mengubah kuota lokal tri di iphone

Provider 3 (Tri) menjadi salah satu layanan telekomunikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya memberikan jaringan yang luas dan kuat, banyak paket internet Tri yang cocok untuk anak muda karena memiliki kuota lokal yang besar. Namun, untuk bisa mengubah kuota lokal Tri di iPhone perlu dipelajari lebih lanjut.

Hal ini tak lepas dari adanya sistem yang berbeda pada ponsel seperti iPhone dibandingkan HP berjenis Android. Nah, jika Sedulur penasaran bagaimana cara mengubah kuota lokal Tri di iPhone agar internet bisa makin lancar dan puas. Simak berikut ini tipsnya!

BACA JUGA: 11 Cara Mendapatkan Kuota Gratis Indosat Terbaru 2023!

Memahami Kuota Lokal 3 Tri

mengubah kuota lokal tri di iphone
CNBC

Kuota lokal Tri adalah kuota Internet yang tidak memiliki batas jaringan untuk menggunakannya, pengguna bisa menggunakan kuota internet lokal ini pada semua jaringan baik itu 2G/3G/4G LTE selama 24 jam penuh sama seperti kuota reguler biasa. Namun kuota internet lokal ini hanya bisa digunakan pada lokasi atau wilayah aktivasi kartu perdananya.

Seperti misalnya Sedulur membeli kartu perdana BM Tri di daerah Solo, maka akan mendapatkan bonus kuota lokal, maka kuota lokal tersebut hanya bisa digunakan di wilayah Solo saja. Jika Sedulur bepergian ke kota lain maka kuota lokal tersebut tidak bisa digunakan.

Untuk menggunakan kuota lokal Tri, Sedulur harus menghabiskan terlebih dahulu kuota reguler. Untuk pemakaian internet selanjutnya akan secara otomatis yang terpotong adalah kuota lokal.

BACA JUGA: 4 Cara Menggunakan Kuota Malam Smartfren di Siang Hari

Cara Mengubah Kuota Lokal Jadi Reguler di iPhone

Wired

Keterbatasn kuota lokal Tri yang hanya bisa digunakan pada wilayah tertentu saja memang cukup membuat kesa. Namun, Sedulur tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengubah kuota lokal Tri di iPhone dengan mudah.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Fake GPS Location atau aplikasi serupa. Berikut ini langkahnya:

1. Download aplikasi pengubah lokasi

Langkah pertama, Sedulur harus mendownload aplikasi pihak ketiga bernama Fake GPS Location atau aplikasi sejenisnya di App Store. Jika sudah, Sedulur bisa langsung membuka aplikasi tersebut dan mengikuti setiap langkah awalnya.

Namun, untuk informasi awal, peggunaan aplikasi ini harus dilakukan pada ponsel yang sudah di-rooting atau Sedulur harus mengaktifkan mock location lewat mode pengembang. Dimana mode ini bisa ditemukan lewat Settings.

2. Atur lokasi sesuai wilayah asal provider

Setelah berhasil masuk ke mode Mock Location App atau mode meniru lokasi, Sedulur bisa mencari lokasi palsu yang ingin digunakan. Hal ini biasanya merujuk pada area wilayah yang sebelumnya kartu Tri tersebut didaftarkan.

Setelah itu, Sedulur harus memastikan bahwa fitur GPS di ponsel sudah menyala dan terhubung dengan aplikasi tersebut.

3. Cocokkan lokasi dengan aplikasi

Langkah terakhir, Sedulur bisa mulai menggunakan Fake GPS Location dan mencari lokasi kota asal yang digunakan untuk mengaktifkan kartu Tri. Misalnya kota asal kartu tersebut adalah Surabaya, maka tinggal ditulis saja dan dicari hingga berhasil.

Aplikasi Fake GPS tersebut akan langsung aktif di belakang layar sehingga Sedulur akan dianggap selalu berada di Surabaya meskipun keluar kota. Namun, cara ini tidak bisa sepenuhnya berhasil dan Sedulur harus bisa mencoba-coba.

Demikian tadi deretan tips dan trik cara mengubah kuota lokal di iPhone. Semoga dengan penjelasan di atas, Sedulur bisa menggunakan kuota lokal yang dimiliki agar tetap bisa berinternet dengan mudah dimanapun kamu berada ya!