Indonesia merupakan negara luas yang terdiri dari berbagai daerah dengan ciri khasnya masing-masing, salah satunya yaitu ciri khas kuliner dan makanan daerah. Termasuk saat bulan puasa saat ini, terdapat beberapa menu berbuka puasa ala kampung yang khas dari berbagai daerah Indonesia.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama rekomendasi menu berbuka puasa alam kampung dari berbagai daerah yang bisa jadi rekomendasi Sedulur. Apa saja menunya? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Menu Buka Puasa Bersama Ala Rumahan yang Praktis

1. Ikan pindang cabai hijau

menu berbuka puasa ala kampung
IDN Times

Ikan pindang bisa menjadi referensi untuk menemani buka puasa dan sahur Sedulur yang ingin merasakan bagaimana menu berbuka ala kampung. Olahan ikan menyediakan sumber protein yang penting bagi tubuh setelah puasa seharian.

-->

Perpaduan pedas dari cabai dan manis dari kecap akan menyegarkan tubuh dan memberikan daya tahan untuk puasa di keesokan harinya. Oleh karenanya, ikan pindang cabai hijau cocok sebagai menu buka puasa dan sahur Sedulur. Semakin nikmat menu buka atau sahur, bisa memberikan kepuasan bagi Sedulur, sehingga Sedulur bisa tuntas menunaikan puasa.

2. Sate maranggi

menu berbuka ala kampung
Bango

Menu berbuka puasa ala kampung selanjutnya adalah sate maranggi, yang merupakan menu berbuka khas Jawa Barat, tempatnya berasal dari kabupaten Purwakarta. Sate maranggi terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil.

Kemudian potongan daging kecil tersebut dimarinasi dan dibumbui dengan bumbu khas sate maranggi ituu sendiri. Biasanya bumbu yang dimaksud terdiri dari bawang putih, merica dan jahe. Selanjutnya, untuk penyajiannya, sate disajikan dengan kecap manis yang kental dan pedas.

Bisa jadi salah satu rekomendasi menu berbuka ala kampung yang dijamin membuat Sedulur nikmat saat santap puasa.

3. Sambal goreng kentang hati ayam

menu berbuka ala kampung
Cookpad

Selain lezat, menu berbuka satu ini cocok menemani momen berbuka karena memiliki kandungan gizi yang tinggi. Sambal goreng kentang hati ayam merupakan menu makanan ala kampung selanjutnya yang bisa jadi referensi Sedulur.

Terutaba jika Sedulur yang kurang tahan dengan makanan pedas, jangan khawatir. Sedulur bisa tambahkan sambal sesuai selera sehingga rasa pedasnya tidak terlalu tinggi. Jika Sedulur memasak sendiri menu ini, tentu tingkat kepedasannya bisa Sedulur atur.

Masakan sambal tidak harus pedas. Cukup membuat hangat tenggorokan juga dapat memberikan kehangatan di perut Sedulur. Perihal rasa dan kelezatan jangan ditanya lagi, menu satu ini dijamin bisa bikin Sedulur puas!

4. Sayur asem

menu berbuka puasa ala kampung
Kompas

Sayur asem bisa disajikan sebagai menu buka puasa bersama keluarga besar. Sajian ala rumahan ini cocok disantap menjadi menu berbuka puasa yang sehat saat ramadhan. Rasa segar dari perpaduan rasa asam, asin dan gurih sangat tepat untuk berbuka.

Terutama bagi Sedulur yang bosan dengan menu berbuka dan sayur yang tumis dan goreng, Sedulur bisa mencoba menu sayuran, salah satu yang bisa Sedulur coba adalah menu sayur asem satu ini.

Sayur Asem adalah menu berbuka puasa yang sehat dan lezat. Sayur Asem terdiri dari berbagai sayuran seperti kacang panjang, jagung muda, labu siam, terung, dan tomat yang dimasak dengan kuah asam. Kuah asam pada sayur Asem berasal dari asam jawa yang memberikan rasa segar dan nikmat.

BACA JUGA: Ini 6 Menu Buka Puasa Khas Makassar Paling Spesial

5. Sop sayap ayam

sop ayam
Taste

Puasa ramadan tidak lengkap rasanya jika tanpa menyantap menu sop sayap ayam. Resep masakan sop sayap ayam adalah gabungan di antara daging dan sayuran. Sedulur bisa memilih berbagai jenis ayam, misalnya ayam kampung untuk resep menu buka puasa berkuah ini.

Selain itu, di dalam sayur sop ini terdiri dari banyak pilihan sayur-sayuran, misalnya irisan tomat, buncis, kentang, dan wortel untuk menambah kesegaran hidangan. Bukan hanya segar, tubuh Sedulur juga akan mendapatkan asupan nutrisi dari sayuran yang dikonsumsi.

6. Soto Bandung

Kompas

Soto Bandung adalah salah satu hidangan berbuka puasa yang nikmat dan terkenal di Jawa Barat. Soto ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Jawa Barat, seperti serai, daun salam, dan bawang putih.

Soto Bandung biasanya disajikan dengan lobak dan potongan daging sapi yang tebal. Berbeda dengan sajian soto lain yang dilengkapi dengan sayuran seperti kol dan sayuran lain, soto bandung cukup dengan lobak dan daging, untuk membuatnya semakin nikmat, kadang juga dilengkapi dengan taburan kacang.

7. Ketupat tahu

Sajian Sedap

Menu berbuka ala kampung selanjutnya yaitu ketupat tahu. Menu berbuka ini sangat unik dan nikat. Ketupat tahu terdirid ari ketupat yang dipotong-potong kecil lalu dicampur dengan tahu, tauge kemudian disiram dengan bumbu kacang.

Untuk melengkapi ketupat tahu agar semakin nikmat, biasanya ketupat tahu akan dilengkapi dengan bawang goreng merah saat disajikan. Selain sebagai menu buka puasa kampung, ketupat tahu juga merupakan salah satu menu sarapan yang mudah ditemui di pulau Jawa.

8. Sayur sup bakso

Tribun

Resep takjil berikutnya adalah sayur sup bakso, jika sebelumnya telah dibahas sayur sup sayap ayam, kini Sedulur bisa menggunakan basko sebagai variasi. Selain bakso, Sedulur bisa menambahkan berbagai bahan di dalam sup, misalnya jagung, wortel, dan kentang.

Banyak orang yang menyukai sajian menu ini karena bumbu dan bahan-bahanya mudah serta praktis. Serta cara membuatnya yang super mudah tidak akan membuat Sedulur repot dan sangat praktis.

9. Nasi timbel

IDN Times

Nasi Timbel adalah hidangan berbuka puasa yang khas dan populer di Jawa Barat. Nasi Timbel terdiri dari nasi yang dibungkus daun pisang dan dicampur dengan sayuran seperti lalapan, tahu, tempe, dan sambal.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng atau ikan bakar. Sambal untuk menikmati nasi tibel biasanya yaitu sambel terasi. Selain dengan ayam goreng atau ikan bakar, biasanya nasi timbel juga dinikmati dengan ikan asin. Membuat makanan menjadi semakin nikmat.

10. Nasi tutug oncom

Dapur KOBE

Referensi menu buka puasa ala kampung selanjutnya adalah nasi tutug oncom. Nasi ini meruoakan hidangan nikmat dan lezat khas Jawa Barat. Nasi tutug oncom terbuat dari nasi yang diaduk dengan oncom dan bumbu-bumbu lainnya.

Bumbu lain yang dapat membuat nasi tutug oncom semakin nikmat seperti bawang goreng, cabai, dan daun jeruk. Hidangan ini biasanya disajikan dengan ikan asin dan lalapan. Selain itu juga bisa dilengkapi dengan ayam goreng, sayur asem hingga tempe dan tahu.

BACA JUGA: Menu Buka Puasa: Resep Bakmi Godog Ala Kaki Lima

11. Asem-asem daging

Detik

Sayur asem-asem bisa Sedulur variasikan dengan menambahkan potongan daging. Rasa asam dari perpaduan tomat hijau dan belimbing wuluh juga akan memberikan semangat puasa untukmu berkat cita rasanya.

Asem-asem daging cocok dijadikan menu buka puasa yang akan memanjakan perut setelah seharian menahan lapar. Selain itu, asem-asem daging ini bisa jadi alternatif menu masakan daging yang mudah selain dimasak semur atau gulai.

12. Bubur ayam

Kumparan

Bubur Ayam adalah salah satu hidangan berbuka puasa yang sering dijumpai di seluruh Indonesia. Namun, Bubur Ayam khas Jawa Barat memiliki cita rasa yang khas yang berbeda. Bubur Ayam khas Jawa Barat terdiri dari nasi yang dimasak bersama kaldu ayam.

Kuah kaldu ayam yang disajikan dalam bumbu membuat bubur ayam cenderung lebih cair dan berkuah. Berbeda dengan bubur dari daerah lain yang cenderung kental. Bubur juga akan dilengkapi dengan potongan daging ayam, bawang goreng, dan seledri.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan emping dan kerupuk udang. Selain sebagai rekomendasi buka puasa ala kampung, bubur ayam juga banyak Sedulur temui sebagai sarapan.

13. Es cendol

Nubandung

Es cendol adalah minuman segar yang cocok untuk menghilangkan dahaga setelah berpuasa seharian. Es cendol terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan air pandan, gula kelapa, dan santan.

Setelah adonan ketan tersebut dimasak, maka akan diambil dan dipotong menjadi bentuk bulat-bulat kecil dan disebut dengan cendol. Cendol kemudian dicampur dengan es serut dan sirup gula merah yang memberikan rasa manis yang nikmat.

Nah itulah daftar menu berbuka puasa ala kampung yang bisa jadi referensi Sedulur untuk mencoba berbagai makanan khas daerah di Indonesia. Waktu berbuka Sedulur juga dijamin akan lebih berwarna dan lebih beragam, sebagaimana negara Indonesia itu sendiri.

Jangan lupa bagi Sedulur yang ingin mencicipi menu berbuka dari berbagai daerah di atas, Sedulur bisa membuat sendiri di rumah. Hal paling penting adalah dengan menyiapkan bahan-bahan untuk membuat resep tersebut. Sedulur bisa membeli dan kulakan berbagai macam bumbu dan sembako di Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan beragam bumbu dapur lengkap dengan harga murah. Proses pemesanannya juga praktis dan cepat. Bukan hanya itu, Sedulur juga bisa mendapatkan promo menarik seperti cashback dan flash sale. Yuk, belanja kebutuhan memasak dan bumbu dapurmu di Aplikasi Super sekarang juga!