Nasi Tahu Ponorogo yang Lezat dan Menggoyang Lidah

Unsplash/Arfan Husni

Kalau di Magelang, Jawa Tengah ada kupat tahu. Jawa Timur juga tidak mau kalah dan tersohor dengan nasi tahu Ponorogo. Makanan khas Kota Reog ini memang jadi salah satu menu spesial apabila Sedulur tiba di Ponorogo.

Memiliki ciri khas pada rasanya yang gurih, manis dan pedas. Nasi tahu Ponorogo tentu wajib banget untuk dicicipi oleh para wisatawan yang ingin merasakan sensasi kuliner Jawa Timur yang unik dan tiada duanya.

Nah, bagi Sedulur yang penasaran tentang nasi tahu Ponorogo dan ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah. Kami sudah menyiapkan ulasan lengkap tentang makanan unik ini di bawah ya!

BACA JUGA: Resep Lontong Pecel Sayur Jawa Timur yang Simpel dan Enak

Nasi Tahu Ponorogo

tahu tek surabaya
Unsplash/Caroline Attwood

Nasi Tahu, atau Sego Tahu dalam bahasa Jawa, terdiri dari nasi hangat yang dikelilingi oleh lauk tahu yang istimewa. Tahu putih dipotong dadu dan dimasak bersama telur setengah matang, menghasilkan tekstur lembut dan rasa gurih yang meresap.

Perpaduan ini kemudian disiram dengan bumbu kecap manis yang kaya rasa, menghadirkan sentuhan manis yang seimbang. Tidak hanya itu, Nasi Tahu Ponorogo juga dilengkapi dengan taburan bawang goreng, kacang tanah goreng, dan seledri potong yang masih segar.

Adanya taburan bawang goreng juga memberikan aroma harum dan tekstur renyah, sedangkan kacang tanah goreng menambah rasa gurih dan sedikit manis. Sentuhan seledri segar memberikan kesegaran dan aroma herbal yang melengkapi hidangan ini.

Setiap suapan Nasi Tahu menghadirkan sensasi rasa yang kompleks dan tekstur yang beragam. Gurihnya tahu dan telur berpadu sempurna dengan manisnya kecap, renyahnya bawang goreng, dan gurihnya kacang tanah.

Nasi Tahu Ponorogo adalah hidangan sederhana yang mencerminkan kekayaan kuliner dan budaya Jawa Timur. Perpaduan rasa gurih, manis, dan tekstur yang unik menjadikannya hidangan yang wajib dicoba bagi para pecinta kuliner.

Rekomendasi Spot Nasi Tahu di Ponorogo

Menjadi salah satu kuliner paling terkenal di Ponorogo, tentu Sedulur bisa dengan mudah menemukan warung makan nasi tahu di sana. Namun, agar bisa mendapatkan pengalaman kuliner terbaik, ada beberapa rekomendasi tempat makan nasi tahu yang bisa dicoba.

1. Sego Tahu Mbak Tin

Tempat makan satu ini berlokasi di Pasar Legi Ponorogo, lantai 4, telah berjualan sego tahu sejak tahun 1981 dan dikenal dengan cita rasa yang memuaskan. Harganya sangat terjangkau, yaitu Rp 5.000 tanpa telur, dan Rp 8.000 dengan telur, menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi perut setelah berbelanja di Pasar Legi.

2. Lontong Tahu & Telur Gembleg 1

Warung nasi tahu Ponorogo ini terletak di Jalan Letjend Suprapto, Ronowijayan, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo. Lokasi ini tepatnya berada di selatan Pasar Pon. Lokasinya ada di sisi barat jalan.

Tempat yang buka mulai pukul 16.30 WIB hingga 21.00 WIB menawarkan sego tahu telur dengan rasa manis dan gurih. Pengunjung dapat memilih antara nasi atau lontong sesuai dengan selera. Dengan kisaran harga Rp 8.000 hingga Rp 12.000 sudah dapat menikmati kelezatan sego tahu.

3. Warung Nasi dan Lontong Tahu Si Jak

Sedulur bisa menemuinya di kawasan Jalan Kumbokarno, Wetan Talang, Surodikraman, Kecamatan Ponorogo. Lokasi ini tidak jauh dari pertigaan depan Gereja Katolik Santa Maria, Jalan Gajah Mada. Meskipun berukuran sederhana, warung ini menyediakan sego tahu dengan harga di bawah Rp 10.000. Warung ini buka dari pukul 17.00 WIB hingga 22.00 WIB.

4. Lontong dan nasi tahu telur Cak Son

Rumah makan satu ini berada di Jalan Batoro Katong, Ronowijayan, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo. Dari Pasar Ponorogo, menuju ke arah Barat hingga bertemu dengan SPBU di utara jalan, lokasi Sego Tahu Telur Cak Son berada di sisi selatan jalan. Tempat ini menyediakan pilihan nasi atau lontong tahu dengan harga Rp 12.000 dan buka dari pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB.

5. Warung Nasi Tahu Bu Sunartin

Tempat makan ini terletak di Jalan Soekarno Hatta, Banyudono, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo. Warung ini berada di pinggir jalan, tepatnya di selatan warung kopi Modot yang kesohor. Selain nasi tahu, warung ini juga menyediakan nasi pecel, menjadi pilihan makanan harga merakyat yang bisa dikunjungi.

BACA JUGA: Resep Nasi Tumpang Khas Jawa Timur yang Nikmat dan Nagih

Resep Nasi Tahu Ponorogo

rujak madura rujak otek
Unsplash/Wherda Arsianto

Kalau Sedulur tertarik untuk mencoba membuat resep nasi tahu sendiri di rumah. Ada resep yang bisa dicoba lho. Simak resep nasi tahu Ponorogo berikut ini ya!

Bahan:

Bahan bumbu:

  • 1 siung bawang putih, goreng layu
  • 4 buah cabai rawit
  • 15 buah kacang tanah goreng
  • Garam secukupnya
  • Air jeruk nipis secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Bumbu petis secukupnya
  • 3 sdm air matang

Pelengkap:

  • Daun kucai secukupnya, iris
  • Taoge secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya

Cara membuat:

  • Goreng tahu hingga setengah matang, angkat dan tiriskan.
  • Haluskan cabai dan bawang putih, lalu tambahkan kacang. Ulek sampai halus.
  • Tambahkan petis, air jeruk nipis, dan garam, ulek merata.
  • Tambahkan air, campur semuanya jadi satu, termasuk tahu.
  • Selanjutnya, siapkan nasi, letakkan tahu di atas nasi, siram dengan bumbu sambal.
  • Lengkapi dengan daun kucai, taoge, dan bawang goreng. Sego tahu siap disajikan.

Oia, biar nasi tahu Ponorogo yang kamu buat makin mantap lagi, jangan lupa Sedulur memasaknya menggunakan beras yang tepat ya. Percayakan saja kepada Beras Cap Opung  yang sudah terbukti kualitasnya untuk membuat hidangan nasi di rumah.

Berasnya terkenal pulen putih ini juga hadir dengan harga yang terjangkau. Jadi dijamin akan sangat bersahabat dengan kantong Sedulur.

beras cap opung

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan resep lain seperti bumbu dapur untuk memasak sego gobyos juga bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Demikian tadi ulasan tentang nasi tahu Ponorogo yang terkenal di Jawa Timur. Semoga informasi kali ini bisa membantu Sedulur yang penasaran dengan berbagai macam kuliner unik khas nusantara ya.