Oleh Oleh

15 Rekomendasi Pusat Oleh-Oleh di Tulungagung Terlengkap

Tulungagung tidak hanya terkenal sebagai penghasil marmer tetapi juga memiliki banyak tempat wisata. Bahkan, wisatawan yang datang ke kota ini di saat musim liburan bisa mencapai ribuan orang. Jadi tidak heran kalau pusat oleh-oleh Tulungagung semakin menjamur dan mudah dijumpai.

Sedulur sendiri mungkin sudah cukup familiar dengan beberapa pantai cantik yang ada di Tulungagung seperti Pantai Gemah, Pantai Sine, Pantai Pacar, dan lainnya. Tapi alternatif pilihan wisata di Tulungagung tidak hanya mencakup pantai, namun juga objek wisata lainnya seperti taman kota, bukit, danau, telaga bahkan candi-candi lho.

Dengan beragamnya potensi wisata ini, pemerintah pun mulai mengembangkan oleh-oleh untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Belum lagi karakteristik wisatawan Indonesia yang merasa belum lega jika belum membeli oleh-oleh setelah pergi liburan juga memperkuat kemunculan pusat oleh-oleh di Tulungagung.

Pusat oleh-oleh Tulungagung sendiri menawarkan banyak hidangan lokal mulai dari jajanan kue bikang, krupuk rambak, kopi cethe, kacang atom, ledre pisang, jenang sabun, kue manco, enting-enting kacang, hingga sagon. Nah, kalau Sedulur tertarik untuk mencari pusat oleh-oleh Tulungagung terbaik coba simak ulasan di bawah ya!

BACA JUGA: Asyiknya Wisata ke Kebun Belimbing Tulungagung

1. Pusat Oleh-Oleh Tulungagung Kikita

pusat oleh-oleh tulungagung
Pexels/Viridianaor

Rekomendasi pusat oleh-oleh Tulungagung yang pertama adalah Kikita. Berada di pusat kota memang menjadi keunggulan tempat oleh-oleh satu ini. Di sini Sedulur bisa menemukan berbagai jajanan lokal. Produk yang paling laris adalah kerupuk kulit kerbau yang rasanya asin dan gurih. 

Tapi nggak cuma itu saja, di sini Sedulur bisa menemukan aneka camilan kacang-kacangan, kue kering, madu, dan banyak. Harganya sangat terjangkau dan tempatnya pun mudah dijangkau. Kikita menjamin setiap produknya berkualitas. Jika makanan sudah tidak renyah atau basi, Sedulur bisa menggantinya dengan yang baru.

  • Alamat: Jalan Pangeran Antasari No. 22, Kampungdalem, Tulungagung, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB

2. Pusat Oleh-Oleh Tulungagung Intan Jaya

Intan Jaya merupakan salah satu pusat oleh-oleh tersibuk di Tulungagung. Produk kerupuk rambak selalu diminati wisatawan dari luar kota. Yang mau coba bisa dapat kiloan dengan harga lebih murah. 

Selain rampak sapi khas Tulungagung, juga ada masakan khas lainnya yang tidak kalah lezat seperti gethuk pisang, keripik kulit patin, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu anda juga bisa menemukan oleh-oleh dari kota lain seperti Blitar, Solo, Jogja, Trenggalek, Malang dan lain sebagainya di toko ini. 

  • Alamat: Jalan Pangeran Antasari No. 25, Kampungdalem, Tulungagung, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari pukul 07.00 WIB sampai 22.00 WIB

3. Pusat Jajanan Khas Jelita

Salah satu pusat oleh-oleh khas Tulungagung terlengkap dan termurah dalah Toko Pusat Jajanan Khas Jelita. Produk yang paling laris di tempat ini adalah jenang sabun dengan rasa yang begitu nikmat. Jadi, Sedulur juga harus mencoba kelezatannya.

Meski pusat jajanan satu ini termasuk kecil dan areanya sempit, namun produknya tertata rapi dan selalu terlihat bersih. Pemiliknya juga ramah terhadap semua pembeli. Cocok untuk mencari oleh-oleh buat keluarga di rumah.

  • Alamat: Jalan Moh. Hatta No. 4, Sembung, Tulungagung, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai jam 21.30 WIB

4. Pusat Oleh-Oleh Campurjanggrang

Desa Campurjanggrang menjadi pusat oleh-oleh yang tidak hanya menjual makanan khas Tulungagung saja. Tapi banyak produk dari luar daerah yang dijual di sini. Sedulur juga bisa menemukan produk kopi hijau, aneka manisan, dan buah-buahan segar.  Pusat oleh-oleh khas Tulungagung ini menawarkan tester untuk dicoba pengunjung sebelum membeli.

  • Alamat: Desa Campurjanggrang, daerah Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB

5. Toko Oleh-Oleh Melati

Toko Melati merupakan salah satu toko oleh-oleh yang ada di Tulungagung. Tempat ini mempunyai banyak oleh-oleh terutama jajanannya. Harganya juga sangat terjangkau. Tak hanya itu, lokasinya juga strategis karena berada di pusat kota, dekat Alun-Alun Kota Tulungagung. Bagi yang membawa kendaraan, jangan khawatir karena tempat parkirnya luas.

  • Alamat: Jalan Jaksa Agung Suprapto No. 25, Kampungdalem, Tulungagung, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari pukul 07.00 WIB sampai 21.00 WIB

BACA JUGA: 10 Tempat Nongkrong di Tulungagung yang Cozy dan Nyaman

6. Toko Unik Pusat Oleh-Oleh Tulungagung

pusat oleh-oleh tulungagung
Pexels/Willianjusten

Bagi Sedulur yang berencana membeli oleh-oleh berupa barang, Toko Unik Tulungagung menjadi salah satu tempat yang patut Sedulur kunjungi. Produk yang dijual di toko ini sebagian besar merupakan barang impor.

Toko ini menjual berbagai macam barang seperti boneka, cetakan, tisu, ring light, mainan pop itu, bantal selimut, tenda bayi, dan masih banyak produk lainnya. Jika tidak bisa bepergian, toko ini juga bisa melakukan belanja online melalui nomor WhatsApp 0812-5221-2444. 

  • Alamat: Jalan KHR Abdul Fattah No. 17, Mangunsari, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB

7. Tamanan Mohid

Jika Sedulur ingin membeli aneka jajanan atau camilan di Tulungagung, Sedulur bisa mengunjungi toko lainnya yaitu Toko Tamanan Mohid. Toko oleh-oleh ini memiliki banyak sekali jajanan khas Tulungagung yang bisa dijual baik secara eceran maupun grosir. Aneka jajanan yang dijual di toko ini bisa dibeli secara kiloan. 

Tak hanya yang sudah siap makan, Sedulur juga bisa membeli beragam makanan mentah seperti kerupuk dan tinggal Sedulur goreng sendiri di rumah. Tempatnya dekat perempatan dan jalan utama jadi cukup mudah ditemukan. Namun,  tempat parkir terbatas, jadi sebaiknya gunakan angkutan umum saja.

Di sini Sedulur juga bisa menemukan kue-kue yang cocok untuk dibawa pulang untuk orang tercinta di rumah.

  • Alamat: Jalan Ki Mangun Sarkoro No. 4, Tamanan, Kecamatan Tulungagung
  • Jam buka: Setiap hari 08.00 WIB sampai 20.00 WIB dan khusus hari Jumat pukul 08.00–11.00 WIB, dan buka kembali pukul 14.00– 20.30 WIB

8. Toko Surabaya

Toko Surabaya merupakan salah satu toko oleh-oleh terlengkap yang ada di Tulungagung. Meskipun namanya Surabaya, tapi toko ini juga menjual berbagai olahan khas Tulungagung. Beberapa di antaranya seperti makanan ringan aneka keripik, kerupuk, kue kering, telur asin, dan masih banyak lagi. 

Selain untuk konsumsi pribadi, Sedulur juga bisa membeli jajanan di sini sebagai oleh-oleh orang di rumah. Sedulur bisa membelinya per ons atau kilogram dengan harga yang sangat terjangkau. 

  • Alamat: Jl. Basuki Rahmat, Kampungdalem, Kecamatan Tulungagung
  • Jam buka: Setiap hari pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB

9. Pusat Busana dan Oleh-oleh Merdeka

Pusat pakaian dan oleh-oleh khas Tulungagung bisa Sedulur temukan di Toko Merdeka. Sini menjual aneka jajanan dan fokus utamanya adalah pakaian wanita dan pria dengan berbagai desain menarik serta variasi. Sedulur bisa datang ke toko ini kapan saja karena buka setiap hari.

  • Alamat: Jalan Supriadi No. 36, Bago, Tulungagung
  • Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB

10. Produsen Batik Baronggung Mojosari

Selanjutnya ada Sentra produksi Batik Baronggung. Lokasinya memang jauh dari pusat kota dan kurang strategis, namun Sedulur bisa mengamati langsung proses produksi batiknya di sini.

Pusat oleh-oleh Tulungagung ini memiliki berbagai macam produk yang dapat dipilih seperti jarik, kain batik, pakaian, dan lainnya. Tempat ini memiliki desain yang tradisional, indah dan bersih sehingga membuat wisatawan merasa nyaman saat berkunjung.

Nama Batik Baronggung sudah eksis selama 44 tahun. Peloporny adalah H.M. Anies Muchsan. Motif batik yang khas ada lima yaitu merak, ombak banyu, parisauli, sekar jagad, dan bunga nirwana. Belum lama ini muncul dua motif khas batik Baronggung lainnya yaitu ombak banyu beras kutah dan ombak banyu keong.

  • Alamat: Jalan Sidoluhur No. 17, Mojosari, Kauman, Tulungagung
  • Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Hotel di Tulungagung

11. Pengrajin Marmer Bintang Antik Sejahtera

pusat oleh-oleh tulungagung

Bintang Antik Sejahtera memiliki berbagai koleksi kerajinan marmer dan onyx. Sedulur bisa membawa oleh-oleh unik seperti teko, vas, patung, dan lainnya di sini. Toko Bintang Antik Sejahtera juga memproduksi lantai marmer, wastafel, mozaik, meja, kursi, asbak, batu nisan, asbak, dan masih banyak yang lainnya.

  • Alamat: Desa Gamping, Kecamatan Campurdarat, Tulungagung
  • Jam buka: Setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB

12. Pengrajin Marmer UD Karya Indonesia

UD Karya Indonesia memproduksi dekorasi rumah seperti wastafel, bathtub dan lainnya. Menariknya, produk UKM-nya berhasil menembus pasar luar negeri. Proses produksinya bisa Sedulur lihat langsung di Tulungagung, Jawa Timur.

Meskipun harga produk dari UD Karya Indonesia relatif mahal karena kualitasnya memang tak perlu diragukan lagi. Biasanya produk mereka juga atas permintaan kolektor barang antik.

Sentra Kerajinan Marmer Tulungagung ini tepatnya berada di Desa Besole Kecamatan Besuki. Menurut penelitian, ditemukan batu marmer berukuran sangat besar dan berkualitas tinggi di kawasan ini. Maka tidak salah jika marmer Tulungagung sangat terkenal tidak hanya secara lokal tetapi juga internasional.

Proses produksi marmer dan onyx merupakan perpaduan antara keterampilan tangan pengrajin dan keindahan alam. Hasil karya marmer di sini sangat beragam mulai dari figur binatang, vas bunga, piala, kendi, tempat tisu, asbak, lampu telur, pot dan masih banyak aksesoris kecil lainnya. 

Salah satu keunikan pusat kerajinan marmer ini adalah jenis marmer dan onyx yang berbeda-beda. Marmer memiliki banyak warna di alam, seperti putih, hitam, abu-abu, merah, dan krem. Beberapa bagian menggabungkan berbagai jenis batu untuk menciptakan karya kerajinan yang menakjubkan.

  • Alamat: Jalan Desa Gempolan, RT.04/RW.04, Gempolan, Kec. Pakel, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB

13. Produsen Kerajinan Anyaman Bambu

Tulungagung juga mempunyai sentra kerajinan anyaman bambu yang berada di Desa Tertek. Produksi yang dilakukan oleh Pak Karimin ini dikenal hingga luar kota. Bahkan ia berhasil menjuarai beberapa kompetisi di tingkat nasional.

Kerajinan karya Pak Karimin dipamerkan di Rafi Gallery. Di sini Sedulur bisa menemukan berbagai produk seperti wadah makanan, tudung saji, tas, tempat untuk tisu, kotak penyimpanan, dan masih banyak lagi. Cocok untuk oleh-oleh di rumah.

  • Alamat: Kapitan Pattimura III, Tertek, Tulungagung, Jawa Timur

14. Produsen Sapu Ijuk Bendiljati

Meski banyak produk pembersih serupa buatan pabrik, sapu ijuk Tulungagung tak pernah surut popularitasnya. Salah satu produsen yang masih beroperasi hingga kini berlokasi di Dusun Sadar, Desa Bendiljati, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung.

Alat kebersihan yang diproduksi di kawasan ini antara lain sapu ijuk, sapu lidi, sapu senar, sapu rayung, sapu sintingan hingga sapu benang. Produk ini dibanderol dengan harga murah cukup Rp10 ribu. Harga murah yang cocok untuk oleh-oleh khas Tulungagung.

Hingga saat ini Desa Bendilanjati menjadi sentra produksi sapu yang berkualitas. Pembuatan sapu diawali dengan merendamnya dalam pewarna putih selama dua hari. Setelah itu, lidi dijemur di bawah sinar matahari selama 2-3 hari hingga kering. 

Kemudian lidi tersebut disortir dan dipotong menjadi dua ukuran yaitu ukuran 60 cm dan ukuran kecil 45 cm. Setelah pemotongan selesai, batang lidi diikat dengan lakop atau pengikat plastik. Pengikat tersebut diperkuat dengan kawat dan paku. Gagang sapu lidi ini terbuat dari kayu, lalu dipasang dan produk siap dipasarkan.

Produk sapu dari Desa Bendilanjati banyak diminati di luar Pulau Jawa, seperti Kalimantan, Maluku, dan Papua. Bahkan pengrajin yang ada di sana bisa menerima pesanan dalam jumlah besar, rata-rata 6.000 biji sapu. Bahkan, omzet mereka per hari bisa sampai jutaan.

  • Alamat: Sadar, Bendiljati Kulon, Sumbergempol, Tulungagung, Jawa Timur

15. Pengrajin Kuda Lumping Kenayan

Para perajin Tulungagung banyak yang memanfaatkan besarnya minat terhadap kesenian Kuda Lumping Jawa Timur. Salah satunya sentra kerajinan terbesar berada di Desa Kenayan. Di sini wisatawan bisa melihat langsung proses produksinya.

Desa Kenayan memproduksi berbagai kebutuhan seni Kuda Lumping, mulai dari pakaian tari dan lainnya. Harga satu setnya mulai dari Rp1,3 juta. Jika Sedulur tertarik menjadi kolektor seni antik, kerajinan ini bisa Sedulur bawa pulang sebagai oleh-oleh maupun koleksi.

Kabupaten Tulungagung terkenal sebagai salah satu daerah yang melestarikan budaya Jawa, termasuk Kuda Lumping. Pertunjukan ini diiringi musik gamelan dan diwarnai dengan tarian-tarian khas. 

Terdapat beberapa kelompok atau sanggar seni Kuda Lumping yang masih aktif di Tulungagung. Mereka mewarisi dan melestarikan tradisi ini dari generasi ke generasi. Mereka sering tampil di berbagai acara seperti pernikahan, festival budaya, dan perayaan keagamaan.

  • Alamat: Kelurahan Kenayan, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung

Itulah tadi rekomendasi pusat oleh-oleh Tulungagung. Tulungagung merupakan daerah di pesisir pantai Jawa Timur yang terkenal sebagai kota penghasil marmer. Daerah ini mempunyai beberapa objek wisata yang menarik dan banyak dikunjungi wisatawan.

Jika Sedulur bosan menjelajahi tempat-tempat wisata di sana, ada baiknya Sedulur mengunjungi toko oleh-oleh khas Tulungagung yang sudah disebutkan di atas. Sedulur akan menemukan banyak makanan khas dan produk kerajinan Tulungagung yang sayang jika dilewatkan.