Kesegaran Es Batil Lamongan yang Patut Dicoba

Saat musim panas menerpa, minuman dingin memang bisa menjadi penyegar yang paling pas. Ada satu jenis minuman dingin berasal dari Lamongan yang sangat menarik untuk dicoba karena tak hanya segar tapi juga mengenyangkan. Minuman itu bernama Es Batil.

Es batil memiliki tampilan yang cukup mirip dengan es campur. Namun, ada beberapa isian yang mungkin hanya bisa Sedulur temukan pada minuman ini yaitu apam batil khas Lamongan. Kalau Sedulur penasaran seperti apa itu es batil dan bagaimana cara buatnya. Mari simak ulasan lengkapnya berikut!

BACA JUGA: Sego Roomo, Kuliner Tradisional Gresik yang Jarang Diketahui

Apa itu Es Batil?

es batil lamongan
Freepik/Rawpixel

Es Batil adalah salah satu minuman khas Lamongan yang unik. Hidangan ini merupakan perpaduan antara makanan mirip roti yang terbuat dari tepung beras dan ragi batil dengan es campur.

Batil sendiri memiliki rasa mirip kue apem tapi sedikit lebih asam. Dengan mencampur kue ini dengan es campur yang sudah disiram dengan sirup gula aren, citarasa yang dihasilkan akan jauh berbeda dan menambah kelezatannya.

Umumnya satu porsi mangkuk es batil, terdapat aneka macam isian mulai ari buah siwalan, kacang hijau, dawet, agar-agar, hingga batil. jadi tidak heran kalau makanan ini sangat mengenyangkan tapi juga menyegarkan.

Tempat Minum Es Batil Terbaik di Lamongan

Es Batil berasal dari Desa Bulu Brangsi, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan. Pada dasarnya, Es Batil adalah makanan khas daerah Lamongan, tetapi sayangnya tidak banyak warung yang menjual minuman itu. Es Batil hanya bisa dijumpai di wilayah Kecamatan Solokuro dan Laren saja.

Warung yang paling banyak dikenal oleh masyarakat di Lamongan ialah warung Bu Bayanah yang terletak di Desa Bulubrangsi, Kecamatan Laren. Dalam sehari, penjualan Es Batil warung Bu Bayanah bisa mencapai ratusan mangkuk. Bahkan bahan baku berupa tepung yang digunakan kurang lebih 10 hingga 15 kilogram untuk pembuatan kue batil. Tidak heran apabila di warung tersebut banyak pembeli yang mengantri untuk mencicipi Es Batil Bu Bayanah.

Sejak warung Bu Bayanah dikenal oleh banyak orang, banyak warung-warung sejenis lainnya yang ikut berdiri. Meskipun peminatnya tidak sebanyak di warung Bu Bayanah. Dikutip dari beberapa sumber, harga untuk seporsi Es Batil sekitar Rp6 ribu saja. Es ini menjadi salah satu kuliner khas yang bisa dinikmati semua kalangan.

Saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Resep Es Batil

Untuk membuat minuman es batil ini, Sedulur sebenarnya tidak akan kesulitan karena bahan-bahannya cukup mudah didapatkan. Berikut ini rincian bahan dan cara buatnya:

Bahan:

  • 3 buah apam batil, potong2
  • 150 gram cincau hitam, potong dadu
  • 150 gram cendol
  • 150 gram mutiara sagu
  • 3 bungkus tape singkong
  • 150 gram kolang kaling

Bahan kuah santan:

  • 65 ml santan kental, masak dengan 100 ml air
  • 150 ml sirup gula merah, atau sesuai selera
  • Es batu secukupnya

Cara membuat: 

  • Siapkan semua bahan isiannya.
  • Siapkan semua bahan kuahnya.
  • Ambil mangkuk es atau gelas es. Tata es batu lalu beri isian.
  • Lalu siram santan kental dan sirup gula merah.
  • Aduk semuanya hingga santan dan sirup tercampur rata. Tidak perlu tambahan air karena es akan mencair dengan sendirinya.
  • Es Batil Lamongan siap dinikmati.

Nah, itu tadi ulasan tentang minuman khas Lamongan bernama es batil. Walaupun memiliki kemiripan dengan es campur, tapi keunikan batil menjadi pembeda minuman ini. Semoga informasi ini bisa membantumu membuat minuman segar di rumah ya!