Oleh Oleh

8 Pusat Oleh-Oleh Sidoarjo yang Terlengkap dan Terpopuler

Ketika menghabiskan waktu liburan ke Sidoarjo, tentu saja pusat oleh-oleh Sidoarjo menjadi salah satu tempat yang wajib untuk didatangi. Ya, rasanya akan tidak lengkap jika berkunjung ke salah satu daerah di Jawa Timur ini, tanpa membawa pulang buah tangan untuk keluarga di rumah.

Hanya saja, masih banyak wisatawan yang belum tahu secara pasti lokasi untuk mencari oleh-oleh khas Sidoarjo. Seperti yang telah diketahui, ada banyak tempat di Sidoarjo yang menawarkan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Namun tentu tidak semua menyediakan oleh-oleh yang lengkap, pelayanan terbaik, dan juga harga yang terjangkau. Oleh karena itu, berikut ini akan dibagikan informasi seputar rekomendasi pusat oleh-oleh Sidoarjo yang bisa Sedulur kunjungi!

BACA JUGA: Rekomendasi 6 Toko Kue Lumpur Terpopuler di Sidoarjo

1. Toko Tanjung

pusat oleh oleh sidoarjo
Pexels/Quang Nguyen Vinh

Rekomendasi yang pertama ada Toko Tanjung. Bisa dibilang jika Toko Tanjung adalah pusat oleh-oleh Sidoarjo yang sering menjadi destinasi wajib bagi para wisatawan yang ingin membawa pulang kenang-kenangan khas dari daerah ini.

Toko yang satu ini menyediakan berbagai oleh-oleh khas Sidoarjo yang terkenal akan kelezatannya. Mulai dari seperti terasi udang rebon yang sangat populer, bandeng otak-otak, bandeng asap, bandeng presto, hingga kerupuk udang yang tidak ditemukan di daerah lain.

Tidak hanya itu, Toko Tanjung juga menawarkan berbagai macam camilan dan sambal yang siap untuk memanjakan lidah. Dengan pilihan oleh-oleh yang beragam dan berkualitas, Toko Tanjung memastikan setiap pengunjung dapat membawa pulang sepotong cita rasa Sidoarjo yang otentik dan istimewa.

  • Alamat: Jl. Mojopahit No.106, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 21.00 WIB

2. Toko Mitra Sidoarjo

Berikutnya ada Toko Mitra Sidoarjo, pusat oleh-oleh Sidoarjo yang menjadi destinasi utama bagi para pencari oleh-oleh khas daerah ini. Sebagai pusat oleh-oleh yang terkemuka, Toko Mitra menyediakan berbagai jenis oleh-oleh khas yang tentu saja menggugah selera.

Mulai dari kerupuk mentah, bandeng, manisan, keripik tempe, sambal, hingga aneka minuman instan bisa Sedulur temukan di sini. Tak hanya itu, Sedulur juga bisa menemukan bumbu petis dan bumbu pecel yang terkenal dengan rasanya yang autentik.

Dengan harga yang bersaing, Toko Mitra Sidoarjo menjadi pilihan favorit bagi wisatawan maupun penduduk lokal yang ingin membawa pulang kenangan kuliner khas Sidoarjo. Setiap produk yang ditawarkan menjanjikan kualitas terbaik, menjadikan setiap pembelian terasa sangat memuaskan.

  • Alamat: Jl. Mojopahit No.44-50, Kebonsari, Bulusidokare, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  • Telepon: (031) 8965156
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 21.00 WIB

3. Kepala Singa

Kepala Singa merupakan salah satu pusat oleh-oleh Sidoarjo yang sangat terkenal dan menawarkan berbagai macam oleh-oleh khas daerah ini. Di sini, Sedulur dapat menemukan berbagai produk seperti kerupuk ikan, bandeng presto, bandeng asap, terasi, kerupuk udang, dan berbagai olahan laut lainnya.

Selain dikenal karena kelengkapan produknya, Kepala Singa juga terkenal dengan harga yang terjangkau. Tentu saja hal ini menjadikannya sebagai destinasi belanja yang sempurna bagi para wisatawan yang ingin membawa pulang citarasa khas Sidoarjo namun kantong tetap aman.

Selain itu, Kepala Singa juga dikenal dengan pelayanan yang ramah dan produk yang berkualitas. Jadi tidak heran jika salah satu pusat oleh oleh Sidoarjo terbaik ini selalu menjadi pilihan utama bagi para wisatawan yang mencari oleh-oleh autentik dari Sidoarjo.

  • Alamat: Jl. Raya Gading Fajar 2 No.4 Blok D7, Perum King Safira, Sepande, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  • Telepon: (031) 8072802
  • Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 21.00 WIB

4. Bluder Bandeng

Bagi Sedulur yang ingin mencicipi kelezatan roti bluder dengan isian bandeng, maka Bluder Bandeng menjadi pusat oleh oleh Sidoarjo yang cocok untuk dikunjungi. Roti bluder sendiri merupakan salah satu jenis roti isi yang populer di wilayah Jawa Timur.

Jenis roti ini mempunyai sejarah yang panjang terkait peninggalan Belanda yang dapat diterima oleh masyarakat sekitar dengan sangat baik. Bukan hanya roti bluder saja, toko ini juga menawarkan beberapa makanan lezat lainnya.

Sedulur bisa menemukan almond crispy cheese yang renyah dan gurih, kacang mete yang nikmat, dan juga lapis Surabaya yang terkenal akan rasa manis dan teksturnya yang lembut manis. Dengan berbagai pilihan oleh-oleh yang menggugah selera, Bluder Bandeng menjadi destinasi yang sempurna.

  • Alamat: Jl. Gajah Mada No.51, Rw3, Sidokumpul, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  • Telepon: (031) 8073985
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 21.00 WIB

5. Toko Agfa Kuliner

pusat oleh oleh sidoarjo
Pexels/Jimmy Liao

Toko Agfa Kuliner adalah rekomendasi pusat oleh oleh Sidoarjo yang berikutnya. Toko oleh-oleh yang satu ini, terkenal dengan keberagaman makanan tradisionalnya yang mampu memikat hati. Dari makanan ringan hingga makanan berat, setiap sudut toko ini menawarkan pilihan yang sangat beragam.

Ya, berbagai jenis kue basah dan kue kering yang lezat juga tersedia di sini dan siap untuk Sedulur bawa pulang sebagai buah tangan yang nikmat. Hal ini secara tidak langsung menjadikan Toko Agfa Kuliner sebagai destinasi yang sangat pas untuk menemukan oleh-oleh khas Sidoarjo dengan mudah.

Dengan kualitas yang terjaga dan rasa yang autentik, Toko Agfa Kuliner kerap kali dijadikan sebagai tempat favorit bagi para pecinta kuliner yang ingin membawa pulang buah tangan berupa kelezatan kuliner khas Sidoarjo untuk keluarga dan teman-teman di rumah.

  • Alamat: Perumahan Taman Pinang Indah Blok BB I No. 6A, Banjar Bendo, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 05.00 WIB – 18.00 WIB

6. Mantu Idaman

Kue lumpur adalah salah satu makanan khas Sidoarjo yang banyak diburu oleh para wisatawan. Terbuat dari kentang, santan, telur, tepung terigu, dan sedikit vanila sebagai pewanginya, kue lumpur menjadi hidangan manis yang sangat digemari oleh berbagai kalangan.

Nah, Mantu Idaman merupakan salah satu toko sekaligus produsen kue lumpur di Sidoarjo yang kualitas dan rasanya tidak perlu diragukan lagi. Mantu Idaman menyediakan kue lumpur dengan rasa autentik dan tekstur lembut yang memanjakan lidah.

Tentu saja hal itu menjadikan kue yang satu ini sebagai  pilihan oleh-oleh yang sempurna untuk dibawa pulang atau dinikmati bersama keluarga. Pokoknya jangan sampai lupa untuk membawa pulang kue lumpur dari Mantu Idaman sebelum pulang.

  • Alamat: Kav 32 Jalan Pahlawan Stadion Gelora Delta, Wisma Sarinadi, Magersari, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  • Telepon: 0838-7919-7738
  • Jam buka: Rabu – Senin, 07.30 WIB – 16.00 WIB

7. Agfa Kuliner

Agfa Kuliner adalah pusat oleh oleh Sidoarjo yang mengusung konsep unik, menjadikannya destinasi wajib bagi para pecinta kuliner ketika berkunjung ke daerah ini. Tidak hanya menawarkan berbagai makanan tradisional, mereka juga menyediakan kue kering dan kue basah khas Indonesia yang lezat dan berkualitas.

Di sini, Sedulur dapat menemukan beragam pilihan oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang, mulai dari camilan ringan hingga hidangan manis yang menggugah selera. Menariknya, Agfa Kuliner menyajikan suasana yang nyaman dengan pilihan produk yang lengkap.

Jadi bisa dibilang jika Agfa Kuliner menjadi salah satu tempat yang sangat pas untuk mendapatkan oleh-oleh khas Sidoarjo. Tidak hanya memanjakan lidah, namun juga mengingatkan kita pada kekayaan kuliner nusantara.

  • Alamat: Perumahan Taman Pinang Indah Blok BB I Nomor 6A, Banjar Bendo, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Sabtu, 05.00 WIB – 18.00 WIB; Minggu, 05.00 WIB – 16.00 WIB

8. Batik Benang Raja

Terakhir ada Batik Benang Raja, pusat oleh oleh Sidoarjo yang cocok bagi para pemburu batik. Batik Benang Raja sendiri menawarkan berbagai macam motif batik yang begitu memikat serta menarik. Setiap motif batik yang ada di sini mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri.

Motif tersebut mencerminkan kekayaan budaya dan kreativitas dari para pengrajin lokal. Tidak hanya menjual kain batik, Batik Benang Raja juga menyediakan berbagai produk batik yang telah diolah menjadi oleh-oleh khas, seperti aksesoris, pakaian, dan pernak-pernik lainnya.

Dengan kualitas yang terjamin dan desain yang indah, Batik Benang Raja menjadi destinasi yang wajib dikunjungi bagi pecinta batik dan pemburu oleh-oleh khas Sidoarjo selain kuliner.

  • Alamat: Jl. Sunandar Priyo Sudarmo No.3, Kapasan, Sidokare, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  • Telepon: (031) 99716240
  • Jam buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 21.30 WIB

Itulah beberapa rekomendasi pusat oleh oleh Sidoarjo yang bisa Sedulur datangi saat berkunjung ke daerah tersebut. Sadar atau tidak, membawa pulang oleh-oleh daerah tidak hanya untuk mengenang kunjungan yang dilakukan, namun juga secara tidak langsung membantu perekonomian lokal.

Oia, ketika Sedulur berwisata kuliner dan berburu oleh-oleh, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan setelah mencoba, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.