Cara membuat bumbu dasar bawang putih

Bagi Sedulur yang memiliki hobi memasak, tentu Sedulur sudah tidak asing lagi dengan bawang putih sebagai bumbu dasar memasak. Bahan masakan satu ini memang jadi bumbu yang bisa membantu memberikan aroma dan rasa yang lezat pada sebuah masakan. Ada cukup banyak cara membuat bumbu dasar bawang putih, mulai dari dicincang, diblender, atau hanya digeprek saja.

Untuk penggunaan bumbu bawang putih skala besar dan bisa dipakai dalam berbagai macam jenis makanan, Sedulur bisa mencoba resep bumbu dasar bawang putih spesial ala Super kali ini. Tak hanya bisa membuat makanan jadi semakin lezat, . Hal ini tentu saja akan sangat membantu Sedulur dalam memasak dan menghasilkan rasa yang lebih nikmat.

Lantas bagaimana cara membuat bumbu dasar bawang putih yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita simak langkahnya di bawah ini!

BACA JUGA: 9 Resep Roti Gandum untuk Diet yang Enak dan Mudah Dibuat!

Apa itu Bumbu Dasar Bawang Putih?

Cara membuat bumbu dasar bawang putih
Pete Eats

Sebelum masuk ke pembahasan pembuat bumbu dasar bawang putih, tentu Sedulur harus mengetahui untuk mengenalnya. Sesuai nama dan warnanya, bumbu ini dibuat dari beberapa jenis rempah yang spesifik khususnya bawang putih dan bawang merah.

Kemudian biasanya ada tambahan yang tergolong wajib juga yaitu kemiri dan lengkuas. Dikarenakan nantinya akan ditambah dengan rempah yang berbeda-beda pada saat memasak hidangan tertentu, maka idealnya jangan dulu ditambahkan dengan aneka rempah atau aromatik lainnya bila ingin menyimpan stok.

Bahan-bahan lain bisa ditambahkan ketika akan mulai memasak hidangan tersebut. Bumbu dasar putih bisa digunakan untuk beberapa jenis masakan seperti aneka tumisan sayur, semur, sup, hingga nasi goreng. Sedulur hanya cukup menambahkan beberapa bumbu lain yang dibutuhkan. Contohnya untuk membuat opor, Sedulur tinggal tambahkan daun salam, serai, dan santan. Sementara untuk semur, kamu bisa menambahkan kecap sebagai campurannya.

Bahan yang Dibutuhkan

Cara membuat bumbu dasar bawang putih
Unsplash

Sebelum masuk ke cara membuat bumbu dasar bawang putih, tentu Sedulur wajib tahu dan harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Merupakan sebuah ide yang cemerlang dan menarik ketika Sedulur memutuskan untuk membuat bumbu dasar putih sebagai stock.

Tentu tujuan utamanya adalah agar waktu memasak dapat menjadi lebih singkat. Dengan demikian, kamu tidak perlu mengiris bawang atau menyiapkan kemiri lagi sebelum memasak sehingga tenaga kamu bisa didedikasikan untuk persiapan hal-hal lainnya di dapur.

Untuk proses menghaluskannya, gunakan blender atau food processor agar lebih praktis. Lalu agar tercampur rata, biasanya perlu ditambahkan minyak sebelum diblender ataupun dilebihkan pada saat akan disimpan sehingga lebih panjang usianya.  Berikut ini adalah daftar bahan yang dibutuhkan, yaitu:

  • 15 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 1 ruas jari jahe
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt lada bubuk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk
  • 200 ml minyak goreng

Cara Membuat Bumbu Dasar Bawang Putih

Cara membuat bumbu dasar bawang putih
Padaek

Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bagaimana cara membuat bumbu dasar bawang putih. Adapun langkah yang bisa Sedulur jalankan yaitu sebagai berikut:

  1. Siapkan semua bahan dan cuci bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe serta kemiri.
  2. Campur bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, lada bubuk dan minyak. Haluskan dengan blender hingga benar-benar halus.
  3. Siapkan teflon bersih, tuang bumbu halus ke dalam teflon, tambahkan daun salam dan dau jeruk ke dalam bumbu.
  4. Masak bumbu dengan api kecil hingga aromanya wangi, warnanya berubah pucat dan matang.
  5. Angkat dan diamkan bumbu hingga dingin sebelum akhirnya bumbu disimpan di stoples dan digunakan sebagai bumbu masakan sehari-hari

BACA JUGA: 5 Resep Sambal Dabu-dabu, Cocolan Segar dan Praktis!

Rekomendasi Menu Bumbu Bawang Putih

cara membuat bumbu dasar bawang putih
Masak Apa Hari Ini

Selain cara membuat bumbu dasar bawang putih, tentu Sedulur juga harus tahu rekomendasi masakan dengan bumbu dasar bawang putih. Adapun beberapa rekomendasi masakan dengan bumbu dasar bawang putih adalah sebagai berikut.

1. Semur ayam

Resep pertama yaitu resep semur ayam goreng. Sedulur hanya perlu menambahkan jahe, serai, dan daun salam saat memasaknya bersama bumbu dasar putih. Setelah matang dan bercampur rata, masukkan daging ayam dan telur. Kemudian, selanjutnya tambahkan air, kecap manis, dan bumbu kaldu, gula merah dan pala. Masak hingga mendidih lalu kecilkan api. Setelah kuah mengental, semur ayam siap untuk disajikan. Dijamin sangat nikmat!

2. Opor ayam tanpa santan

Rekomendasi selanjutnya yaitu opor ayam tanpa santan. Salah satu resep dengan rempah-rempah yang lengkap dengan ciri khas aromatik. Pada bumbu dasar putih yang sudah ada, tambahkan lengkuas, kencur, kemiri, jintan, dan gula merah. Masak hingga harum baru tambahkan ayam dan juga susu. Aduk sesekali hingga opor ayam mendidih, lalu kecilkan api dan masak hingga kuah menjadi berminyak. Sajikan selagi hangat.

3. Rawon khas Jawa Timur

Lain halnya dengan semur ataupun opor, rawon menggunakan keluak yang menjadikan warnanya hitam dan cita rasanya unik. Padukan dengan bumbu dasar putih dengan keluak, kunyit, dan cabai merah serta ketumbar. Tumis bumbu halus dan tambahkan daun jeruk, serai, serta lengkuas dan air asam jawa. Masukkan daging dan aduk rata lalu tuangkan air sisa rebusan daging tadi. Bumbui dengan kaldu sapi dan kecap manis. Masak kembali hingga semua tercampur rata dan daging matang. Resep rawon yang lezat ini selesai diolah.

4. Resep empal gentong khas Cirebon

Berbeda dengan semur, opor, ataupun rawon, bumbu dasar putih yang sudah ditumis dengan tambahan jintan, jahe, kunyit, ketumbar, dan merica justru dimasukkan ke dalam rebusan daging sapi. Dalam rebusan ini terdapat berbagai macam rempah yang membuat masakan semakin lezat. Rempah yang dimaksud seperti halnya kayu manis, bunga lawang, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan gula jawa. Tak heran bila empal gentong menjadi masakan yang begitu tenar dan kerap disajikan saat acara-acara istimewa.

5. Resep nasi goreng Jawa

Tak hanya untuk resep-resep berkuah, ternyata bumbu dasar putih juga bisa digunakan untuk hidangan seperti nasi goreng. Khusus yang satu ini, Sedulur bisa menambahkan cabai merah untuk rasa pedas serta ebi agar semakin gurih. Selebihnya tinggal panaskan di atas wajan, tambahkan telur, ayam, bakso, sayur, dan masukkan nasi. Aduk hingga merata dan koreksi rasa, lalu beri topping berupa daun bawang.

Nah itulah resep dan cara membuat bumbu dasar bawang putih disertai dengan beberapa rekomendasi masakan yang menggunakan bawang putih sebagai bumbu dasarnya. Semoga penjelasan di atas membantu dan memudahkan Sedulur di dapur, ya!