Mengenal Nasi Ampok, Kuliner Khas Blitar dan Cara Membuatnya

Pexels/Ali Dashti

Sedulur tentu sudah tidak asing dengan nasi putih yang biasa disajikan bersama aneka lauk dan sayuran. Namun, pernahkah Sedulur mencicipi nasi ampok? Nasi ampok merupakan sejenis nasi jagung khas Blitar, Jawa Timur. Berbeda dengan nasi putih yang terbilang mudah dibuat siapa saja, proses pembuatan nasi ampok disebut cenderung lebih rumit dan cukup memakan waktu.

Lantas, seperti apa cita rasa nasi ampok khas Blitar? Serta bagaimana cara pembuatannya? Yuk, langsung simak rangkuman informasinya berikut ini.

BACA JUGA: Resep Tepo Tahu Khas Magetan yang Lezat dan Mudah Dibuat

Mengenal Nasi Ampok Khas Blitar

kuliner malam blitar nasi mamong bondowoso
Unsplash/Bayu Syaits

Bisa dikatakan, nasi ampok merupakan salah satu kuliner khas Blitar, Jawa Timur yang masih populer hingga kini. Hidangan ini pun masih banyak digemari oleh masyarakat Blitar terutama sebagai menu sarapan. Adapun kebanyakan penjual nasi ampok menjajakan dagangannya di pasar-pasar tradisional sejak dini hari.

Seperti disampaikan sebelumnya, nasi ampok adalah makanan berupa nasi berbahan jagung yang banyak dikonsumsi warga Blitar. Meski terbuat dari jagung, nasi ampok memiliki rasa yang cenderung tawar dan tidak terlalu manis sehingga tetap cocok dipasangkan dengan berbagai lauk. Selain itu, nasi ampok juga memiliki tekstur lembut serta lebih berserat.

Asal-Usul dan Sejarah Nasi Ampok

Bicara soal kuliner khas daerah tentu tidak lengkap jika tidak menilik sejarahnya. Dihimpun dari berbagai sumber, nasi ampok ternyata sudah dikenal masyarakat Blitar sejak lama. Bahkan makanan ini disebut biasa dikonsumsi para pejuang semasa perang. 

Nasi ampok sendiri muncul sebagai alternatif makanan ketika musim paceklik. Kala itu, hasil panen beras rendah bahkan hampir tidak ada. Sementara di sisi yang lain, hasil bumi berupa jagung begitu berlimpah. Hal ini dikarenakan jagung tidak memerlukan banyak perawatan maupun asupan air yang tinggi seperti pagi.

Adapun jagung-jagung tersebut kemudian diolah menjadi hidangan pengganti nasi putih dan disajikan bersama aneka lauk seperti layaknya nasi putih pada umumnya. Tak heran, makanan ini pun juga dikenal dengan sebutan nasi jagung alias nasi yang terbuat dari jagung.

BACA JUGA: Resep Nasi Goreng Arang Khas Kediri yang Bikin Nagih

Cara Membuat Nasi Ampok

nasi tempong mbok nah
Unsplash/Mufid Majnun

Secara umum, nasi ampok memerlukan dua tahapan proses pembuatan. Pertama, pembuatan nasi ampok kering dan kedua, pembuatan nasi ampok basah. Apa bedanya?

Biasanya, orang-orang akan mengolah jagung menjadi ampok kering terlebih dahulu. Ampok kering ini juga menjadi bahan untuk membuat ampok basah yang mana dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi.

Adapun cara pembuatan ampok kering dimulai dengan memipil jagung, lalu menghaluskannya. Jagung yang sudah dihaluskan kemudian dipisahkan dari bekatulnya, lalu dicuci sampai bersih. Jagung kemudian dikukus dan dikeringkan. Jagung yang sudah kering atau juga disebut ampok kering bisa disimpan untuk kemudian dimasak sebagai ampok basah.

Sementara itu cara pembuatan ampok basah sangatlah sederhana. Ampok kering yang sudah dibuat sebelumnya cukup direndam di dalam air, lalu dikukus seperti menanak nasi. Nasi ampok pun siap disajikan bersama beraneka lauk.

Kandungan Nutrisi Nasi Ampok

Meski terbilang sebagai makanan murah dibandingkan dengan nasi putih, nasi ampok ternyata kaya akan kandungan nutrisi, lho. Mengutip dari Fatsecret Indonesia via IDNTimes, nasi ampok mengandung karbohidrat, lemak, dan protein.

Selain itu, nasi ampok juga kaya akan serat, vitamin, serta mineral yang baik untuk tubuh. Meski begitu, Sedulur tetap tidak disarankan untuk memakan nasi ampok terlalu banyak karena makanan ini dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Rekomendasi Lauk Pendamping Nasi Ampok

Seperti halnya nasi putih, nasi ampok juga cocok disajikan bersama beragam lauk maupun sayur. Beberapa menu yang biasa dipasangkan dengan nasi ampok, antara lain urap, lodeh, tempe goreng, dan ikan asin. Selain itu, nasi ampok juga biasa disajikan bersama ikan pindang dan ayam balado.

Alternatif Kelezatan Selain Nasi Ampok

Kalau Sedulur ingin mencoba kelezatan selain nasi ampok. Sedulur sebaiknya mencoba nasi dari Beras Perirasa yang sudah Jelas Hematnya dan Jelas Rasanya, sehingga menu nasi di rumah jadi makin mantap.

Perirasa

Sedulur bisa memilih varian beras mulai dari Beras Perirasa Hijau yang jelas berkualitas premium dan Beras Perirasa Biru yang jelas ramah di kantong. Sedulur tidak perlu khawatir karena Perirasa mudah ditemukan dimana saja kok.

Kamu bisa mendapatkan produk-produk Perirasa di SuperApp, Blibli, Shopee GSA, TikTok Shop GSA, Tokopedia GSA, Supermarket di kota-kota di Jawa Timur (Sakinah, Besmart Ai, dan masih banyak lagi), serta warung kelontong terdekat. Untuk informasi lengkap tentang Perirasa, bisa langsung buka Website Perirasa atau akun Instagram Perirasa.

Itu dia rangkuman informasi mengenai nasi ampok khas Blitar, Jawa Timur. Tertarik untuk mencoba?