Ingin camilan unik dengan rasa menarik? Sedulur bisa melakukan cara membuat cilok dan menjadikan cilok sebagai camilan!

Superapp.id dalam kesempatan ini akan menjelaskan cara membuat dan resep cilok dan bumbu kacang. Penjelasan akan menjelaskan tahapan cara membuat cilok bumbu kacang beserta cara membuat cilok sederhana yang tidak membutuhkan bahan yang sulit.

Bahan membuat cilok sangat sederhana, semakin sederhana resep cilok enak semakin nikmat rasa sambal kacang cilok. Yuk, simak langkah membuat cilok dalam resep cilok kenyal yang akan dijelaskan dalam penjelasan di bawah ini. Simak dengan seksama, jika perlu catat langkah dan tahapannya.

Baca Juga: 6 Resep Kue Putu Ayu Untuk Camilan di Rumah

-->

Langkah dan Cara Membuat Cilok yang Super Praktis, Dijamin Kenyal!

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
ellyshi.com

Bahan yang dibutuhkan dalam cara membuat cilok adalah:

  • 150 gr tepung sagu
  • 75 gr tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • Bumbu penyedap
  • Air hangat secukupnya

Siapkan juga bahan untuk membuat bumbu kacang, yaitu:

  • Kacang Tanah, goreng
  • 3 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • 2 cabai rawit
  • 3 cabai keriting merah
  • 2 sdm gula merah
  • Garam dan kecap
  • Air secukupnya

2. Buat Adonan Cilok

2. Buat Adonan Cilok
idntimes.com

Langkah pertama dalam cara membuat cilok adalah mencampur semua bahan, yaitu tepung sagu, tepung terigu, garam bawang putih halus, merica, dan bumbu penyedap. Masukkan air hangat secara perlahan hingga adonan mengental dan mudah dibentuk. Pastikan adonan tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu cair, hal ini akan mempengaruhi kekenyalan cilok itu sendiri.

Baca Juga: Resep Dimsum Ceker, Camilan Enak Buat Keluarga di Rumah

3. Cetak dan Rebus Cilok

3. Cetak dan Rebus Cilok
modern.id

Setelah adonan cukup kalis dan cukup mudah untuk dibentuk, langkah selanjutnya adalah mencetaknya. Sedulur bisa menyiapkan terlebih dahulu panji dan mengisinya dengan air rebusan. Rebus air terlebih dahulu hingga mendidih. Sedulur cetak cilok dengan bentuk bulat seperti bakso, Sedulur juga bisa memberikan isian untuk cilok, bebas tergantung selera Sedulur. Masukkan cilok dalam rebusan air yang mendidih, tunggu cilok hingga mengapung dan angkat cilok yang mengapung.

4. Siapkan Kukusan

4. Siapkan Kukusan
detik.com

Agar cilok lebih lembut dan kenyal lagi, langkah terakhir adalah mengukus cilok yang telah direbus. Siapkan kukusan, dan masukkan cilok yang telah selesai direbus. Kukus selama 10 hingga 15 menit dengan menggunakan api kecil. Proses mengukus cilok ini akan membuat cilok memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, dan tentu saja membuat cilok semakin matang.

5. Buat Bumbu Kacang

5. Buat Bumbu Kacang
resepkuerenyah.com

Setelah cara membuat cilok selesai dilakukan, dan cilok telah siap dinikmati. Salah satu bagian penting lainnya dalam cara membuat cilok adalah membuat bumbu kacang. Pertama setelah bahan untuk bumbu kacang Sedulur siapkan, Sedulur blender kacang, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai keriting dan tambahkan sedikit air hingga menjadi benar-benar halus.

Lalu siapkan wajan, tambahkan sedikit saja minyak dan masukkan bumbu yang telah dihaluskan dengan blender dan tambahkan gula merah, kecap, garam. Aduk hingga bumbu mengeluarkan minyak dan hingga bumbu kacang benar-benar matang. Jangan lupa untuk cek rasa. Jika sudah pas, cilok siap dinikmati dengan bumbu kacang.

Sekian langkah dan cara membuat cilok yang telah dijelaskan di atas. Cara dan tahapan yang sangat mudah untuk membuat cilok, Sedulur bisa dengan mudah membuatnya, bahannya pun tidak terlalu sulit didapat. Jika Sedulur ingin lebih mendapatkan barang, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini untuk cek kelengkapan barang yang dimiliki Aplikasi Super, termasuk bahan untuk membuat cilok. Jika Sedulur ingin lebih mudah lagi melakukan transaksi, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super agar Sedulur bisa melakukan pembelian barang kebutuhan hanya melalui smartphone. Selamat mencoba!