cara membuat gulali

Gulali merupakan jajanan yang mengingatkan kita akan masa lalu, bagi Sedulur yang mengatahui cara membuat gulali tentu saja hal tersebut merupakan sebuah keuntungan dan kelebihan sendiri. Karena Sedulur bisa membuat gulali sendiri, kapan pun Sedulur mau.

Namun jangan khawatir, bagi Sedulur yang tidak tahu bagaimana cara membuat gulali, Sedulur bisa mengikuti resep dan langkah membuatnya di bawah ini. Yang penting, Sedulur menyiapkan setiap bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Lantas seperti apa cara membuatnya? Yuk, mari langsung kita simak di bawah ini.

BACA JUGA: 14 Resep Es Campur yang Segar untuk Menu Buka Puasa

Bahan yang dibutuhkan

cara membuat gulali
Astro Awani

Sebelum masuk ke pembahasan cara membuat permen gulali, Sedulur harus menyiapkan beberapa bahan. Bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut:

-->
  • 4 cangkir/800 gram gula
  • 1 cangkir/40 ml sirup jagung
  • 1 cangkir/40 ml air
  • 1/4 sdm./1.5 gr garam
  • 1 sdm/5 ml ekstrak rasberi
  • 2 tetes pewarna makanan warna pink

Campurkan semua bahan hingga mengkristal

Cara membuat gulali gula pasir yang pertama adalah dengan mencampurkan semua bahan. Sedulur bisa memasukkan gula, sirup jagung, air dan garam dalam panci besar masak dengan api sedang. Masukkan 4 cangkir gula, 1 cangkir sirup jagung, 1 cangkir air, dan 1/4 sdm garam ke dalam panci dan aduk bahan-bahan tersebut hingga gula meleleh. Gunakan kuas pastry untuk membasuh sisi dalam panci agar kristal gula tidak terbentuk.

Siapkan mesin pembuat gulali

cara membuat gulali
Rumah Mesin

Cara membuat gulali dengan 2 bahan tidak akan berhasi tanpa menyiapkan alat satu ini. Karena alat ini akan mampu membuat gulali mengembang dan menjadikannya seperti kapas dan akan lembut ketika masuk dalam mulut. Kunci untuk membuat gulali mengembang adalah mesin alat satu ini.

Langkah membuatnya

Astro Mesin

Setelah bahan semua siap dan mesin pembuat gulali disiapkan, Sedulur bisa mengikuti langkah membuatnya di bawah ini:

  1. Hidupkan mesin sampai panas lalu tunggu beberaoa saat sampai mesin keluar awan atau asap dari bahan gula tadi.
  2. Sedulur bisa mulai gulung dengan menggunakan lidi atua bisa juga dengan stik bambu atau cone stik.
  3. Gulung sampai menjadi ukuran yang diinginkan atau sesuai dengan ukuran plastik yang akan dipergunakan.
  4. Masukan gulali yang telah jadi pada kemasan plastik, gulali pun siap untuk disajikan dan cara membuat gulali kapas telah selesai.

Sedulur bisa langsung menyantap gulali jadul buatan sendiri serta mengenang dan bernostalgia akan masa lalu, ketika Sedulur masih anak-anak. Menyimak langkah dan resep gulali gula merah di atas, tidak ada yang sulit selama Sedulur menyiapkan bahan-bahan dan alatnya. Selain untuk bernostalgia, Sedulur juga bisa menjadikan gulali sebagai ide usaha jajanan.

BACA JUGA: Resep Red Velvet Enak & Mudah untuk Makan Saat Santai

Gulali kapas sebagai ide bisnis

cara membuat gulali
Toko Mesin

Usaha gulalli kapas dinilai cukup menguntungkan karena rata-rata gula putih sebanyak 1 kg dapat menghasilkan 25 sampai dengan 30 kantung platik dengan ukuran besar. Selain itu, cara membuat gulali agar tidak keras dan menjadi kapas pun tidak sulit. Hanya membutuhkan biaya membeli mesinnya saja.

Selain itu, Sedulur juga bisa menjualnya kepada anak-anak dengan kisaran harga mulai dari Rp 3000 – 10.000. Sedulur bisa membedakannya tergantung ukuran dan kemasan yang dibuat. Tentu saja menjadikan gulali kapas sebagai ide bisnis memiliki kelebihan dan kekurangannya. Pertama kita ulas terlebih dahulu kelebihannya, yaitu:

  • Manis Proses pembuatan gulali kapas ini memang sangay mudah, karena hanya memerlukan sedikit ketrampilan serta kecermatan dalam penggunaan mesinnya.
  • Bahan baku yang diperlukan untuk membuat gulali kapas ini bisa ditemukan dengan mudah, jadi usaha ini tidak akan begitu sulit untuk dijalankan.
  • Dalam menjalankan usaha ini tidak memerlukan modal besar, Sedulur hanya memerlukan mesin produksi untuk gulali kapas yang bisa diperoleh dengan harga yang terjangkau.
  • Jadi dengan modal sedikit saja Sedulur sudah bisa menjalankan usaha gulali kapas ini.

Selain kelebihan di atas, sebagai pertimbangan Sedulur juga harus mengetahui beberapa kekurangannya. Kekurangan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Kendala yang terjadi pada usaha gulali kapas ini ialah terletak pada persaingan usaha yang sangat ketat.
  • Pada saat ini penjual gulali kapas ini tidak hanya para pedagang keliling namun telah banyak pelaku usaha lainnya yang telah membuka kemitraan di berbagai tempat di Indonesia.
  • Jadi, perlu kejelian dalam memilih lokasi bisnis yang strategis dan manis memiliki potensi.

Sedulur juga harus memikirkan strategi pemasaran dari gulali kapas satu agar bisa laris dengan mudah. Pemasaran usaha gulali kapas ini tak sulit, sebab panganan ini sangat disukai anak – anak jadi Sedulur bisa memasarkan gulali kapas ini pada tempat-tempat yang ramai seperti tempat wisata, tempat rekreasi, kawasan sekolahan atau pun di pasar minggu.

Sedulur pun dapat menawarkan diri untuk menyediakan gulali kapas pada acara ulang tahun sehingga para anak -anak bisa menyukainya. Sedulur pun juga dapat menitipkan gulali kapas pada penjual jajanan atau membuka kemitraan yang saat ini menjadi tren. Targetkan anak-anak sebagai sasaran pembeli utama gulali, dijamin usaha ini akan sangat menjanjikan!

Sekian pembahasan terkait resep dan cara membuat gulali di atas. Bagi Sedulur yang langsung mencobanya, tidak sulit, kan? Untuk mengenang dan bernostalgia dengan masa kecil tidak perlu repot-repot. Cukup dengan mengkonsumsi jajanan-jajanan masa kecil kita, memori kita akan terbang jauh ke masa lalu, masa dimana kita masih anak-anak.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.