Piscok merupakan salah satu camilan manis yang nikmat. Jika Sedulur biasanya jajan piscok di luar rumah, sebenarnya bisa banget lho jajanan ini dibuat di rumah sendiri. Selain lebih hemat, Sedulur bisa menerapkan cara membuat piscok yang lebih enak. Hal ini karena cita rasa piscok benar-benar bisa disesuaikan dengan selera sendiri.

Nggak sulit kok. Selain Sedulur bisa membuat piscok yang lumer, bisa juga dengan menjajal berbagai variasi seperti piscok dengan susu coklat misalnya. Tenang. Bahan yang dibutuhkan juga sangat sederhana dan langkah membuatnya juga gampang banget!

BACA JUGA: Resep Pisang Goreng Crispy, Mudah di Buat dan Enak Banget!

Bahan membuat piscok dan kulit lumpia piscok:

-->

Untuk membuat piscok yang enak, Sedulur perlu menyiapkan dua kelompok bahan, yaitu bahan kulit lumpia piscok dan bahan piscok sebagai berikut:

Bahan kulit lumpia piscok:

  • 250 gram tepung terigu
  • 1 butir putih telur
  • Gula dan garam secukupnya
  • 250 – 300 ml air

Bahan piscok:

  • 1 buah pisang tanduk
  • Cokelat batang secukupnya (bisa diganti meses coklat)
  • Tepung terigu cair secukupnya
  • Air secukupnya

Tips cara membuat piscok lumer salah satunya adalah dengan mengatur komposisi coklat. Baik dalam hal jumlahnya atau tingkat kelumerannya. Semakin banyak cokelat akan membuat piscok lebih lumer dan nikmat. Namun, Sedulur harus lebih berhati-hati mengatur waktu menggorengnya.

Nah, agar terhindar dari kulit piscok yang gosong, Sedulur bisa menambahkan jumlah lembar kulit lumpia yang membalut pisang dan cokelat. Untuk itu, diperlukan ketrampilan untuk membuat gulungan piscok.

BACA JUGA: 10 Resep Kolak Pisang Super Segar & Praktis, Sudah Coba?

Cara membuat:

Cara membuat piscok lumer
kompas

Simak langkah-langkah pembuatan piscok dan kulit lumpia piscok di bawah ini:

Langkah membuat kulit piscok:

  1. Campur semua bahan kulit dan tambahakan air. Aduk hingga rata. Pastika kekentalannya sedang. Saring adonan supaya tidak ada yg menggumpal.

  2. Panaskan wajan tanpa minyak dengan api kecil. Jika wajan sudah cukup panas, oles adonan ke permukaan wajan tipis-tipis hingga merata.

Langkah membuat piscok:

  1. Langkah pertama dalam cara membuat piscok adalah dengan memotong pisang tanduk secara memanjang.
  2. Selanjutnya, Sedulur siapkan kulit lumpia dan taruh pisang di atasnya.
  3. Langkah penting dalam cara membuat kulit lumpia piscok adalah menambahkan coklat.
  4. Jika ingin lebih nikmat, Sedulur bisa menambahkan susu kental manis coklat.
  5. Lalu oleskan tepung tepung terigu cair di sekeliling kulit lumpia agar mudah menempel.
  6. Gulung hingga rapat dan lakukan hingga pisang dan kulit lumpia habis.
  7. Siapkan minyak dan tunggu hingga panas. Lalu goreng piscok hingga kecoklatan. Cara membuat piscok harga 1000 rupiah pun telah selesai dan piscok siap disantap sebagai camilan.

Jika Sedulur perhatikan langkah dan cara membuat piscok dengan susu coklat di atas, tidak ada langkah dan cara sulit atau membutuhkan skill khusus. Siapapun bisa membuatnya sendiri. Selain lebih hemat, memasak sendiri makanan yang akan disantap akan memberikan perasaan puas lho.

Sekian langkah dan cara membuat piscok, semoga bisa memandu Sedulur agar dapat membuat piscok sendiri di rumah. Hal ini agar Sedulur dapat membuat camilan yang nikmat tanpa harus boros karena jajan terus.

Nah, jika Sedulur ingin lebih hemat lagi, Sedulur bisa membeli bahan-bahan yang tertera dalam resep dan cara membuat piscok di atas dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan bahan kebutuhan pokok dengan harga super murah dan kualitas terbaik. Sedulur bisa langsung cek di aplikasinya. Namun bagi Sedulur yang belum download aplikasinya, bisa langsung klik di sini.