Olahan pisang merupakan salah satu ide kuliner menarik.

Jika secara umum kita mengenal dan mengetahui pisang sebagai sebuah buah yang manis dan nikmat, kita juga tidak perlu kaget bahwa pisang juga merupakan buah yang bisa diolah menjadi ide kuliner. Berawal menjadi pisang goreng yang dijual oleh tukang gorengan, dan saat ini ada banyak olahan pisang.

Ide kuliner dari olahan pisang banyak menghiasi etalase-etalase restoran atau kafe yang sering menjadi tempat nongkrong masyarakat. Ide kuliner dari olahan pisan ini juga bisa kita buat sendiri dan bisa kita jadikan sebagai basis bisnis kuliner kita.

Apa saja ide kuliner dari olahan pisang yang menarik untuk dijual? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: 8 Ide Resep Jamur Crispy Buat Sedulur di Rumah!

Ide Kuliner dari Olahan Pisang yang Menarik dan Kreatif

1. Banana Spring Roll

Nama lain dari banana spring roll adalah lumpia pisang. Cukup dengan bahan-bahan seadanya kita bisa membuat ide kuliner dari olahan pisang yang satu ini, seperti menu ala kafe-kafe. Perpaduan kulit lumpia yang renyah dengan manis dan gurihnya isian pisang membuat camilan ini bikin nagih.

Cara membuatnya pun sangat mudah, hanya dengan mencampurkan irisan pisang dan tambahan nutella atau keju yang dibungkus dengan kulit lumpia. Goreng dan sajikan dengan topping gula halus dan susu kental manis dan banana spring roll ala kafe-kafe telah siap untuk disantap.

Selain mudah, ide kuliner dari olahan pisang satu ini juga sangat menggiurkan untuk dijadikan bisnis. Karena bentuk visual dari banana spring roll yang menggugah selera ini bisa mudah laku dipasaran.

2. Banana Nugget

Banana nugget merupakan ide kuliner dari olahan pisan yang saat ini tengah memasuki popularitas yang tinggi. Dengan bentuk yang menarik, rasa yang enak dan berbagai macam topping yang tersedia memberikan banana nugget populer sebagai sebuah cemilan.

Pisang yang dibalut dengan kulit lumpia dan tepung panir ini sangat cocok dijadikan sebagai cemilan sore teman minum kopi. Inilah salah satu jajanan kekinian yang mengangkat derajat pisang goreng.

Biasanya, olahan pisang yang terkenal hanya pisang goreng dan mendapatkan citra yang biasa saja. Bahkan seringkali diidentikan dengan makanan kelas rendah. Namun, dengan hadirnya banana nugget, olahan pisang berhasil naik kelas sebagai jajanan dan cemilan.

3. Pisang Kremes

Pisang kremes adalah pisang yang digoreng dengan tepung terigu seperti pada umumnya. Di beberapa daerah, pisang kremes juga dikenal dengan nama pisang krispi. Yang membedakan ide kuliner dari olahan pisang satu ini dengan pisang goreng biasa adalah tepungnya yang gurih dan kriuk.

Selain itu, perbedaan selanjutnya adalah adanya pilihan topping yang beraneka rasa, mulai coklat nutella hingga yang paling populer adalah rasa matcha green tea. Pisang kremes ini membuat pisang goreng lebih nikmat dan menggoda. Dan yang paling penting, kita bisa membuatnya sendiri.

Selain banana nugget, pisang kremes ini juga merupakan ide kuliner olahan pisang yang menaikan kelas dari pisang dalam dunia jajanan dan cemilan.

4. Pisang Geprek

Jika belakangan ini dunia kuliner di Indonesia sedang ramai dengan makanan yang bernama ayam geprek, jangan kaget bahwa ide olahan dari pisang juga terdapat yang namanya pisang geprek.

Pernah dengar tentang Pisang Epe, salah satu kuliner khas Makassar? Nah, yang ini hampir sama namun digeprek hingga tipis lalu digoreng kering tanpa tepung apapun. Makin mantap ketika dinikmati sambil dicelupkan pada sambal yang pedas.

Di Makassar sendiri pisang geprek lebih dikenal dengan nama pisang peppe’ dan berbahan dasar pisang mengkal. Cocok banget bagi kita yang sedang diet dan mencari karbohidrat pengganti nasi.

Cara membuatnya pun cukup mudah, cukup cari pisang kepok atau pisang ambon yang masih mengkal dan goreng sebentar dengan minyak secukupnya, lalu kita  geprek dan rendam sebentar di dalam air garam lalu goreng kembali hingga kering dan kriuk.

5. Pie Pisang

Lampung merupakan salah satu daerah penghasil pisang terbanyak di Indonesia, dan juga memiliki buah tangan yang berbahan dasar pisang yang sangat beragam dan banyak. Salah satu jajanannya yang paling hits adalah Pie Pisang.

Berbeda dengan pie pada biasanya yang berbentuk bulat, pie pisang ala Lampung ini berbentuk lonjong dengan lengkungan mirip pisang dengan isian berbagai rasa yang menjadi pilihan.  Hal lain yang membedakan pie ini dari pie lain adalah pisang sebagai bahan dasar.

Jika kita kebetulan sedang berkunjung ke Lampung, jangan lupa untuk mencicipi pie pisang khas lampung. Namun, di beberapa daerah juga telah banyak tersedia pie pisang dengan ciri khas dari masing-masing daerah.

Baca Juga: Daftar Makanan Khas Surabaya yang Wajib Sedulur Coba

6. Pisang Coklat

Pisang coklat merupakan jajanan masa kecil yang sering dijual di depan SD atau SMP. Ide kuliner dari pisang ini sederhana sekali. Pisang dilumuri oleh coklat yang telah dicairkan, dan lalu dibekukan hingga mengeras.

Pisang coklat selanjutnya menjadi sangat modern dan kekinian yang dikenal dengan nama frozen choco banana. Jika olahan pisang kekinian biasanya di goreng, yang satu ini hanya cukup didinginkan ke dalam freezer.

Ambil pisang yang telah matang, potong menjadi dua bagian lalu tusuk dengan stik es dan dinginkan dalam freezer.

Untuk balutan coklatnya, cukup dengan lelehkan coklat batang dan celupkan pisang yang tadi telah didinginkan. Kamu juga bisa menambahkan taburan meses ataupun kacang cincang dan yang lainnya.

7. Barangko

Kota Makassar terkenal dengan cemilan pisangnya yaitu pisang pisang peppe’ dan es pisang ijo. Tetapi ada satu lagi cemilan dari Makassar yang tidak kalah lezatnya, yaitu sebuah kue yang bernama Barongko.

Barongko adalah kue yang berbahan dasar pisang raja yang di blender dengan santan, gula dan dengan  tambahan tepung terigu. Keunikan kue diolah dengan cara  dibungkus dan dikukus dengan daun pisang yang dibentuk mirip cetakan nasi kuning. Barongko paling nikmat disajikan saat dingin.

Sebenarnya Barongko merupakan kue tradisional suku Bugis yang resepnya diwariskan turun temurun dan biasanya hanya ditemui saat acara-acara pernikahan suku Bugis-Makassar ataupun acara-acara adat lainnya.

Berbagai ide kuliner dari pisang di atas bisa kita buat sendiri dan bahkan dijadikan sebagai ide bisnis yang bisa memberikan keuntungan super melimpah. Jangan lupa untuk membeli pisang di Aplikasi Super karena dijamin kualitasnya dan harga yang murah.

Klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super, jangan lupa juga kunjungi laman Aplikasi Super untuk mempelajari cara daftar Aplikasi Super bagi yang belum mengetahuinya.