cara membuat basreng

Daripada membelinya, mending Sedulur cari tahu bagaimana cara membuat basreng di rumah. Selain lebih hemat, Sedulur juga bisa membuat basreng kapan saja. Basreng merupakan jajanan yang hampir dapat ditemui dengan mudah di pinggir jalan, kawasan sekolah, atau kampus.

Basreng merupakan jajanan khas Jawa Barat yang saat ini sudah dapat dijumpai di mana saja. Penyebarannya disebabkan banyak masyarakat yang menyukainya. Berikut ini adalah resep dan cara membuat basreng yang bisa Sedulur coba agar tidak perlu repot keluar rumah lagi untuk membelinya. Yuk, langsung cek resep dan langkah membuatnya!

BACA JUGA: Resep Misro Khas Bandung Isi Gula Merah Lumer

1. Bahan yang dibutuhkan

cara membuat basreng
kumparan

Dalam resep dan cara membuat basreng kering, Sedulur membutuhkan bahan-bahan di bawah ini.

-->
  • 10 buah bakso, bisa gunakan bakso ikan
  • 1 bungkus BonCabe atau bubuk cabai kasar
  • 2 sendok makan lada atau bubuk cabai halus
  • 6 siung bawang putih
  • 1/2 bungkus penyedap rasa ayam atau 2 sendok makan bubuk balado
  • 8 lembar daun jeruk
  • 3 sendok makan tepung terigu

2. Iris tipis bakso

cookpad

Langkah pertama cara membuat basreng untuk dijual yaitu dengan mengiris tipis bakso atau bakso ikan yang telah tersedia. Jangan lupa mengupayakan tiap ukuran irisan bakso sama atau minimal tidak jauh berbeda. Hal ini bertujuan agar basreng bisa matang secara bersamaan. Lakukan hingga semua bakso selesai diiris.

3. Taburi bakso dengan tepung terigu

cara membuat basreng
i.ytimg

Selanjutnya, cara membuat basreng tepung kanji yaitu menaburi irisan bakso dengan tepung terigu. Kemudian, aduk hingga rata dan pisah-pisahkan irisan bakso yang saling menempel. Tujuan menaburi tepung terigu agar irisan bakso tidak saling menempel dan ketika digoreng tidak saling lengket. Setelah selesai ditaburi tepung dan dipisahkan irisan-irisan yang lengket, ayak bakso agar tepung tidak mengendap saat digoreng.

BACA JUGA: Resep Kue Bugis Ketan yang Legit, Lembut & Kenyal

4. Cara membuat basreng selanjutnya

resepmasakan

Sedulur bisa meneruskan cara membuat basreng pedas daun jeruk dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Siapkan wajan dan panaskan api. Masukkan bakso mentah yang tepungnya sudah diayak, lalu goreng menggunakan api cukup besar.
  2. Cara membuat basreng aci selanjutnya yaitu menggoreng sampai warnanya berubah menjadi sedikit kecokelatan, tekstur ringan, dan renyah. Goreng bakso selama kurang lebih 10—15 menit.
  3. Setelah bakso berubah warna dan tekstur menjadi ringan, angkat dan tiriskan. Biarkan basreng menjadi dingin.
  4. Selagi menunggu basreng dingin, cincang kasar bawang putih, iriskan. Setelah itu, iris tipis daun jeruk yang sudah dicuci bersih terlebih dahulu. Sisihkan. Kemudian, goreng bawang putih dan daun jeruk secara terpisah.
  5. Siapkan kembali wajan dan panaskan minyak secukupnya, masak bawang goreng sampai agak kecokelatan. Jika sudah, pindahkan bawang putih beserta minyaknya ke wadah tahan panas.
  6. Lalu, langkah dan cara membuat basreng pedas kering adalah dengan memanaskan lagi minyak secukupnya, goreng sebentar irisan daun jeruk. Tiriskan dan campur bersama minyak bawang yang sudah dimasak sebelumnya.
  7. Periksa basreng yang sudah didiamkan. Jika sudah dingin, taburi cabai bubuk halus dan minyak bawang, tambahkan taburan cabai kasar. Aduk hingga tercampur merata.
  8. Taburi kembali cabai bubuk, minyak bawang, cabai kasar, dan penyedap rasa. Aduk lagi hingga tercampur merata. Sesuaikan tingkat kepedasan dengan selera. Pindahkan basreng ke dalam wadah, tutup rapat. Resep basreng kaki lima telah selesai dan siap dinikmati.

Sekian resep dan cara membuat basreng yang telah diulas di atas. Semoga bisa jadi rekomendasi camilan bagi Sedulur. Menikmati basreng di tengah musim hujan saat ini merupakan pilihan tepat. Rasa gurih dan pedasnya dapat memberikan sensasi hangat di tengah musim hujan yang dingin. Selamat mencoba!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.