berikut.

-->
  • 4 buah jagung manis
  • 1 butir telur
  • 6 sendok tepung terigu atau sesuai selera
  • 2 batang daun seledri cincang halus
  • 2 batang daun bawang dicincag halus
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh penyedap rasa
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

2. Bahan bumbu halus

IDN Times

Dalam bahan di atas, terdapat satu buah telur. Penggunaan telur sebenarnya opsional, Sedulur bisa membuat perkedel jagung tanpa telur. Selain bahan utama di atas, Sedulur juga wajib menyiapkan bahan sebagai bumbu halus.

  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica butir atau lada bubuk

3. Kupas jagung terlebih dahulu

perkedel jagung
Bukalapak

Langkah pertama dalam cara membuat perkedel jagung yang dihaluskan yaitu dengan mengupas jagung terlebih dahulu. Sedulur bisa menggunakan pisau untuk mengupas jagung. Setelah itu, cuci bersih jagung menggunakan air mengalir. Pastikan jagung benar-benar bersih, lalu sisihkan terlebih dahulu.

BACA JUGA: Resep Kastengel Keju yang Enak Lembut dan Renyah

4. Buat adonan perkedel

Bukalapak

Langkah selanjutnya dalam resep perkedel jagung pakai telur ini yaitu dengan membuat adonan perkedel. Sedulur bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Siapkan wadah yang cukup besar, masukkan telur, tepung terigu, daun seledri cincang, dan daun bawang cincang. Aduk rata.
  2. Jika adonan perkedel terlalu pekat, tambahkan sedikit air saja sampai adonan mengental.
  3. Kemudian, tambahkan bumbu halus dan beri garam serta penyedap rasa.
  4. Aduk rata adonan perkedel jagung dan jangan lupa koreksi rasa asinnya. Jika kurang asin, Sedulur bisa menambah sedikit garam lagi.

5. Goreng perkedel hingga matang

Resep Koki

Langkah terakhir dalam cara membuat perkedel jagung pedas yaitu dengan menggorengnya. Setelah adonan jadi, panaskan banyak minyak dalam wajan. Lalu, tuang adonan perkedel menggunakan sendok ke dalam wajan. Sedulur bisa bebas mencetak perkedel sesuai selera.

Goreng perkedel dengan api sedang sampai matang berwarna kuning keemasan. Setelah matang, angkat perkedel dan tiriskan. Lakukan hingga adonan habis. Sajikan perkedel jagung dan nikmati sebagai lauk makan bersama keluarga tercinta.

Sekian resep dan cara membuat perkedel jagung yang lembut super praktis. Sedulur bisa menjadikan resep perkedel ini sebagai menu makan hari ini untuk keluarga di rumah. Jangan lupa menyediakan setiap bahan yang dibutuhkan secara lengkap agar mudah membuatnya. Selamat memasak!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.