Kesegaran Es Buto Ijo Khas Kota Kediri dan Resepnya

Kediri selama ini lebih dikenal dengan tahu kuning sebagai kuliner khasnya. Akan tetapi, sebenarnya masih banyak hidangan lain yang menarik untuk Sedulur cicipi saat berkunjung ke daerah yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini. Salah satunya adalah es buto ijo yang menawarkan rasa manis sekaligus segar.

Minuman ini tentu cocok dipilih untuk meredakan haus apalagi saat cuaca terik dan panas. Lantas, seperti apa cita rasa es buto ijo? Serta bagaimana sejarah dan resepnya? Daripada penasaran, yuk, langsung simak rangkuman informasinya berikut ini.

BACA JUGA: Keunikan dan Resep Pecel Punten Blitar yang Lezat dan Gurih

Menilik Kesegaran Es Buto Ijo Khas Kediri

es gudir es dawet
Pixabay/Jason Goh

Es buto ijo merupakan minuman dingin yang wajib masuk daftar menu wisata kuliner saat Sedulur berkunjung ke Kediri, Jawa Timur. Pasalnya es buto ijo termasuk minuman populer yang banyak digemari masyarakat, baik lokal maupun dari luar daerah.

Sesuai dengan namanya, minuman ini memiliki ciri khas berupa tampilannya yang didominasi dengan warna hijau menyegarkan. Warna hijau tersebut berasal dari air santan hijau dengan rasa pandan yang khas.

Selain itu, minuman ini juga dilengkapi dengan beraneka ragam isian, seperti kacang hijau, sagu mutiara, kolang-kaling, ketan hitam, biji selasih, hingga kelapa parut. Oleh karenanya sekilas es ini hampir serupa dengan es buah yang sudah banyak diketahui orang. 

Sejarah Es Buto Ijo

Nama es buto ijo ternyata menyimpan kisah tersendiri, lho, Sedulur. Nama es buto ijo ternyata berkaitan dengan sang penjual, yaitu Mas Roni dan istrinya, Mbak Yayuk. Menurut Mas Roni, nama tersebut berasal dari nama panggilan akrab sang ibu, yakni Bu To. Nama Bu To sendiri merujuk pada Bu Jito yang berasal dari nama ayah Mas Roni, yaitu Pak Jito.

Sementara itu, kata “ijo” berasal dari istilah bahasa Jawa, yakni ijo yang berarti hijau karena minuman ini berwarna hijau. Nama es buto ijo sendiri kemudian populer di kalangan masyarakat. Apalagi nama tersebut juga berhasil membuat banyak orang penasaran hingga tertarik untuk mencobanya.

BACA JUGA: Kesegaran Es Batil Lamongan yang Patut Dicoba

Resep Es Buto Ijo

es batil lamongan es buto ijo
Freepik/Rawpixel

Warung es buto ijo kini telah membuka beberapa cabang di Kota Kediri. Oleh karenanya Sedulur tak akan kesulitan untuk menemukan warung tersebut apabila ingin mencicipinya kesegarannya.

Di sisi yang lain, Sedulur juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Hal ini tentu bisa menjadi alternatif yang menarik bagi Sedulur yang tinggal di luar Kediri. Apalagi bahan-bahan untuk membuat minuman ini ternyata cukup mudah diperoleh di pasaran. Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat es buto ijo.

  • Sagu mutiara
  • Kacang hijau
  • Kolang kaling
  • Parutan kelapa muda
  • Biji selasih
  • Nata de coco
  • Susu kental manis
  • Sirup rasa melon
  • Es serut

Selain bahan-bahan di atas, Sedulur juga bisa menambahkan bahan lain, misalnya santan yang dimasak dengan daun pandan atau perasa pandan sehingga berwarna hijau serta aneka buah, seperti blewah dan melon yang diserut.

Cara Membuatnya

Tak hanya bahan-bahannya mudah ditemukan di pasaran, cara membuat es buto ijo juga tidaklah sulit. Secara umum, cara pembuatannya hampir serupa dengan es buah di mana Sedulur cukup mencampurkan semua bahannya di wadah besar, lalu membaginya ke gelas-gelas.

Selain itu Sedulur juga bisa langsung menata isiannya ke dalam gelas saji, baru kemudian menambahkan “kuah”nya. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara pembuatan es buto ijo.

  • Pertama-tama, siapkan semua bahan.
  • Rebus kacang hijau dan kolang-kaling sampai matang. Sisihkan.
  • Selanjutnya, rebus sagu mutiara hingga matang. Sedulur juga dapat menambahkan pewarna makanan agar tampilan sagu mutiara makin menarik. Sisihkan.
  • Parut atau kerok kelapa muda. Sisihkan.
  • Rendam biji selasih dengan air hangat sampai semua bijinya terapung. Sisihkan.
  • Masukkan semua bahan yang sudah disiapkan tadi ke dalam wadah besar.
  • Tambahkan susu kental manis dan sirup melon secukupnya.
  • Masukkan es serut. Sedulur bisa mengganti es serut dengan es batu apabila tidak tersedia di rumah. Aduk sampai tercampur rata.
  • Sajikan es buto ijo di dalam gelas.

Itu dia rangkuman informasi seputar es buto ijo, kuliner khas Kediri yang manis dan menyegarkan. Sedulur juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep yang sudah dipaparkan pada artikel ini. Tak hanya membuat es buto ijo untuk disantap bersama keluarga, resep di atas juga bisa menjadi ide jualan, lho.