cara transfer pulsa sesama telkomsel

Telkomsel merupakan salah satu provider yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain karena harganya yang terjangkau dan memiliki jaringan terkuat kuat di berbagai daerah Indonesia. Telkomsel juga mengembangkan fitur menarik untuk para penggunanya. Salah satunya adalah cara transfer pulsa sesama Telkomsel.

Beragam fitur dari Telkomsel juga membuat masyarakat Indonesia semakin nyaman menggunakan Telkomsel sebagai provider pilihan. Dimana fitur transfer pulsa misalnya, dapat dijadikan solusi disaat keadaan darurat. Artikel kali ini akan membahas cara transfer pulsa sesama Telkomsel . Cara transfer pulsa dari Telkomsel meliputi cara transfer pulsa ke sesama Telkomsel , cara transfer pulsa lewat sms, dan  biaya transfer pulsa sesama pengguna.

Supaya Sedulur tidak bingung dan bisa melakukan cara transfer pulsa sesama Telkomsel dengan benar. Simak penjelasannya dengan seksama di bawah ini ya!

-->

BACA JUGA: Cara Beli Paket Internet di Aplikasi Super, Mudah Banget!

Daftar cara transfer pulsa sesama Telkomsel

Ada beberapa langkah yang bisa Sedulur lakukan untuk bisa melakukan transfer pulsa ke sesama pengguna Telkomsel. Bahkan, pihak provider memberikan layanan yang mudah agar setiap jaringan pengguna bisa terbangun dengan baik. Berikut ini caranya!

1. Transfer pulsa melalui aplikasi MyTelkomsel

cara transfer pulsa sesama telkomsel
Money Kompas

Cara pertama dapat dilakukan melalui aplikasi MyTelkomsel. MyTelkomsel merupakan aplikasi dari Telkomsel untuk para pengguna yang dapat mengontrol penggunaan pulsa dan paket internet. Cara transfer pulsa sesama Telkomsel via Mytelkomsel sangat mudah, yaitu:

  1. Buka aplikasi MyTelkomsel.
  2. Masuk ke menu Gift.
  3. Masukkan nomor tujuan transfer pulsa.
  4. Pilih menu Transfer Pulsa
  5. Pilih metode pembayaran yang diinginkan.

Terdapat beberapa metode pembayaran, bisa melalui e-banking atau dipotong dengan pulsa yang kita miliki. Selanjutnya Sedulur diminta untuk memasukkan kode OTP dan pulsa pun telah terkirim dan diterima oleh nomor tujuan.

2. Transfer pulsa menggunakan SMS

cara transfer pulsa sesama telkomsel
Komunitas Hemat Sikatabis

Cara selanjutnya adalah cara transfer pulsa sesama Telkomsel lewat sms. Melakukan cara ini tidak sulit alias sangat mudah. Berikut adalag langkah-langkah yang bisa Sedulur ikuti.

  1. Buka aplikasi Pesan yang ada di HP Sedulur.
  2. Buat pesan baru dan pilih nomor tujuan yang akan dikirimi pulsa.
  3. Format SMS-nya adalah TPULSA(spasi)Nominal pulsa.
  4. Kirim SMS tersebut ke nomor 858 dan tunggu beberapa saat.
  5. Sedulur akan mendapatkan SMS konfirmasi dari 858.
  6. Balas SMS tersebut sebagai konfirmasi dengan ketik YA.

Harap diingat, jumlah pulsa yang kita miliki setelah dipotong biaya transaksi dan pulsa yang dikirim harus masih tersisa minimal RP 5.000. Jadi, jika pulsa yang kita miliki Rp20.000 dan akan melakukan pengiriman pulsa sejumlah Rp15.000 hal tersebut tidak akan bisa dilakukan.

Karena, setelah dikurangi biaya transaksi Rp1.850 dan jumlah pulsa yang dikirim yaitu Rp15.000, ini artinya sisa pulsa yang kita miliki setelah transfer pulsa adalah Rp3.150 alias kurang dari Rp5.000.

BACA JUGA: Cara Beli Paket Internet di Aplikasi Super, Mudah Banget!

3. Transfer pulsa sesama Telkomsel melalui UMB

Komunitas Hemat Sikatabis

Cara transfer pulsa sesama Telkomsel yang ketiga adalah dengan menggunakan fitur UMB atau via aplikasi panggilan yang ada di smartphone atau handphone kita. Cara ini juga mudah sekali, kita bisa melakukan transfer pulsa Telkomsel ke XL,  transfer pulsa Telkomsel ke Trii, maupun transfer pulsa Telkomsel ke Smartfren. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Sedulur ikuti.

  1. Pada ponsel yang Sedulur miliki, buka menu “Panggilan”.
  2. Jika sudah, ketikkan *858# dan tekan “Panggilan”.
  3. Lanjutkan dengan memilih nomor ‘1’ pada opsi “Transfer Pulsa”.
  4. Masukkan nomor penerima dan nominal yang Sedulur ingin kirim.

Masukkan dengan teliti, jangan sampai salah memasukkan nomor tujuan. Setelah itu tunggu saja sampai ada SMS konfirmasi balasan dari 858. Cara kirim pulsa Telkomsel melalui Telkomsel ini menjadi metode yang paling umum digunakan. Metode ini menjadi favorit karena kita akan mendapatkan rincian transaksi yang dilakukan lewat SMS yang bisa dibaca setelah transaksi selesai.

Daftar Biaya Transfer Pulsa Telkomsel

cara transfer pulsa sesama telkomsel
Hivelife

Cara transfer pulsa sesama Telkomsel tidak gratis atau bebas kita lakukan begitu saja. Ada biaya yang harus dan wajib kita keluarkan. Biasanya, biaya transfer pulsa telkomsel ditentukan berdasarkan jumlah dari pulsa yang dikirim.

Ambil contoh, jika Sedulur transfer pulsa antara Rp5000 – Rp19.000, maka biaya yang dikenakan adalah Rp1850 setiap transaksi transfer pulsa yang dilakukan. Namun, jika Sedulur melakukan transfer pulsa Rp20.000 atau lebih, maka biaya transaksi transfer pulsa yaitu Rp2000.

Selain biaya transfer pulsa, Telkomsel juga memberikan ketentuan dan syarat maksimal dalam melakukan transfer pulsa kepada nomor yang sama hanya sekali dalam satu hari. Kita tidak bisa melakukan cara transfer pulsa sesama Telkomsel dua kali kepada nomor yang sama. Berikut ini ketentuan dan syarat lengkap dalam melakukan transfer pulsa ke sesama Telkomsel .

Syarat dan Ketentuan

prime-dcs

Telkomsel memberlakukan beberapa syarat untuk transfer pulsa. Berikut syarat dan ketentuan yang disampaikan oleh pihak Telkomsel secara resmi, akan disampaikan dalam poin di bawah ini:

  • Dalam setiap transaksi, pulsa yang dapat ditransferkan ke sesama pengguna Telkomsel antara minimal Rp5000 dan maksimal Rp1.000.000.
  • Maksimal dalam transaksi di setiap harinya per nomor adalah sebanyak 250 transaksi.
  • Pengirim pulsa harus sedang dalam status masa aktif, sedangkan penerima paling maksimal harus berstatus dalam masa tenggang.
  • Setiap transaksi dalam transfer pulsa tidak akan mengubah masa aktif nomor si penerima transfer. Jika penerima pulsa ada dalam masa tenggang, maka pulsa transfer dapat digunakan setelah penerima memperpanjang masa aktif dengan melakukan isi ulang.
  • Nominal yang bisa ditransferkan tidak akan dihitung sebagai pemakaian oleh pengirim, namun biaya transfer pulsa akan dihitung sebagai pemakaian oleh pengirim.
  • Pelanggan setia Telkomsel bisa melakukan transfer pulsa jika masa aktif nomor Telkomsel sudah lebih dari 3 hari.

Ketentuan dan syarat yang diberikan langsung dan secara resmi oleh pihak Telkomsel tersebut, sebaiknya dipahami betul oleh kita sebagai pengguna Telkomsel . Agar dalam melakukan fitur transfer pulsa, kita tidak mendapatkan hambatan sama sekali.

Pada dasarnya transfer pulsa merupakan keadaan darurat yang bisa kita lakukan saat membutuhkan pulsa mendadak dan tidak dapat menemukan toko, warung atau tempat yang menyediakan layanan jual pulsa.

Tidak seperti membeli barang di warung, beli pulsa harus ke tempat khusus yang memang menyediakan layanan yang khusus pulsa, listrik dan uang digital. Namun, saat ini kecenderungan harga pulsa menjadi sangat murah dan mudah didapat.

Salah satu cara untuk membeli pulsa paling mudah dengan harga murah yaitu membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super saat ini dapat melayani pembelian pulsa dan transaksi uang digital lainnya. Simak ulasan cara membeli pulsa di Aplikasi Super di bawah ini, agar Sedulur tidak harus meminjam pulsa dengan melakukan cara transfer pulsa sesama Telkomsel.

Cara Beli Pulsa di Aplikasi Super

 cara transfer pulsa sesama telkomsel
Aplikasi Super

Simak langkah di bawah ini, untuk dapat melakukan cara beli pulsa di Aplikasi Super:

  • Download Aplikasi Super di Playstore atau Appstore.
  • Selanjutnya tunggu Aplikasi Super terinstall di smartphone Sedulur.
  • Masuk ke Aplikasi Super, lalu pilih menu produk digital dan lalu pilih “pulsa dan paket data”
  • Masukkan nomor Telkomsel yang Sedulur miliki.
  • Pilih nominal pulsa yang akan dibeli, tersedia banyak nominal yang bervariasi.
  • Lalu klik konfirmasi. Dan tunggu pulsa masuk ke nomor Telkomsel Sedulur.

Nah itulah beberapa cara yang bisa Sedulur ikuti untuk bisa melakukan transfer pulsa dari Telkomsel ke Telkomsel maupun ke operator lain. Selain bisa menggunakan cara manual dan melalui Aplikasi Super, masih ada satu cara lagi yang bisa Sedulur gunakan dengan lebih praktis. Cara tersebut adalah membeli pulsa melalui Super Agen terdekat.

Tak hanya melayani pembelian pulsa, Super Agen juga menyediakan kemudahan untuk berbagai pembayaran lainnya. Sedulur bisa meminta untuk pembayaran token listrik, tagihan BPJS, hingga tagihan PDAM setiap bulannya. Cukup membayar sesuai nominal yang ditagihkan, semua urusan Sedulur akan langsung terselesaikan dengan cepat. Selamat mencoba!