Resep bubur ketan hitam yang kaya gizi, cocok diolah untuk sarapan pagi dan camilan sore di rumah!

Bubur ketan hitam atau bubur pulut hitam merupakan makanan yang berbahan dasar beras ketan hitam. Beras ketan hitam memiliki tekstur yang keras. Namun, apabila diolah dengan baik, teksturnya akan menjadi lebih lembut. Sangat cocok dimasak menjadi makanan manis dan legit, seperti bubur ketan.

Selain rasanya yang enak, resep bubur ketan hitam layak dicoba karena ketan hitam sendiri memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Warnanya yang hitam menandakan kandungan antosianin yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melawan kanker, penyakit jantung, mencegah anemia, dan baik untuk pencernaan.

Untuk mengolah resep bubur ketan hitam yang pulen, sebaiknya Sedulur pandai-pandai memilih jenis ketan hitam. Di pasaran, biasanya tersedia dua jenis ketan hitam. Ada yang belum disosoh, memiliki warna ungu gelap dan teksturnya keras. Sedangkan yang sudah disosoh, warnanya ungu muda dan terdapat sisa kulit ari pada bulir berasnya. Maka, pilihlah yang sudah disosoh ya.

-->

Selanjutnya adalah cara memasak bubur ketan hitam. Meski sederhana, cara ini merupakan resep bubur ketan hitam spesial yang akan membuat bubur ketan Sedulur menjadi makanan yang bercita rasa gurih dan bertekstur empuk. Yuk, langsung simak saja cara membuat bubur ketan hitam berikut ini.

Baca Juga: 10 Resep Seblak Kuah Super Pedas, Enak & Praktis

Resep Bubur Ketan Hitam yang Empuk, Legit, dan Gurih

Kali ini, SuperApp.id akan menyajikan resep bubur ketan hitam mudah dengan tips-tips yang akan membuat bubur ketan hitam buatan Sedulur menjadi lebih terasa empuk, legit, dan gurih. Mari perhatikan bahan-bahan dan cara membuatnya.

1. Bahan yang Perlu Disiapkan

1.  Bahan yang Perlu Disiapkan
idntimes.com

Untuk mengolah resep bubur ketan hitam, Sedulur perlu mempersiapkan bahan-bahan berikut ini. Bahan untuk bubur ketan:

  • 2 liter air bersih
  • 350 gram ketan hitam, rendam selama 2 jam
  • 3 lembar daun pandan, potong-potong
  • 4 cm jahe, memarkan
  • 250 gram gula merah, sisir
  • 1 sendok teh garam

Bahan untuk saus santan:

  • 500 ml santan kental
  • ¼ sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan, ikat simpul

2. Merendam Beras Ketan Hitam

2. Merendam Beras Ketan Hitam
sriwahyuniblogaddress.blogspot.com

Tahap pertama yang perlu Sedulur lakukan adalah merendam beras ketan hitam dengan air dingin terlebih dahulu. Kemudian, cuci bersih ketan hitam, lalu tiriskan. Setelah itu, rendam kembali beras ketan hitam selama 2 sampai 3 jam. Beras ketan akan terlihat mengembang dan air rendamannya menjadi bening. Tiriskan beras  ketan hingga kering.

Proses mencuci dan merendam beras ketan tersebut merupakan cara memasak ketan hitam biar cepat empuk. Biji-bijian seperti ketan hitam sebaiknya direndam terlebih dahulu sebelum dimasak, agar bisa hancur ketika direbus. Teksturnya pun akan menjadi lebih lembut.

Baca Juga: Resep Sup Merah Khas Surabaya yang Menggugah Selera

3. Rebus Beras Ketan Hitam

3. Rebus Beras Ketan Hitam
detik.com

Siapkan air bersih ke dalam panci, kemudian didihkan. Tambahkan 1 sampai 2 lembar daun pandan, jahe untuk membuat aromanya harum dan sedikit garam. Masukan beras ketan hitam yang sudah ditiriskan. Masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk hingga beras ketan mengembang dan air rebusannya menjadi kental. Kecilkan api, kemudian aduk kembali.

4. Tambahkan Gula setelah Ketan Hancur

4. Tambahkan Gula setelah Ketan Hancur
bukalapak.com

Proses penambahan gula penting dilakukan setelah ketan hancur. Hal itu dilakukan untuk menghindari kerak dari gula sehingga bisa membuat bubur ketan menjadi cepat gosong. Pada tahap ini, bubur sudah mengeluarkan kanji yang membuat kuahnya kental kehitaman. Setelah bubur kental dan empuk, matikan api.

5. Masak Saus Santan

5. Masak Saus Santan
tribunnews.com

Rebus santan dengan api kecil bersama sedikit garam dan daun pandan. Masak hingga mendidih. Untuk hasil resep bubur ketan hitam yang maksimal, sebaiknya Sedulur gunakan santan dari kelapa segar sehingga rasanya akan terasa lebih gurih alami. Bubur ketan siap disajikan dengan saus santan.

Sekian resep bubur ketan hitam yang bisa Sedulur coba di rumah. Resep bubur ketan hitam ini bisa divariasikan dengan berbagai macam topping loh. Sedulur bisa sajikan dengan sereal, roti, biskuit, hingga waffle. Untuk resep bubur ketan hitam yang lebih segar, Sedulur bisa menambahkan aneka buah-buahan sebagai toppingnya.

Sedulur bisa beli bahan untuk membuat bubur ketan hitam di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk cek bahan yang tersedia di Aplikasi Super, dan juga klik di sini untuk download Aplikasi Super. Selamat mencoba!