Mengenal Bebek Songkem Khas Sampang yang Sedap

Kekayaan kuliner tanah air memang tidak pernah ada habisnya. Di Madura, Sedulur bisa menemukan satu hidangan yang sangat menggugah selera bernama bebek songkem Sampang. Hidangan ini salah satu makanan paling populer setelah sate dan bebek goreng bumbu hitam lho.

Bebek songkem sendiri memiliki filosofi yang begitu dalam. Hal ini lantaran bebek songkem menjadi salah satu makanan yang digunakan untuk melakukan ritual sungkeman kepada orang yang dihormati seperti kyai atau para tetua adat di Sampang, Madura.

Nah, kalau Sedulur penasaran dengan makanan khas satu ini. Mari simak ulasan lengkap dan juga resep bebek songkem Sampang di bawah!

BACA JUGA: Campur Lorjuk, Kuliner Pamekasan yang Gurih dan Nikmat

Mengenal Bebek Songkem

bebek songkem sampang
Unsplash/Anshu A

Bebek songkem adalah kuliner tradisional yang memiliki nilai filosofi yang begitu dalam dalam budaya masyarakat Madura. Nama bebek songkem berasal dari bentuk daging bebek yang dimasak dengan cara ditekuk seperti orang yang sedang sungkem.

Nama ini juga tidak lepas dari digunakannya bebek songkem sebagai simbol penghormatan dan terima kasih masyarakat Madura kepada kyai yang sudah mengajari anak-anak mereka mengaji tanpa dibayar.

Madura sendiri memang dikenal sebagai kawasan yang agamis dan begitu kental dengan ajaran Islam. Hampir di setiap desa di Madura memiliki seorang kyai yang dihormati oleh warga. Dan saat orang-orang ingin bersilaturahmi ke rumah para kyai, menu bebek ini akan dibawa untuk dijadikan oleh-oleh sekaligus tanda hormat saat melakukan sungkeman khususnya masyarakat di kawasan Sampang.

Keunikan dan Citarasa

Hidangan ini memang cukup unik dan menarik untuk dicoba saat berkunjung ke Madura. Bagaimana tidak, apabila umumnya bebek digoreng dan disantap bersama sambal. Sedulur bisa merasakan pengalaman makan bebek dengan berbeda karena hidangan ini dimasak dengan cara diungkep seperti pepes.

Rasa dari bebek songkem juga cenderung pedas dan dijamin bisa membuat ketagihan saat menyantapnya bersama nasi panas. Belum lagi aroma rempah berpadu dengan manis karena bebek dimasak dengan cara dibungkus bersama daun pisang.

Selain itu, cara masak yang dilakukan selama 3 sampai 4 jam tanpa menggunakan air juga membuat bebek songkem memiliki daging yang lembut. Dimana bebek akan dikukus menggunakan batang pisang yang ternyata dapat mengurangi kadar kolesterol dan lemak dari daging bebek yang dimasak.

BACA JUGA: Resep Pepes Bandeng Bumbu Rujak untuk Menu Rumahanmu

Resep Bebek Songkem

bebek songkem sampang
Unsplash/Caroline Attwood

Sebenarnya resep bebek songkem Sampang ini cukup mudah dan bisa dibuat di rumah sendiri. Apabila Sedulur tertarik membuatnya, maka bisa mencoba resep berikut ya!

Bahan utama:

  • 1 ekor bebek yang sudah dibersihkan, potong-potong
  • 1 buah jeruk nipis
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Bumbu halus:

  • 10 buah cabai merah keriting
  • 10 siung bawang merah
  • 5 buah cabai rawit atau sesuai selera
  • 6 siung bawang putih
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1/2 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat

  • Lumuri daging bebek dengan perasan jeruk nipis dan sedikit garam. Diamkan selama 30 menit.
  • Panaskan daun pisang yang masih segar di atas api kompor agar layu dan mudah dibentuk.
  • Lumuri daging bebek dengan bumbu halus. Ambil daun pisang secukupnya dan isi dengan daging bebek yang sudah dibumbui. Ikat setiap ujungnya atau semat dengan tusuk gigi.
  • Kukus selama kurang lebih 3 jam lamanya. Setelah itu bisa disajikan dengan nasi hangat.

Oia, biar menyantap menu bebek songkem Sampang ini makin nikmat, jangan sembarangan pakai nasi hangat ya. Sedulur sebaiknya mencoba nasi dari Beras Perirasa yang sudah Jelas Hematnya dan Jelas Rasanya, agar makan jadi makin lahap dan mantap.

Perirasa

Sedulur bisa memilih varian beras mulai dari Beras Perirasa Hijau yang jelas berkualitas premium dan Beras Perirasa Biru yang jelas ramah di kantong. Sedulur tidak perlu khawatir karena Perirasa mudah ditemukan dimana saja kok.

Kamu bisa mendapatkan produk-produk Perirasa di SuperApp, Blibli, Shopee GSA, TikTok Shop GSA, Tokopedia GSA, Supermarket di kota-kota di Jawa Timur (Sakinah, Besmart Ai, dan masih banyak lagi), serta warung kelontong terdekat. Untuk informasi lengkap tentang Perirasa, bisa langsung buka Website Perirasa atau akun Instagram Perirasa.

Nah itu tadi ulasan lengkap tentang kulinar bebek songkem khas Sampang, Madura yang menarik untuk Sedulur coba. Walaupun memiliki bumbu dan cara masak yang sederhana, hidangan ini dijamin bisa memberikan sensasi makan bebek yang berbeda lho. Jadi selamat mencoba ya Sedulu!