Simak langkah dan cara membuat donat di bawah ini. Dijamin super mudah dan donat juga bisa menjadi camilan nikmat bagi Sedulur!

Saat ini, donat merupakan camilan nikmat yang bisa kita temui di mana pun. Saat ini, banyak merek donat yang dijual di Mall atau toko-toko supermarket. Dengan tersedia berbagai topping yang menarik, mulai dari topping coklat, keju, tiramisu green tea dan banyak topping lainnya.

Dalam kesempatan kali ini, akan dibahas bagaimana cara membuat donat dengan bahan seadanya. Paling mudah, yaitu cara membuat donat kampung, karena memiliki rasa yang nikmat dan bentuk yang tidak kalah cantik. Tanpa berlama-lama, mari kita simak langkan dan cara membuat kue donat. Perhatikan resep donat di bawah ini dengan seksama!

Baca Juga: 15 Resep Membuat Donat Kentang yang Empuk Dan Nagih

-->

Langkah Cara Membuat Donat yang Empuk dan Lembut, Mudah Dibuat!

1. Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan-Bahan yang Dibutuhkan
online.citysuper.com

Langkah pertama dalam cara membuat donat yaitu dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat donat adalah:

  • 1 kg tepung protein tinggi
  • 500 ml air hangat
  • 200 gram margarin yang dilelehkan
  • 10 sendok makan gula
  • 4 butir kuning telur
  • 12 gram ragi instan
  • 4 sendok makan susu bubuk
  • Minyak secukupnya
  • Gula halus secukupnya

Bahan-bahan di atas merupakan bahan yang umum ditemui dan bisa dengan mudah kita dapatkan. Jika Sedulur menginginkan rasa donat yang lebih gurih dan lebih mengenyangkan, Sedulur bisa menambahkan kentang dalam bahan untuk membuat donat. Dengan adanya kentang, kalori donat akan bertambah.

2. Buat Adonan Donat

2. Buat Adonan Donat
idntimes.com

Setelah bahan-bahan di atas Sedulur siapkan, langkah penting selanjutnya dalam cara membuat donat adalah membuat adonan donat itu sendiri. Langkah membuat adonan donat sebenarnya mudah-mudah-susah. Dikatakan mudah, karena pada dasarnya Sedulur hanya tinggal menggabung setiap bahan yang telah disediakan di atas.

Namun, tidak bisa dikatakan semudah itu juga. Karena, perlu kehati-hatian agar adonan bisa menghasilkan bentuk yang sesuai. Pada umumnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menuangkan air hangat bersama dengan 10 sdm tepung teritu, ragi dan gula. Aduk bahan-bahan tersebut searah jarum jam hingga merata. Selanjutnya, tambahkan lagi terigu dengan memasukkan sisa teruga yang tersedia.

Masukkan margarin, susu bubuk dan kuning telur yang telur yang telah disediakan. Lalu aduk rata kembali adonan hingga adonan kalis. Agar hasil yang optimal, Sedulur bisa menggunakan tangan untuk membuat adonan dan mengaduknya hingga merata.

Baca Juga: Resep Donat Ubi Ungu, Super Nikmat & Praktis. Wajib Cobain!

3. Tutup Adonan dengan Kain Lembab

3. Tutup Adonan dengan Kain Lembab
thespruceeats.com

Setelah membuat adonan, dan adonan menjadi cukup kalis saat diaduk. Langkah selanjutnya, Sedulur bisa memasukkan minyak pada adonan. Aduk rata kembali sampai minyak merata pada adonan. Setelah itu, pindahkan adonan dalam wadah yang baru. Namun, jika adonan masih lengket, Sedulur bisa menambahkan tepung terigu, buat adonan agar tidak lengket.

Setelah itu, simpan adonan dalam wadah yang berbeda dalam cara membuat donat selanjutnya. Cara ini penting, agar adonan mengembang yang dihasilkan oleh kandungan ragi di dalamnya. Waktu yang dibutuhkan untuk menyimpan adonan agar dapat mengembang sempurna yaitu selama satu jam. Sedulur juga bisa menyimpannya lebih lama untuk hasil yang maksimal, jangan lupa tutup adonan dengan kain basah. Kain basah ini bertujuan agar adonan tetap lembab.

4. Bentuk Adonan Menjadi Donat

4. Bentuk Adonan Menjadi Donat
palmia.co.id

Setelah adonan dibiarkan terlebih dahulu dan menutup adonan dengan kain lembab hingga menggembang, langkah penting dalam cara membuat donat adalah mengolah adonan donat dan membentuknya hingga menjadi seperti donat. Agar menghasilkan ukuran donat yang sama, Sedulur bisa menggunakan timbangan untuk mengukur berat donat.

Selain itu, agar bentuknya sama, Sedulur bisa menggunakan cetakan donat yang Sedulur miliki. Atau, Sedulur juga bisa menggunakan lingkaran gelas, untuk menghasilkan ukuran donat yang sama.

5. Goreng Donat Hingga Matang

5. Goreng Donat Hingga Matang
chowhound.com

Setelah Sedulur membentuk semua adonan menjadi bentuk donat, dan adonan habis dibentuk, langkah selanjutnya dalam cara membuat donat adalah menggoreng donat hingga matang. Agar bisa mendapatkan donat dengan hasil baik, Sedulur bisa menggunakan metode deep frying.

Metode menggoreng dengan menggunakan minyak dengan jumlah yang banyak dan hingga betul-betul panas. Setelah donat berubah warna dan kering, Sedulur bisa mengangkatnya dan menyisihkan donat terlebih dahulu.

6. Beri Topping Pada Donat

6. Beri Topping Pada Donat
diadona.id

Langkah dalam cara bikin donat yang terakhir adalah dengan memberikan topping pada donat yang telah digoreng. Topping yang paling umum dan banyak disukai adalah meses coklat dan keju. Namun, saat ini telah tersedia berbagai topping yang enak dan menarik yang bisa menjadi referensi Sedulur. Sedulur tinggal memilih topping sesuai kesukaan Sedulur.

Semoga penjelasan terkait cara membuat donat yang telah dijelaskan di atas bisa membantu Sedulur membuat donat sendiri di rumah. Selain sebagai camilan sore hari, donat juga bisa Sedulur santap sebagai sarapan agar mengawali aktivitas bisa dengan semangat.

Jangan lupa untuk membeli segala bahan yang dibutuhkan dalam resep di atas, Sedulur bisa membeli bahan-bahannya di Aplikasi Super. Selain cara membeli yang mudah dan pelayanan yang membuat Sedulur nyaman, tersedia banyak pilihan bahan sembako kebutuhan memasak dengan harga murah dan kualitas terjamin.

Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super, untuk terlebih dahulu download Aplikasi Super. Mulai gunakan Aplikasi Super untuk kebutuhan sehari-hari, agar kehidupan Sedulur semakin menguntungkan.