Yuk simak resep olahan bihun jagung dan cara memilih dan mengolahnya dengan benar, agar bihun kenyal dan nikmat saat disantap!

Olahan bihun jagung merupakan salah satu resep masakan yang umum dan merakyat. Dinyatakan merakyat karena bihun merupakan bahan makanan yang mudah didapat dan juga memiliki harga yang murah. Selain itu, bihun juga sangat mudah dikreasikan dengan berbagai bahan lainnya.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas resep bihun jagung goreng dengan beberapa cara olahan bihun jagung dengan resep dan bumbu rahasia. Banyak cara memasak bihun jagung yang bisa Sedulur lakukan, namun resep bihun jagung goreng spesial dari Superapp.id kali ini tidak akan Sedulur dapatkan di tempat lain.

Hal itu, karena cara rahasia dalam esep bihun jagung goreng pedas atau olahan bihun jagung lainnya ada pada cara memilih bihun jagung itu sendiri. Setelah memilih bihun jagung yang baik, Sedulur juga wajib mengetahui cara mengolah bihun sebelum dimasak, agar aneka olahan bihun jagung yang Sedulur buat tidak memiliki bihun yang hancur dan lembek.

-->

Maka dari itu, Sebelum masuk dalam bahasan membuat olahan bihun jagung yang nikmat, kita bahas terlebih dahulu resep rahasia mengolah bihun, yaitu cara memilih dan mengolah bihun sebelum dimasak dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Ikan Salmon Super Enak & Mudah Dibuat

Cara Memilih Bihun Jagung yang Baik

Cara Memilih Bihun Jagung yang Baik
Sumber: katalogkuliner.com

Terdapat banyak jenis bihun yang dibuat menjadi berbagai olahan bihun jagung. Bihun yang paling enak dan kenyal saat diolah menjadi masakan adalah bihun jagung. Kekenyalan bihun jagung lebih nikmat dan lezat untuk dijadikan berbagai olahan. Bahkan cemilan dari bihun jagung pun nikmat dan lezat.

Bihun jagung yang baik dan akan mudah diolah adalah bihun jagung yang memiliki tekstur yang tidak terlalu keras dan tidak rapuh. Sedulur juga bisa melihat warna dari bihun jagung saat membelinya. Jangan pilih bihun jagung yang berwarna terlalu putih, pilih bihun jagung yang berwarna agak kuning. Agar bihun jagung nikmat dan lezat. Setelah mengetahui cara memilih buhun jagung, Sedulur juga wajib mengetahui cara mengolah bihun sebelum dimasak.

Cara Mengolah Bihun Jagung Sebelum Dimasak

Cara Mengolah Bihun Jagung Sebelum Dimasak
Sumber: idntimes.com

Terdapat beberapa langkah yang perlu Sedulur lakukan sebelum memasak bihun jagung. Agar bihun jagung tidak rusak dan lembek saat dimasak menjadi berbagai olahan bihun jagung. Tentunya, Sedulur sangat wajib memilih bihun jagung yang memiliki kualitas baik, sebagaimana cara memilih bihun jagung yang telah dijelaskan di atas.

Langkah pertama, jangan sekali-kali merebus bihun jagung. Karena bihun memiliki karakteristik yang rapuh dan mudah batang dibandingkan dengan mie. Maka, Sedulur cukup merendah bihun jagung dengan wakut yang sesuai. Sedulur bisa menggunakan air yang sangat mendidih, dan cukup rendam bihun dalam waktu 5 menit.

Selain itu Sedulur juga bisa menambahkan minyak dan dicampurkan dalam air yang mendidih. Hal ini akan membuat bihun lebih kenyal dan lebih gurih. Lalu, satu hal yang patut Sedulur ingat, ketika mengolahnya, jangan terlalu sering mengaduk bihun, agar tekstur bihun tetap kenyal.

Baca Juga: Bikin Nagih! Ini Dia Resep Bakwan Udang yang Enak & Gurih

Resep Olahan Bihun yang Nikmat

1. Bahan yang Dibutuhkan

1.   Bahan yang Dibutuhkan
Sumber: sajiansedap.grid.id

Untuk membuat bihun jagung yang nikmat, Sedulur bisa mengolahnya menjadi masakan yang nikmat kali ini. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya adalah:

  • 2 siung bawang yang telah dipotong cincang
  • Daun bawang sesuai selera,
  • Cabai rawit secukupnya,
  • 1 butir telur,
  • 4 buah bakso dipotong sesuai selera,
  • 1 buah sosis secukupnya,
  • 100 gr daging ayam iris,
  • Sawi putih sebagai sayuran.
  • 2 sdm saus tiram,
  • 1 sdm kecap asin
  • Gula, garam, lada dan bumbu penyedap secukupnya.

2. Cara Membuatnya

2.   Cara Membuatnya
Sumber: cookpad.com

Setelah bahan terkumpul, langkah selanjutnya dalam membuat bihun jagung goreng. Pertama panaskan minyak, lalu goreng telur kemudian sisihkan. Atau bisa juga telur diorek sesuai selera. Panaskan kembali minyak, untuk menumis bumbu-bumbu. Setelah mengeluarkan aroma wangi, masukan bihun jagung dan aduk rata. Selanjutnya masukkan bumbu-bumbu perasa yang telah disediakan. Aduk rata, cicip dan tes rasa. Jika telah sesuai selera, bihun jagung goreng siap disajikan.

Beli Bihun Jagung Di Aplikasi Super

Beli Bihun Jagung Di Aplikasi Super
Sumber: superapp.id

Semoga cara memilih bihun dan cara mengolahnya di atas bisa memberi tambahan informasi dan rekomendasi menu masakan di rumah Sedulur. Jangan lupa juga untuk membeli bahan dan bihun di Aplikasi Super.

Harga setiap bahan dan sembako di Aplikasi Super dijamin mudah meriah, jika tidak percaya Sedulur bisa cek langsung dengan download Aplikasi Super. Jangan lupa juga kunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini dan pelajari segala sesuatu terkait Aplikasi Super.