Kentang goreng crispy merupakan camilan enak dan mengenyahkan, simak resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Kentang goreng crispy merupakan camilan yang umum dijual di restoran atau rumah makan. Selain cocok sebagai teman nongkrong, camilan kentang goreng cukup dapat membuat kenyang. Sebenarnya Sedulur tidak perlu memaksakan ke restoran untuk mencicipi kentang goreng, Sedulur bisa membuatnya sendiri di rumah, lho!

Kentang juga merupakan bahan makanan yang bisa Sedulur gunakan sebagai pengganti nasi. Karena jumlah kalori yang terkandung di dalam kentang cukup untuk menambah energi dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Superapp.id kali ini akan membahas beberapa resep kentang goreng crispy yang bisa dengan mudah Sedulur buat di rumah. Yuk, mari kita langsung saja simak cara memasak kentang goreng crispy yang mudah dan praktis dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Jumlah Kalori Kentang Goreng dan Cara Sehat Mengolahnya

Daftar Cara Membuat Kentang Goreng Crispy yang Mudah dan Praktis

1. Bahan yang Dibutuhkan

1.   Bahan yang Dibutuhkan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep kentang goreng tepung ini adalah:

  • Kentang 2 buah berukuran besar
  • Air sebanyak dua gelas untuk merebus kentang
  • Garam secukupnya
  • Kunyit bubuk 1 sdm
  • Tepung terigu 2 sdm
  • Air es 2 gelas
  • Dan minyak untuk menggoreng

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kentang goreng ini tidak terlalu sulit, Sedulur bisa mendapatkan bahannya di setiap warung atau toko kelontong mana pun. Setelah bahan terkumpul, kita lanjut ke langkah berikutnya.

2. Bersihkan dan Rendam Kentang

2.   Bersihkan dan Rendam Kentang

Langkah pertama membuat kentang goreng renyah ini, Sedulur harus mengupas dan mengiris kentang terlebih dahulu. Sebelum mengupas kentang, Sedulur harus membersihkan terlebih dahulu kentang hingga bersih, lalu Sedulur bisa mengupas kentang dari kulitnya.

Setelah kentang bersih dari kulitnya, langkah selanjutnya adalah memotong dan mengiris kentang sesuai selera. Sedulur bisa memotongnya dengan bentuk stick, atau bentuk yang lebih besar yang sesuai dengan selera Sedulur.

Selanjutnya Sedulur rendam kentang di dalam air, dan rebus dengan menambahkan kunyit bubuk dalam air rebusan. Kunyit bubuk akan menambah rasa gurih dan aroma yang khas saat kentang digoreng.

Baca Juga: Resep Kentang Goreng Balado Enak & Sedap Ala Rumahan

3. Rebus Kentang dan Rendam Kembali

3.   Rebus Kentang dan Rendam Kembali

Angkat kentang ketika telah masak, dan tiriskan. Rendam kembali kentang yang telah di rebus di dalam air es. Tunggu beberapa menit hingga kentang benar-benar dingin dan menyerap air rendaman. Sambil menunggu kentang, Sedulur siiapkan adonan tepung terigu agar kentang menjadi lebih crispy.

Masukkan tepung terigu dan garam dalam mangkuk, tambahkan garam sesuai selera. Aduk rata adonan, jangan membuat adonan terlalu kental. Lebih baik membuat adonan yang agak cair. Saring kentang yang direndam menggunakan air es, dan celupkan dengan adonan tepung yang telah dibuat.

4. Goreng Kentang Hingga Kering

4.   Goreng Kentang Hingga Kering

Cara terakhir adalah menggoreng kentang hingga kering. Siapkan minyak pada wajan hingga panas. Usahakan minyak yang digunakan agak banyak, hingga setiap kentang terendam di dalam minyak ketika digoreng.

Teknik menggoreng tersebut dikenal dengan nama deep frying. Dengan menggunakan metode menggoreng deep frying, kentang goreng crispy akan lebih renyah di luar namun bagian dalamnya tetap lembut.

Goreng kentang hingga berubah warna kecoklatan, ketika telah berubah warna dan tekstur luar kentang menjadi lebih kering, Sedulur bisa mengangkat kentang dan mendinginkannya terlebih dahulu. Kentang goreng crispy pun siap dinikmati.

5. Beli Bahan Kentang Goreng di Aplikasi Super

5.   Beli Bahan Kentang Goreng di Aplikasi Super

Semoga resep dan cara membuat kentang goreng crispy yang telah dijelaskan di atas bisa memberikan referensi cara mengolah kentang bagi Sedulur Super sekalian. Cara membuatnya juga sangat mudah, membuat kentang goreng crispy merupakan pilihan cerdas untuk menghilangkan rasa lapar.

Namun, jika Sedulur ingin tinggal menggoreng saja, Sedulur tinggal membeli kentang goreng beku yang tersedia di Aplikasi Super. Kini, Sedulur bisa belanja kebutuhan makanan beku di Aplikasi Super. Berbagai macam makanan beku yang tersedia, dengan kualitas terbaik dan harga super murah.

Tetapi, jika Sedulur ingin melakukan cara dan langkah di atas hal tersebut tidak masalah, karena Aplikasi Super juga menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kentang goreng dengan lengkap. Aplikasi Super berdedikasi untuk menyediakan segala kebutuhan masyarakat, baik untuk kebutuhan sehari-hari, atau untuk kepentingan usaha rumahan.

Sedulur bisa langsung cek di Aplikasi Super. Jangan lupa juga download Aplikasi Super bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih jauh, karena terdapat beberapa program menarik yang bisa Sedulur coba untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Jangan lupa untuk menggunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan Sedulur mulai dari saat ini juga. Jalani hidup lebih mudah dan menguntungkan bersama Aplikasi Super!