cara cek kuota smartfren yang dipasang di modem

Bagi para pengguna modem Smartfren, apakah sudah tahu cara cek kuota smartfren yang dipasang di modem? Jika belum tahu dan sedang mencari informasi mengenai hal tersebut, tidak perlu khawatir. Kita akan mengulasnya secara lengkap.

Seperti yang telah kita ketahui, internet saat ini menjadi salah satu kebutuhan yang berperan penting dalam mendukung aktivitas sehari-hari. Sementara di Indonesia sendiri, terdapat banyak provider yang menghadirkan paket internet berupa kuota modem dengan harga murah.

Salah satunya adalah MiFi Smartfren, dimana banyak orang yang memilih modem satu ini karena harga paket yang ditawarkan relatif terjangkau. Jika Sedulur ingin tahu cara cek kuota Smartfren yang dipasang di modem, simak informasi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 5 Cara Setting Router Wifi di Rumah, Langsung Connect!

Mengenal MiFi Smartfren

cara cek kuota smartfren yang dipasang di modem
Unsplash/Deepak Kumar

Sebelum membahas mengenai cara mengetahui kuota Smartfren yang dipasang di modem, ada baiknya kita pahami tentang modem Smartfren. Jadi, modem Smartfren merupakan salah satu perangkat yang berfungsi dijadikan sebagai hotspot internet.

Dengan perangkat yang satu ini, Sedulur dapat terhubung dengan koneksi internet yang lebih stabil. Bahkan koneksi internet tersebut dapat digunakan pada beberapa device secara langsung. Ya, MiFi Smartfren ini menjadi salah satu modem dengan peminat yang cukup tinggi di Indonesia.

Namun sedikit berbeda antara MiFi Smartfren dengan WiFi pada umumnya. Jika kuota internet pada WiFi sifatnya unlimited alias tidak terbatas, maka MiFi Smartfren ini menggunakan kuota internet. Jadi memang kuota tersebut harus dicek secara berkala, agar tidak habis secara tiba-tiba saat digunakan.

BACA JUGA: 18 Modem Internet 4G & 5G Terbaik Hingga Tercepat di Tahun Ini!

Cara Cek Kuota Smartfren yang Dipasang di Modem

cara cek kuota smartfren yang dipasang di modem
Pexels/Caio

Nah, jadi ada beberapa cara cek kuota smartfren yang dipasang di modem yang dapat dilakukan. Mulai dari aplikasi ponsel, web browser ponsel, hingga web browser di PC atau laptop. Langsung saja, berikut ini beberapa metode yang dapat Sedulur coba!

1. Cara Cek Kuota Smartfren via Aplikasi MyLink M2Y

Cara cek kuota smartfren yang dipasang di modem pertama, adalah melalui aplikasi. Nah, aplikasi yang dimaksud adalah MyLink M2Y. MyLink M2Y sendiri merupakan aplikasi bawaan yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai layanan dari MiFi Smartfren.

Bagi Sedulur yang ingin mencoba cara mengetahui kuota Smartfren yang dipasang di modem melalui aplikasi MyLink M2Y, ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini!

  • Bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasi MyLink M2Y, download dan install terlebih dahulu di ponsel yang digunakan.
  • Jika sudah berhasil diinstall, langsung saja buka aplikasi tersebut.
  • Setelah itu, klik pada menu MySmartfren.

Nantinya, secara otomatis kuota dari kartu Smartfren yang terpasang di modem akan muncul di halaman aplikasi MyLink M2Y. Dapat dikatakan jika ini adalah cara yang paling mudah. Selain mengecek kuota Smartfren, Sedulur juga bisa mengakses berbagai layanan yang ada di aplikasi tersebut.

2. Cara Cek Kuota Modem Smartfren via Browser di Ponsel

Jika ponsel yang Sedulur gunakan tidak memiliki sisa memori yang cukup untuk mendownload dan menginstal aplikasi M2Y, maka tidak usah khawatir. Sedulur tetap bisa mengecek kuota modem Smartfren melalui browser yang ada di ponsel tersebut.

Browser yang dimaksud bisa saja Google Chrome, Opera, Mozilla, dan lain sebagainya. Tanpa berlama-lama, simak langkah-langkah berikut ini.

  • Jalankan dulu salah satu aplikasi browser yang ada di ponsel Sedulur.
  • Tulis alamat “andromax.m2y” pada kolom URL.
  • Nantinya akan muncul halaman utama dari web My Smartfren.
  • Silahkan login dengan menggunakan username dan password.
  • Terakhir, tap pada menu My Smartfren untuk membukanya.

Nah, di dalam menu My Smartfren ini, Sedulur dapat melihat informasi yang lengkap. Mulai dari pulsa, kuota, masa aktif, hingga masa berlaku dari paket internet yang digunakan. Dengan begitu, Sedulur bisa mengetahui sisa kuota tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.

3. Cara Cek Kuota Modem Smartfren dengan aplikasi di PC atau Laptop

Cara melihat kuota Smartfren yang dipasang di modem terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi yang ada di PC atau laptop. Nah, biasanya setting pada MiFi Smartfren dilakukan dengan menghubungkannya dengan PC atau laptop.

Bagi Sedulur yang merasa kurang cocok dengan kedua cara yang telah dijelaskan sebelumnya, bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama, hubungkan dulu MiFi Smartfren Sedulur dengan port USB PC atau laptop dengan menggunakan kabel USB.
  • Tunggu selama beberapa saat sampai muncul pemberitahuan jika MiFi tersebut telah terhubung dengan PC atau laptop.
  • Pada notifikasi yang muncul, klik pada Run Autorun.exe, lalu pilih Next.
  • Pilih opsi penyimpanan, klik Next, lalu pilih Instal.
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai, kemudian klik Finish.
  • Kemudian buka aplikasi yang terinstal.
  • Silahkan login dengan memasukkan username dan password.
  • Terakhir pilih menu My Smartfren.

Nantinya, Sedulur bisa langsung melihat berbagai informasi termasuk kuota internet pada halaman awal aplikasi. Ya, cara cek kuota modem Smartfren yang terakhir ini memang cukup ribet dan merepotkan. Jadi disarankan untuk menggunakan kedua cara yang sebelumnya.

Nah, itu dia beberapa cara cek kuota Smartfren yang dipasang di modem. Sedulur bisa memilih salah satu dari cara-cara yang sudah dijelaskan di atas.

Yang paling penting, ketika menemui jika kuota internet sudah mulai habis, jangan pikir lama untuk melakukan pengisian ulang, ya! Jangan sampai kuota habis secara tidak terduga, padahal Sedulur sedang membutuhkan akses internet untuk keperluan yang penting.