Odading Viral

Odading merupakan makanan yang viral beberapa waktu lalu. Sedulur ingin mencoba membuatnya sendiri? Simak caranya di bawah ini!

Odading cakwe merupakan dua buah camilan yang tidak bisa dipisahkan, yang satu dengan rasa manis dan nikmat, sementara cakwe memiliki rasa asin dengan kerenyahan yang nikmat. Beberapa waktu lalu, kuliner camilan ini viral karena akun Ade Londok. Beliau membuat video promosi odading dengan slogan yang viral dan kocak yaitu “odading mang oleh rasanya seperti anda menjadi iron man”.

Sejak slogan Ade Londok tersebut viral, camilan Mang Oleh pun kian ramai pengunjung dan banyak yang mencarinya. Kini tampak antrian pengunjung yang mengular di tenda Mang Oleh. Tak heran, banyak yang menjadikan camilan ini sebagai oleh-oleh dari Bandung.

Tapi Sedulur tak perlu repot mencari Mang Oleh dan pergi ke Bandung hanya demi mencicipi hidangan satu ini. Berbekal resep yang tepat, Sedulur bisa membuatnya sendiri. Resep odading anti gagal khas Mang Oleh ini bisa jadi andalan Sedulur. Agar Sedulur bisa menjadi iron man tanpa harus repot pergi jauh ke Bandung. Yuk, langsung kita simak ulasannya di bawah ini!

-->

Resep dan Cara Membuat Odading Viral

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
bola.com

Langkah pertama yang harus Sedulur lakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya. Bahan-bahan tersebut adalah:

  • 2 butir telur
  • 300 gram tepung terigu
  • 100 mili santan
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 1 sendok makan margarine/butter
  • Wijen putih secukupnya
  • Air secukupnya
  • Sejumput garam

2. Buat Adonan

2. Buat Adonan
mediago.id

Langkah pertama untuk membuat odading kekinian khas Mang Oleh yang viral, adalah dengan membuat adonan dari bahan-bahan yang telah dijelaskan di atas. Pertama, Sedulur campurkan telur, tepung terigu, santan, gula pasir, ragi dan susu bubuk. Lalu, aduk dan uleni hingga membentuk adonan.

Setelah itu, tambahkan garam, butter, dan air secara perlahan dan sambil diaduk agar adonan menjadi kalis secara merata. Aduk dan uleni terus adonan hingga kalis secara merata.

3. Diamkan Adonan

3. Diamkan Adonan
bola.com

Langkah selanjutnya, Sedulur bisa menyiapkan kain serbet yang basah, lalu tutup adonan dan diamkan selama satu jam. Tujuan proses proofing ini adalah agar adonan tetap lembap, tidak kering, dan bisa mengembang sempurna. Ragi yang digunakan dalam adonan dapat berfungsi mengembangkan adonan.

Setelah satu jam, dan adonan mengembang dengan cukup, Sedulur bisa memipihkan adonan hingga ketebalannya berukuran 1 cm. Selanjutnya, Sedulur potong-potong persegi panjang. Jangan langsung digoreng, Sedulur wajib proofing kembali selama 15 menit, agar adonan mengembang kembali.

Baca Juga: Resep Sari Roti Menjadi Berbagai Makanan Enak. Wajib Coba!

4. Goreng Adonan

4. Goreng Adonan
pikiran-rakyat.com

Ketika adonan telah mengembang dan 15 menit berlalu. Sedulur bisa menyiapkan minyak panas dalam jumlah yang banyak. Menggoreng odading wajib menggunakan minyak banyak dan dengan tingkat panas paling tinggi. Metode penggorengan tersebut disebut sebagai deep frying. Tujuannya agar odading bisa mengembang dengan sempurna. Goreng hingga kering dan berwarna kecoklatan.

5. Odading Siap Dinikmati!

5. Odading Siap Dinikmati!
liputan6.com

Setelah berwarna kecoklatan dan mengembang, Sedulur bisa mengangkat odading dan meniriskannya. Odading pun siap dinikmati. Untuk rasa yang lebih nikmat, Sedulur bisa menambahkan berbagai topping. Mulai dari yang paling sederhana menggunakan gula halus hingga menggunakan bubuk milo atau coklat. Topping apapun bisa digunakan tergantung selera Sedulur.

Baca Juga: 10+ Resep Kue & Jajanan dari Tepung Beras, Murah dan Enak

Beli Bahan Membuat Odading di Aplikasi Super!

Beli Bahan Bumbu Rawon di Aplikasi Super
superapp.id

Mudah ‘kan resep di atas? Nah, bagi Sedulur yang memiliki anak, bisa mencoba aktivitas seru bersama anak-anak yakni membuat odading. Dijamin anak-anak akan senang menguleni serta membentuk adonan sesuai dengan kreativitas masing-masing.

Setelah Sedulur menyimak resep di atas, langkah pertama yang perlu Sedulur lakukan adalah menyiapkan segala bahan yang dibutuhkan. Sedulur bisa membeli bahan dalam resep di atas dari Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan ragam bahan secara lengkap. Mulai dari terigu, gula, ragi hingga minyak tersedia.

Yuk segera install Aplikasi Super. Belanja jadi mudah, murah, dan menyenangkan. Tinggal klik, pesanan akan langsung diantar ke rumah Sedulur!