Tape ketan hitam merupakan camilan manis yang nikmat untuk disantap setiap saat. Sedulur bisa melakukan sendiri cara membuat tape ketan hitam dengan mudah di rumah. Karena saat ini, jika kita khusus mencari tape ketan kita pasti akan kesulitan. Pasalnya camilan tradisional satu ini mulai sangat jarang kita temui.

Jika kondisi tersebut yang dialami Sedulur, maka tidak ada pilihan selain harus membuatnya sendiri. Berikut ini adalah cara membuat tape ketan hitam anti gagal yang bisa Sedulur coba sendiri dengan mudah di rumah. Seperti apa resep dan langkah membuatnya? Simak berikut ini ya.

BACA JUGA: Resep Stik Bawang Gurih Renyah Favorit Anak

Bahan yang dibutuhkan

cara membuat tape ketan
kumparan

Sebelum membahas langkah dan cara memasak tape ketan. Sedulur perlu tahu bahwa ada beberapa jenis ketan yang bisa digunakan untuk membuat cemilan, diantaranya ada ketan hitam, hijau, dan putih. Nah, untuk cara membuat tape ketan hijau tentu Sedulur harus menyiapkan beberapa bahannya. Bahan yang dibutuhkan yaitu:

-->
  • 1 liter beras ketan
  • 2 tetes pewarna makanan pandan
  • 6 lembar daun pandan
  • 3 keping ragi tape (jemur lebih kurang satu jam)
  • 6 sendok makan
  • Gula pasir 600 – 650 ml air

Olah beras ketan terlebih dahulu

 

netralnews

Setelah bahan terkumpul, langkah selanjutnya yang harus Sedulur lakukan dalam cara membuat tape ketan putih adalah mencuci beras ketan terlebih dahulu. Setelah bersih dan air cucian dibuang, beri pewarna makanan terlebih dahulu, lalu aduk rata. Tambahkan kembali air, lalu rendam terlebih dahulu beras ketan, minimal selama 4 jam.

Setelah selesai di rendam, tiriskan beras ketan lalu kukus selama 15 menit. Kemudian angkat dan cuci kembali beras ketan yang telah dikukus setengah matang. Tiriskan hingga beras ketan dingin, dan kukus kembali selama 10 menit hingga beras ketan benar-benar empuk.

BACA JUGA: Resep Siomay Ikan Tenggiri Ala Rumahan yang Enak Gurih

Langkah membuat tape beras ketan

cara membuat tape ketan
kapanlagi

Setelah beras ketan diolah, langkah selanjutnya dalam cara membuat tape ketan bungkus daun pisang yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

  • Ratakan beras ketan yang telah empuk dalam wadah datar.
  • Taburi dengan gula pasir dan aduk rata, tiriskan hingga benar-benar bersih.
  • Haluskan ragi tape taburkan ke atas ketan yang sudah dingin dan aduk hingga merata.
  • Siapkan daun pisang yang sudah dilap bersih. Bungkus tiap 1 sdm ketan dengan daun pisang, bentuk tum dan semat dengan lidi.
  • Susun bungkusan ketan dengan posisi berdiri agar air fermentasi tidak menetes. Simpan bungkusan ketan kedalam plastik yang berisi potongan di dalamnya.
  • Tutup rapat dan simpan di tempat yang bersih dan sejuk.
  • Diamkan ketan selama 2 hari 3 malam . Jika ketan sudah megeluarkan air fermantasi maka tape ketan sudah siap untuk di santap.

Nah, itu adalah langkah terakhir untuk membuat olahan tape ketan. Bagaimana, bisa Sedulur lakukan dengan mudah di rumah tanpa harus mencari pedagang yang menjualnya bukan?

Sementara itu, untuk cara membuat tape ketan 1 kg, Sedulur perlu membuat persiapan yang lebih lama dari biasanya. Sehingga perkirakan waktu memasak dan perlengkapan yang ada agar camilan tape ketan bisa matang sempurna.

Sekian pembahasan mengenai cara membuat tape ketan hitam dan putih di atas, semoga bisa membantu Sedulur yang ngidam untuk menikmati tape ketan dan camilan tradisional ketan lainnya.

Jangan lupa untuk membeli bahan-bahan resep di atas lewat Aplikasi Super ya! Karena selain harganya yang murah, kualitas bahan yang dijual juga berkualitas tingga.  Sedulur juga bisa melakukan eksplorasi dalam mengolah resep makanan di rumah. Jadi langsung aja klik di sini untuk download Aplikasi Super. Selamat memasak!