Kenalan Bubur Roomo Khas Gresik yang Legendaris, Tapi Sulit ditemukan!

Bubur roomo adalah salah satu makanan legendaris untuk masyarakat di Gresik, Jawa Timur. Hidangan ini diketahui sudah berusia ratusan tahun dan pernah menjadi makanan utama untuk berbagai macam kegiatan adat masyarakat. Sayangnya, bubur roomo sekarang sudah sulit ditemukan dan terancam punah.

Nama roomo sendiri bukan merujuk pada tokoh keagamaan, tetapi asal dari bubur ini dibuat. Berdasarkan catatan sejarah kuliner yang ada, bubur roomo pertama kali ditemukan di Desa Roomo yang berada di Kecamatan Manyar.

Kalau Sedulur penasaran dengan kisah panjang bubur roomo yang legendaris ini. Mari simak ulasan lengkapnya di bawah. Jangan lupa simak sampai habis karena ada juga resep bubur roomo spesial untuk Sedulur!

BACA JUGA: Resep Brengkes Tongkol, Olahan Ikan Lezat Khas Jawa Timur

Mengenal Bubur Roomo

bubur roomo
Pexels/Abdurrahim Israfilov

Nama bubur roomo diambil dari desa asal kuliner tersebut yaitu dari Desa Romo Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Sebagian orang Gresik menyebutnya Bubur Romo. Disebut demikian karena memang bentuk atau teksturnya yang memang mirip dengan bubur.

Makanan ini memiliki cerita sejarah tersendiri. Konon, dahulu ada seorang wanita warga Desa Romo yang serba kekurangan. Dia kemudian berkeluh kesah kepada seorang dari Sembilan Wali.

Wanita itu bercerita jika sudah bertahun-tahun hidupnya tidak pernah sejahtera dan selalu kekurangan. Hingga puncaknya, saat ini wanita tersebut sudah terlanjur bingung harus berbuat apa lagi, tidak ada sumber penghasilan sedikit pun yang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya beserta keluarga.

Sang Wali kemudian menyarankan agar si wanita menjual desanya. Si wanita itu kebingungan menerjemahkan petunjuk tersebut. Akhirnya, si wanita menemukan jawaban teka-teki tersebut. Dia diminta untuk menjual bubur roomo yang memang menjadi makanan khas desa setempat.

Dan, jadilah kebiasaan warga Romo berjualan bubur roomo jika berada di luar desa tersebut hingga makanan ini begitu terkenal. Lambat laun, penjual bubur roomo mulai bervariasi, banyak di antara mereka menjajakan dengan tambahan sate cecek, telur puyuh, hingga hati ampela.

Meskipun pada dasarnya, kuliner ini hanya disajikan dengan lontong atau ketupat atau nasi yang diletakkan pada takir (daun pisang) dan diratakan. Kemudian ditaburi oleh sayuran, poyah putih, kerupuk (udang atau rambak), dan sambal. Terakhir, siram dengan bubur orange tersebut.

Citarasa dan Keunikan Bubur Roomo

Bubur roomo memiliki tekstur yang sama dengan bubur lainnya namun lebih lembut. Bahan utama dari bubur ini yaitu campuran tepung, udang, cabe besar, lengkuas, kunyit, dan bawang putih. Jika dilihat sekilas bubur roomo hampir mirip dengan bumbu sate padang.

Bubur ini biasanya disajikan dengan nasi atau lontong, namun banyak juga yang hanya memakan buburnya saja. Dibungkus dengan kertas minyak yang dilapisi daun pisang yang biasa disebut takir, bubur ini dilengkapi dengan sayuran hijau, koya yang terbuat dari parutan kelapa yang disangrai, sambal, dan aneka kerupuk yang diremukkan seperti kerupuk udang, kerupuk bawang, dan lainnya.

Memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas, tentu bubur roomo bisa meningkatkan selera makan. Apalagi kalau Sedulur merupakan pecinta hidangan pedas, maka kuliner legendaris ini bisa jadi makanan yang tidak akan pernah terlupakan.

BACA JUGA: Nasi Tahu Ponorogo yang Lezat dan Menggoyang Lidah

Resep Bubur Roomo

sego roomo
Unsplash/Streets of Food

Kalau Sedulur ingin mencoba membuat hidangan legendaris satu ini di rumah. Berikut ada resep yang bisa dicoba.

Bahan:

Bahan bumbu roomo:

  • 1.000 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 100 gram tepung beras
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1 bungkus kerupuk rambak untuk penyajian

Bumbu halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah besar
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 1 sendok teh terasi

Sayuran rebus:

  • 150 gram wortel, diiris korek api, direbus
  • 1 ikat bayam, direbus
  • 100 gram taoge, diseduh

Cara buat: 

  • Mulai dengan memasak nasi terlebih dahulu dengan menggunakan Beras Cap Opung. Masak sampai tanak.
  • Lalu siapkan bahan roomo. Ambil wadah dan larutkan tepung beras di dalam 100 ml santan (dari 1.000 ml). Sisihkan.
  • Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum. Tuang sisa santan sambil diaduk perlahan sampai mendidih.
  • Tambahkan larutan tepung  beras. Aduk sampai meletup-letup.
  • Tata nasi, letakkan wortel, bayam, dan taoge. Tuang bubur tepung beras di atasnya. Sajikan bersama remasan kerupuk rambak.

Trik yang tidak boleh Sedulur lewatkan ketika membuat bubur roomo ini adalah memilih beras yang tepat. Dimana Beras Cap Opung bisa menjadi pilihan terbaik untuk Sedulur karena nasi yang dipadukan dengan bubur roomo akan terasa lebih lezat.

beras cap opung

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan resep seperti bumbu, santan dan lainnya bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp

Nah, itu tadi ulasan lengkap tentang bubur roomo yang legendaris dari Gresik, Jawa Timur. Semoga informasi ini bisa menjadi angin segar untuk Sedulur yang ingin membuat hidangan langka ini di rumah. Jadi selamat mencoba ya!