menu sahur dari timur tengah

Bingung memilih menu makanan untuk sahur? Atau Sedulur bosan dengan menu sahur yang itu-itu saja? Sedulur bisa mencoba aneka menu sahur dari Timur Tengah yang tak kalah lezat. Apalagi jika Sedulur merupakan penggemar masakan khas Timur Tengah.

Apa saja ya menu sahur khas Timur Tengah? Yuk, langsung simak rangkuman informasinya berikut ini.

BACA JUGA: Sat-set! Inilah 20 Inspirasi Menu Sahur Instan Lezat dan Anti Ribet!

Rekomendasi Menu Sahur dari Timur Tengah

resep ikan mas bumbu kecap
Unsplash/Henry Kobutra

Sejak beberapa tahun silam, makanan khas Timur Tengah telah memiliki tempat tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Meski kebanyakan makanan tersebut memiliki rasa yang berbeda dengan kebanyakan makanan Indonesia, rupanya tidak sedikit yang menyukainya.

Bahkan saat ini sudah banyak rumah makan di Indonesia yang menjual hidangan khas Timur Tengah. Tak heran, belakangan ada banyak jenis makanan Timur Tengah yang populer di Indonesia. Sebut saja nasi kebuli, kebab, dan kofta.

Berbagai makanan Timur Tengah tersebut juga bisa menjadi menu alternatif untuk sahur, lho. Agar Sedulur tidak bingung, yuk, simak rangkuman rekomendasi menu sahur dari Timur Tengah.

BACA JUGA: Resep Mie Titi yang Mudah dan Lezat, Cocok untuk Menu Sahur

1. Nasi kebuli

resep botok udang
Unsplash/Mario Raj

Rekomendasi menu sahur dari Timur Tengah yang pertama adalah nasi kebuli. Hidangan satu ini boleh dikatakan sebagai salah satu menu Timur Tengah terpopuler di kalangan masyarakat Indonesia.

Dihimpun dari berbagai sumber, nasi kebuli adalah hidangan berupa nasi yang dimasak dengan kaldu dan susu kambing. Selain itu, ada juga irisan daging kambing, minyak samin, serta aneka rempah yang menciptakan cita rasa khas pada hidangan tersebut.

Sedikit fakta menarik tentang nasi kebuli, hidangan ini rupanya merupakan versi Indonesia dari plov atau pilaf yang populer di sejumlah negara Timur Tengah. Nasi kebuli sendiri mendapat pengaruh dari budaya Arab, India, dan Afghanistan. Adapun di Indonesia, nasi kebuli terutama terkenal di kalangan masyarakat Betawi dan Arab.

2. Shish barak

Selanjutnya ada shish barak, hidangan khas Lebanon yang mirip dengan pangsit ataupun pasta. Adonan pangsit dalam shish barak sendiri umumnya terbuat dari tepung gandum, meski juga bisa diganti dengan pasta.

Adapun ciri khas shish barak terdapat pada penggunakan yoghurt yang memberikan cita rasa manis, asam, sekaligus segar dalam masakan. Oleh karenanya, shish barak juga kerap disebut sebagai dumpling atau pangsit dengan saus yoghurt.

3. Kebab

Kebab merupakan hidangan daging yang dimasak dan disajikan bersama berbagai sayuran. Daging kebab sendiri umumnya dimasak dengan cara dipanggang. Selain itu kebanyakan kebab terbuat dari daging kambing atau domba. Namun, di Indonesia daging kebab umumnya berasal dari daging sapi ataupun ayam.

Kebab sendiri biasanya dijual layaknya makanan cepat saji karena tidak butuh waktu lama untuk menyiapkannya. Umumnya, daging kebab telah dimasak dengan cara dipanggang. Selanjutnya daging tersebut disajikan bersama aneka sayuran dan dibungkus dengan roti tortilla.

4. Ramazan pidesi

Hidangan roti khas Timur Tengah lainnya yang juga bisa menjadi ide menu sahur adalah ramazan pidesi yang merupakan salah satu varian dari pide. Roti pipih atau flatbread ini terbuat dari campuran tepung terigu, ragi, dan aneka biji-bijian yang kemudian dipanggang secara tradisional. Sementara khusus untuk ramazan pide biasa dijual di bulan Ramadhan.

5. Kofta

Kofta atau juga disebut kofte adalah menu olahan daging cincang yang dibentuk seperti bakso. Umumnya, kofta dibuat dari daging sapi, domba, ayam, atau lain sebagainya. Kofta sendiri biasa disajikan dengan dipadukan dengan berbagai bumbu atau bahan makanan lainnya. Beberapa olahan kofta di antaranya adalah kari kofta, kebab kofta, dan salad kofta.

BACA JUGA: 20 Resep Menu Sahur Simpel yang Lezat dan Anti Ribet

6. Malabari paratha

menu sahur dari timur tengah
Unsplash/Mohammad Lotfian

Rekomendasi menu sahur berikutnya adalah malabari paratha, yaitu roti pipih yang dibuat dari adonan yang digulung-gulung. Makanan khas Timur Tengah ini juga populer di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri, makanan ini umum dikenal sebagai roti canai atay roti mariam. Adapun biasanya malabari paratha dinikmati bersama susu, keju, ataupun kuah kari.

7. Hummus

Berikutnya ada hummus, yaitu makanan berupa bubur yang terbuat dari kacang arab yang digiling dan dicampur dengan tahini atau wijen giling, minyak zaitun, air perasan jeruk limau, garam, dan bawang putih. Adapun cara menyantap hummus cukup sederhana, yaitu Sedulur dapat memadukannya dengan pita bread.

8. Manakish

Manakish atau juga ditulis manakeesh kerap disebut sebagai pizza khas Timur Tengah. Hal ini tidak lepas dari tampilannya yang mirip dengan pizza dari Italia. Seperti halnya pizza, manakish juga terdiri atas adonan roti yang di bagian atasnya diberi taburan keju, sayuran, serta potongan daging. Adapun biasanya daging yang digunakan dalam makanan ini adalah daging kambing.

9. Tabouleh

Sedulur yang ingin mencicipi salad khas Timur Tengah bisa mencoba tabouleh. Makanan ini dikenal sebagai salad tradisional khas Lebanon.

Tabouleh dibuat dari campuran potongan parsley, daun mint, bawang bombay, dan bulgur atau durum sehingga memiliki tekstur renyah saat dimakan. Selanjutnya, berbagai bahan makanan tersebut disiram dengan saus lemon dan minyak zaitun.

10. Kushari

menu sahur dari timur tengah
Unsplash/Artur Kornakov

Rekomendasi menu sahur dari Timur Tengah yang terakhir adalah kushari. Hidangan khas Mesir ini disebut telah muncul sejak abad ke-19.

Kushari terbuat dari campuran nasi, makaroni, dan kacang lentil yang diberi saus tomat dan cuka di atasnya. Selain itu ada juga potongan spaghetti, kacang arab, dan bawang goreng yang renyah.

Itu dia 10 rekomendasi menu sahur dari Timur Tengah yang menjadi alternatif menu sahur bagi Sedulur. Sedulur tertarik mencoba yang mana nih? Oia, kalau Sedulur tertarik untuk mencoba resep di atas tidak perlu khawatir karena semua bahannya tersedia di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!